Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 subtema 2.

Ulasan

Apa kabar Sahabat Gurnulis? Pada kesempatan yang baik ini penulis ingin berbagi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 2. RPP ini adalah RPP dengan format satu lembar. Penulis pun menyediakan file unduhan yang dapat Sahabat gunakan bagi administrasi di kelasnya.
 
Berliterasi sejenak tentang RPP. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 2 hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.
 
Apa saja komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 2 ini? Komponennya mengikuti kebijakan yang tertera pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP yang hanya terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Dalam suasana Merdeka Belajar ini, guru diperbolehkan menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk memperingan beban administratif guru serta memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Pertimbangan dari dilakukannya kebijakan penyederhanaan RPP 2013 kelas 6 tema 8 subtema 2 hingga  berformat satu lembar adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Penulis sampaikan bahwasannya tidak ada standar baku untuk format penyusunan RPP satu lembar ini. Guru dibebaskan membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Penulis hanya memberikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 2.
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 8 Bumiku
Subtema  : Subtema 2 Bumiku dan Musimnya
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 8 Bumiku
Subtema
 : 2 Bumiku dan Musimnya
Muatan Terpadu
 : IPA, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan melakukan percobaan tentang perputaran Bumi, siswa mampu mengetahui dan memahami konsep perbedaan waktu siang dan malam.
  2. Dengan membuat laporan pengamatan, siswa mampu melaporkan hasil pengamatan tentang perputaran Bumi dan akibatnya.
  3. Dengan mencari informasi penting dan menuliskan kata-kata kunci yang ditemukan dalam tiap paragraf, siswa mampu membuat kesimpulan dari suatu bacaan.
  4. Dengan membuat peta pikiran yang berisikan persamaan dan perbedaan tentang terjadinya siang dan malam, siswa mampu menceritakan kembali peristiwa rotasi Bumi dan akibatnya.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
  • Menyanyikan salah satu lagu wajib dan atau nasional.
  • Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat nasionalisme.
  • Mengulas sedikit materi yang telah disampaikan hari sebelumnya.
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca bacaan yang berjudul “Banjir Bukan Sekadar Bencana Alam”.
    • Siswa  menggarisbawahi kata-kata kunci yang ada dalam bacaan dan menentukan gagasan utama dari setiap paragraf.
    • Siswa menuliskan kata kunci dan gagasan utama yang ia temukan pada format peta pikiran yang disediakan di Buku Siswa.
    • Guru meminta siswa membuat ringkasan dari bacaan tersebut.
  • Ayo mencoba.
    • Siswa  membentuk kelompok yang terdiri atas 2 orang.
    • Guru memberikan satu artikel dan meminta siswa untuk bergantian membaca dan menemukan kata kunci dan informasi penting dari artikel tersebut.
    • Siswa membandingkan hasil membaca mereka.
    • Siswa membuat peta cerita yang berisi kata kunci dan informasi penting dari bacaan (Collaborative).
  • Ayo berlatih.
    • Guru dan siswa berdiskusi tentang hal berikut.
      • Mengapa Indonesia hanya memiliki dua musim?
      • Mengapa negara di belahan bumi lainnya memiliki 4 musim?
      • Apa yang menyebabkan hal itu terjadi?
    • Siswa  bergiliran memberikan pendapatnya mengenai hal tersebut (Critical thinking and Problem Solving).
    • Guru menyediakan satu buah bacaan yang berjudul “Ada Dua, Ada Empat” untuk siswa agar mereka mendapatkan informasi tambahan mengenai hal tersebut.
    • Siswa membaca dalam hati bacaan yang sama dan menggarisbawahi kata kunci juga informasi penting dari bacaan tersebut.
    • Siswa mencocokkan kata kunci dan informasi penting yang didapatkan dari bacaan yang dibacakan oleh teman dengan kata kunci dan informasi penting yang kamu dapatkan ketika membaca dalam hati.
    • Guru meminta siswa untuk mencari persamaan dan perbedaannya.
    • Guru juga meminta siswa untuk menjelaskan hal yang menyebabkan perbedaan musim di bumi
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Ayo renungkan.
    • Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disediakan berikut.
      • Apa saja yang telah kamu pahami pada kegiatan hari ini? Sebutkan.
      • Kegiatan apa yang paling kamu sukai?
      • Tuliskan rencanamu agar kamu dapat lebih memahami semua kegiatan yang telah kamu ikuti!
  • Kerjasama dengan orang tua.
    • Siswa menceritakan tentang pembagian musim di Indonesia kepada orang tuanya.
    • Pelajaran diakhiri dengan Salam dan doa penutup dipimpin oleh salah satu siswa (Religius).
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 6

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Apakah Sahabat Pendidik memerlukan RPP lainnya? Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 8 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Semoga terbantu.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 8 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel