RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 4

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 Tema 8 subtema 4.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Bersua kita dalam blog pembelajaran ini ya. Blog Gurnulis memiliki RPP satu lembar Kelas 6 Tema 8 Subtema 4. RPP sutema 4 ini merupakan RPP kegiatan pembiasaaan literasi. Di sini penulis akan mengupas komponen-komponennya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Dengan merujuk kepada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP pengertiannya adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Guru menyusun RPP agar pembelajaran yang dilakukannya berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik

Kebijakan Merdeka Belajar yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim memberikan kemudahan bagi guru dalam menyusun RPP. Kalau semula RPP disusun dalam banyak komponen, kini mereka diperbolehkan menyusun dalam 3 komponen saja, bahkan hanya dalam format satu lembar.

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan)  pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  (asesmen). Komponen ini tidak bersifat kaku, boleh ditambahkan oleh guru sesuai dengan kebutuhan pembelajaran di kelasnya.

Apa yang dimaksud dengan tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran merupakan rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Dalam non-behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience, behaviour, dan content. Contoh tujuan pembelajaran adalah sebagai berikut.
Setelah melakukan gerakan  pada permainan sederhana, siswa dapat berjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
  • Audience: siswa.
  • Behaviour: berjalan lurus ke satu arah.
  • Condition: setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana.
  • Degree: dengan tepat.
Apa yang dimaksud dengan langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktititas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan penutup berisikan aktifitas bersama antara guru dan siswa dalam melakukan refleksi untuk mengevaluasi seluruh rangkaian aktifitas dan hasil-hasil yang diperoleh dari proses pembelajaran yang telah berlangsung, memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas serta menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 4 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien memiliki arti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif memiliki arti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid memiliki arti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 4 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diingat bahwa format ini adalah format alternatif.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 4 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Bumiku
Subtema  : Subtema 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 8 Bumiku
Subtema
 : 4 Kegiatan Pembiasaan Literasi
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
Kegiatan di minggu keempat dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa. Kegiatan ini dapat dilakukan setiap hari. Namun apabila guru harus mengisi beberapa jam untuk menghabiskan materi di subtema sebelumnya dikarenakan materi belum selesai, kegiatan literasi ini bisa disesuaikan.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Cerita Rakyat “Burung Tempua dan Burung Puyuh” dari Riau.
    • Siswa diminta untuk membaca bacaan” Burung Tempua dan Burung Puyuh”.
    • Siswa boleh menggarisbawahi tokoh-tokoh yang ia temukan dalam cerita dan informasi-informasi penting yang ia temukan.
    • Siswa mengisi format ulasan cerita yang disediakan.
    • Siswa menuliskan judul cerita dan jenis teks, apakah termasuk teks fiksi ataukah nonfiksi.
    • Siswa menuliskan ringkasan cerita berdasarkan informasi-informasi penting yang mereka temukan dalam bacaan.
    • Siswa menuliskan pesan moral yang mereka dapatkan dari cerita.
    • Siswa menjelaskan mengapa ia merekomendasikan atu tidak merekomendasikan cerita "Burung Tempua dan Burung Puyuh".
    • Siswa menggambar ilustrasi untuk cerita "Burung Tempua dan Burung Puyuh".
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 6

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis sajikan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 4, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 4"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel