RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Masih bersama Blog Gurnulis di sini. Blog Gurnulis pada kesempatan ini hendak membagikan RPP satu lembar Kelas 6 Tema 8 Subtema 3. Selain pratinjau dari RPP, penulis pun mempunyai file yang dapat Sahabat unduh. Ayo sama-sama kita simak.

Terlebih dahulu kita ingat-ingat hakikat RPP atau Rencana  Pelaksanaan Pembelajaran ya. Berdasarkan Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, RPP didefinisikan sebagai rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP disusun dengan tujuan untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Guru perlu menyusun RPP karena untuk memastikan pembelajarannya bakal berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

Kini RPP disederhanakan hingga berformat satu lembar. Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP ini? Jawabannya adalah efisiensi waktu. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Penyusunan RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 3 ini berdasarkan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid. Efisien berarti dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berapa jumlah komponen dalam RPP satu lembar kurikulum 2013? Ada tiga komponen inti yang terdapat di dalamnya, yaitu:
  1. tujuan pembelajaran;
  2. langkah-langkah pembelajaran kegiatan;
  3. penilaian pembelajaran (asesmen).
Ketiga komponen ini dapat ditambahkan dengan komponen lain apabila diperlukan.

Pengertian dari tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pengertian dari langkah-langkah pembelajaran adalah urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Penilaian pembelajaran (asesmen) adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 3 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Bumiku
Subtema  : Subtema 3 Bumi, Matahari, dan Bulan
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 8 Bumiku
Subtema
 : 3 Bumi, Matahari, dan Bulan
Muatan Terpadu
 : IPA, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan mencermati bacaan, siswa mampu menganalisis bacaan untuk mencari informasi penting.
  2. Dengan melakukan percobaan, siswa akan memahami tentang posisi benda-benda langit ketika peristiwa gerhana terjadi.
  3. Dengan melakukan pengamatan, siswa akan lebih memahami tentang peristiwa gerhana matahari.
  4. Dengan membuat laporan pengamatan dan percobaan, siswa dapat  melaporkan hasil pengamatan dan percobaan mengenai posisi benda langit ketika terjadi gerhana matahari dan penyebabnya.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Guru akan bertanya dengan pertanyaan berikut.
      • Apakah kamu tahu apa itu gerhana?
      • Apakah kamu pernah melihat gerhana?
      • Apakah kamu tahu apa gerhana matahari itu?
    • Siswa bergantian membaca bacaan yang berjudul “Gerhana Matahari” (Literasi).
    • Guru memutarkan satu video mengenai gerhana matahari.
    • Siswa mengamati video tersebut dan mencatat informasi penting yang bisa mereka dapatkan dari video tersebut.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa membentuk kelompok yang terdiri atas 5 orang.
    • Siswa akan melakukan percobaan “Peristiwa Gerhana Matahari” (Collaborative)
    • Siswa membuat laporan hasil pengamatan.
    • Laporan pengamatan harus memuat hal-hal berikut.
      • Tujuan.
      • Metode.
      • Hasil pengamatan (gambar atau foto).
      • Keterangan gambar atau foto.
      • Kesimpulan.
    • Siswa mempresentasikan hasil laporannya dan kemudian mencari persamaan dan perbedaan antara hasil pengamatan mereka dengan teman lainnya.
  • Ayo mencoba.
    • Guru dan siswa berdiskusi tentang gerhana Matahari.
    • Siswa membuat buklet yang berisikan tentang semua informasi yang siswa ketahui tentang gerhana matahari.
    • Buklet memuat hal-hal berikut.
      • Informasi tentang pengertian gerhana matahari.
      • Informasi tentang jenis-jenis gerhana matahari.
      • Informasi tentang apa yang tidak boleh dilakukan ketika gerhana matahari.
      • Informasi tentang alternatif kegiatan yang dapat dilakukan untuk melakukan simulasi gerhana matahari.
    • Siswa dapat mendekorasi hasil pekerjaannya agar lebih menarik
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa bertanya kepada orang tua apakah mereka punya pengalaman menarik ketika gerhana matahari.
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 6

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut adalah daftar RPP terkait RPP di atas. Sahabat dapat mencarinya berdasarkan kelas.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga pembelajarannya berlangsung lancar.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 3"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel