RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 2.

Ulasan

Sahabat Gurnulis yang budiman. Kali ini Blog Gurnulis memiliki bahan yang menarik untuk dibagikan. Penulis memiliki RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 2. Kalau Sahabat sedang mencarinya, artinya sahabat menemukan tempat yang tepat.
 
Terlebih dahulu kita bahas pengertian RPP ya. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih (Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses). RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.  

Penyederhanaan RPP Kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 2 hingga menjadi satu lembar merupakan bagian dari kebijakan “Merdeka Belajar” yang diusung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim untuk mendukung program prioritas Presiden dalam rangka meningkatkan pembangunan sumber daya manusia yang unggul dan bermutu. Kebijakan ini mengangkat tentang penyusunan dan pengembangan RPP yang dapat dilakukan secara sederhana oleh guru sesuai dengan prinsip: efisiensi, efektif, dan berorientasi pada peserta didik.

Komponen RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 2 ini mengikuti komponen yang terdapat pada Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP. Komponen tersebut sekurangnya terdiri dari:
  • tujuan pembelajaran;
  • langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran;
  • penilaian pembelajaran (asesmen).

Pada merdeka belajar ini, guru dapat menyusun, mengembangkan, memilih, memodifikasi dan menggunakan RPP secara bebas dan sederhana sesuai dengan 3 prinsip tersebut di atas. Tujuan dari penyederhanaan RPP ini adalah untuk meringankan beban administratif guru dan memberikan kebebasan kepada guru untuk berkreasi dan berinovasi dalam proses pembelajaran.

Yang menjadi pertimbangan dari penyederhanaan RPP hingga menjadi RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 2 ini adalah permudahan kerja guru. Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Adakah pembakuan untuk format penyusunan RPP kurikulum 2013 yang disederhanakan ini? Jawabannya adalah tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada peserta didik. Kali ini penulis berikan salah satu alternatif format untuk RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 2.
 
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 2 - www.gurnulis.id

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa
Subtema  : Subtema 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 9 Menjelajah Luar Angkasa
Subtema
 : 2 Benda Angkasa Luar dan Rahasianya
Muatan Terpadu
 : IPA, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan menggali informasi dari bacaan, siswa mampu menjelaskan sistem tata surya dan karakteristik anggota tata surya (bintang).
  2. Dengan melengkapi tabel perbandingan jarak antara planet yang satu dengan yang lainnya dari matahari, siswa mampu mengurutkan planet anggota tata surya menurut jaraknya dengan matahari.
  3. Dengan melengkapi diagram, siswa mampu menyampaikan hasil telusuran tuturan dan tindakan tokoh serta penceritaan penulis dalam teks fiksi.
  4. Dengan mengilustrasikan cerita dalam gambar, siswa mampu menyampaikan cerita sesuai dengan jalan cerita.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo mengamati.
    • Siswa  mengamati dengan saksama gambar tentang cahaya yang terlihat di langit saat malam hari.
    • Siswa melakukan diskusi dengan teman sebangkunya dan menuliskan sebanyak-banyaknya tentang cahaya.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca “Fakta tentang Bintang”.
    • Siswa dan guru melakukan diskusi mengenai pertanyaan-pertanyaan yang ingin siswa ketahui sebelum kegiatan membaca dilakukan.
  • Ayo mengamati.
    • Guru menggunakan gambar sistem tata surya lengkap dengan planet-planetnya.
    • Jika tidak ada gambar yang tersedia, guru dapat menggambarnya di papan tulis.
    • Siswa membuat kesimpulan dari data yang sudah disajikan dalam tabel.
  • Ayo mencoba.
    • Guru meminta siswa membuat tabel baru dengan mengumpamakan jarak antara matahari ke planet Merkurius sebesar 3 cm.
    • Siswa membuat model sistem tata surya untuk memahami bagaimana sistem tata surya bekerja.
    • Siswa membuat perencanaan yang matang untuk membuat model tata surya berdasarkan bentuk, ukuran, warna dan bahan.
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca cerita fiksi tentang “Langit di Wae Rebo”.
  • Ayo berdiskusi.
    • Apakah penulis menuliskan hasil imajinasinya dalam tulisan itu?
    • Apakah ada fakta yang bisa dibuktikan kebenarannya?
    • Siswa mendiskusikan apakah cerita fiksi tersebut sepenuhnya merupakan rekaan penulis.
    • Cerita fiksi merupakan cerita hasil rekaan penulis dengan disertai fakta ilmiah yang dapat dibuktikan kebenarannya
  • Ayo menulis. 
    • Siswa menjelaskan isi cerita dengan menggunakan gambar sebagai media imajinasinya.
    • Siswa menukarkan gambarnya dengan teman lain.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik:
    • Membuat resume (creativity) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru:
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang  selesai mengerjakan tugas projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi hadiah ataupun pujian.
 
Penilaian (Asesmen)
Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 6

Nama Guru Gurnulis
 

Daftar RPP Terkait

Berikut kumpulan RPP terkait yang dapat Sahabat Gurnulis akses. Sahabat dapat mencari RPP lain berdasarkan kelas pada tautan-tautan berikut.
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat bagi pembelajarannya.

Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel