RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 3

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) kurikulum 2013 kelas 6 Tema 9 Subtema 3.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Kali ini Blog Gurnulis mempunyai RPP satu lembar Kelas 6 Tema 9 Subtema 3. Di samping menampilkan pratinjau dari RPP, penulis pun menyediakan file dalam format Microsoft Word! Sahabat dapat mengunduhnya pada tombol di bawah ulasan ini.

Dengan beracuan pada lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Dokumen yang menjadi dasar pengembangan RPP adalah silabus. RPP dikembangkan dari silabus dan disusun berdasarkan KD atau subtema.
 
Tujuan dari disusunnya RPP ialah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik wajib menyusun RPP  secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.

RPP dapat digunakan untuk satu pertemuan atau lebih. Penyusunan RPP bukan merupakan pekerjaan yang bersifat administratif, melainkan bagian dari tugas profesi seorang guru sebagaimana tercantum pada pasal 20 Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Merujuk pada surat edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti RPP satu lembar, dalam hal ini RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 3 adalah sebagai berikut.
  1. Tujuan pembelajaran.
  2. Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran.
  3. Penilaian pembelajaran atau asesmen.
Berikut salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 3 yang dapat Sahabat Pendidik unduh.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 3 - www.gurnulis.id
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 6
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 9 Menjelajah Luar Angkasa
Subtema  : Subtema 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 6/ Semester 2
Tema
 : 9 Menjelajah Luar Angkasa
Subtema
 : 3 Tokoh Penjelajah Ruang Angkasa
Muatan Terpadu
 : IPA, Bahasa Indonesia
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Dengan membaca bacaan, siswa dapat menentukan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet.
  2. Dengan menggunakan model tata surya yang sudah dibuat, siswa dapat mengelompokkan planet-planet menjadi dua kelompok berdasarkan garis edar Bumi.
  3. Dengan menceritakan pengalaman yang memiliki kemiripan dengan cerita fiksi, siswa dapat memahami isi cerita dan menghubungkannya dengan pengalaman pribadinya.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca “Galileo Galilei Mencoba untuk Membuktikan” selama 5 menit.
    • Sebelumnya guru menjelaskan bahwa siswa dapat menggarisbawahi kata-kata yang tidak dimengerti.
    • Siswa bergantian menjelaskan isi bacaan secara singkat di depan kelas.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa berdiskusi mengenai penemuan-penemuan Galileo dan dampaknya terhadap kehidupan manusia selama 15 menit.
    • Hasil diskusi siswa dapat dipresentasikan di depan kelas secara bergantian.
  • Ayo membaca.
    • Guru membacakan Susunan Planet Tata Surya berdasarkan Orbit Bumi di depan kelas dengan alat bantu gambar sistem tata surya.
    • Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai sistem tata surya atau tentang angkasa luar.
    • Siswa dapat menuliskannya di selembar kertas dan menempelkannya di depan kelas.
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa bekerja sama dengan teman sebangkunya untuk mendiskusikan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet selama 15 menit.
    • Kemudian siswa mengelompokkan planet-planet berdasarkan diskusi sebelumnya dengan guru.
  • Ayo berlatih.
    • Siswa bekerja lagi dengan teman sebangkunya untuk menunjukkan susunan planet berdasarkan garis edar Bumi.
    • Siswa membuat kesimpulan dari model tersebut tentang perbedaan antara planet inferior dan planet superior.
    • Siswa mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
  • Ayo membaca.
    • Guru meminta 2 orang siswa untuk membacakan bacaan yang berjudul "Kesempatan yang Hilang" di depan kelas dengan lantang.
    • Siswa dapat memberikan pendapatnya mengenai cerita di atas secara bergantian
  • Ayo menulis. 
    • Siswa menggunakan dua diagram yang tersedia di dalam buku menggambar dan menjelaskan peristiwa yang ada dalam cerita dan peristiwa yang dialami atau yang dialami orang lain yag pernah diketahuinya.
    • Siswa dapat bertukar cerita tentang pengalaman sama yang pernah dialaminya dengan cerita dalam bacaan dan mengungkapkan perasaannya.
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 6

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Pendidik dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 6 tema 9 subtema 3, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 6 Tema 9 Subtema 3"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel