Iklan Header

Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2

Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
Kumpulan soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar bidang Ilmu Pengetahuan Alam

Sekilas Mengenai Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD

Halo Sahabat Gurnulis. Apakah Sahabat sedang mempersiapkan peserta didik untuk mengukuti KSN? Kalau iya, Alhamdulillah pada kesempatan ini penulis hendak berbagi soal-soal KSN yang dapat Sahabat jadikan referensi. Sebelum berlanjut ke bagian soal, penulis sampaikan sekilas pandang mengenai KSN dulu ya. Oh ya, untuk mengakses kumpulan soal sebelumnya, Sahabat dapat mengikuti tautan kumpulan soal KSN SD bidang IPA bagian 1.
 
KSN atau Kompetisi Sains Nasional adalah suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Puspresnas, bersifat kompetisi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam antarpeserta didik SD/MI atau yang sederajat. Pelaksanaan KSN SD dilaksanakan 2 tahap yaitu tahap penyisihan dan tingkat nasional. Tahap Penyisihan adalah tahap kegiatan kompetisi awal yang dapat diikuti secara terbuka bagi seluruh peserta didik jenjang sekolah dasar yang akan berkompetisi untuk mewakili provinsinya mengikuti tingkat nasional KSN.
 
Tujuan dari dilaksanakannya KSN bagi siswa Sekolah Dasar secar umum adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan  pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya  belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Materi dan ruang lingkupnya adalah sebagai berikut.
 

Materi dan Lingkup Materi Bidang Matematika

Materi dan lingkup materi bidang Matemtika adalah sebagai berikut.
  • Materi bilangan, terdiri dari lingkup materi:
    • bilangan bulat;
    • bilangan rasional;
    • bilangan prima;
    • KPK;
    • FPB;
    • pola bilangan.
  • Materi aritmatika, terdiri dari lingkup materi:
    • operasi bilangan;
    • persamaan linear satu variabel;
    • persamaan linear dua variabel;
    • sistem pertidaksamaan linear.
  • Materi geometri, terdiri dari lingkup materi:
    • bidang datar yang terdiri dari luas, keliling, sudut;
    • geometri ruang yang terdiri dari volume, luas permukaan, jarak, titik dengan bidang jaring-jaring.
  • Materi statistika data, terdiri dari lingkup materi:
    • rata-rata;
    • perbandingan;
    • diagram batang, lingkaran, dan garis;
    • persentase;
    • pengukuran;
    • kecepatan.
  • Materi kombinatorik, terdiri dari lingkup materi:
    • penggunaan kombinasi dengan teknik counting problem;
    • pengenalan pola dengan menggunakan kombinasi.
 

Materi dan Lingkup Materi Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi dan lingkup materi bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah sebagai berikut.
  • Materi keterampilan dan metode ilmiah, terdiri dari lingkup materi memahami proses dalam melakukan kegiatan ilmiah dan alur berfikir ilmiah.
  • Materi pengklasifikasian mahluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik dan habitat, terdiri dari lingkup materi:
    • dasar-dasar klasifikasi;
    • klasifikasi sistem lima kingdom.
  • Materi proses dan mekanisme yang terjadi pada mahluk hidup (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Mikroorganisme), terdiri dari lingkup materi:
    • anatomi dan fisiologi sel dan jaringan;
    • anatomi dan fisiologi sistem organ hewan dan manusia;
    • anatomi dan  fisiologi tumbuhan;
    • metabolisme pada  makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan, fotosintesis, respirasi, serta prosesfermentasi mikroorganisme).
  • Materi Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka , terdiri dari lingkup materi:
    • ekologi dan lingkungan;
    • keanekaragaman hayati;
    • distribusi biodi versitas Indonesia.
  • Materi isu  perkembangan dan permasalahan tentang kesehatan lingkungan dan teknologi, terdirid dari lingkup materi:
    • bioteknologi;
    • pelestarian sumber daya alam hayati;
    • pencemaran lingkungan dan upaya penanggulangannya.
  • Materi mekanika, terdiri dari lingkup materi:
    • gerak benda;
    • gaya momentum;
    • energi mekanik;
    • tekanan;
    • gravitasi.
  • Materi wujud benda, terdiri dari lingkup materi:
    • sifat dan kegunaan benda padat;
    • sifat dan kegunaan benda cair;
    • sifat dan kegunaan gas.
  • Materi listrik dan magnet, terdiri dari lingkup materi;
    • listrik statis;
    • listrik dinamis;
    • sifat magnet;
    • induksi;
    • elektromagnetik;
    • aplikasi listrik;
    • magnet.
  • Materi gelombang dan optik, terdiri dari lingkup materi:
    • gelombang tali;
    • bunyi;
    • cahaya;
    • gelombang;
    • elektromagnetik;
    • sifat-sifat gelombang alat optik (cermin,  lensa dan aplikasinya).
  • Materi suhu dan kalor, terdiri dari lingkup materi:
    • skala dan suhu;
    • termometer;
    • hantaran panas;
    • perubahan wujud karena panas.
  • Materi energi dan perubahannya, terdiri dari lingkup materi:
    • energi panas;
    • energi bunyi;
    • energi terbarukan;
    • konversi energi.
 

Unduh Soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Bidang IPA

Jenis Kompetisi
 : KSN (Kompetisi Sains Nasional)
Bidang  : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Jenjang  : Sekolah Dasar
 
Soal nomor 1
Kemampuan kelelawar dapat mengetahui pada lingkungan sekitarnya dengan menggunakan sistem sonar. Sistem tersebut bisa dikenal dengan istilah apakah kemampuan yang disebut …. 
  • A. ekolokasi
  • B. mimikri
  • C. adaptasi
  • D. habitat   
 
Soal nomor 2
Udara yang telah masuk ke rongga hidung dan dapat diteruskan ke batang tenggorokan. Pada batang tenggorokan telah tersusun atas tulang-tulang rawan yang kemudian bercabang dua. Cabang batang tenggorokan tersebut biasa disebut ....
  • A. bronkus
  • B. trakea
  • C. pupil
  • D. pleura
 
Soal nomor 3
Tata surya yaitu bagian di alam semesta yang sangat luas. Tata surya juga terletak di dalam satu galaksi yang dapat disebut Bimasakti. Galaksi Bimasakti disebut juga sebagai ....
  • A.sky high
  • B. milky way
  • C. sky way
  • D. univers

Soal nomor 4
Sebuah cahaya merambat lurus akan menyebabkan terbentuknya bayangan dari benda yang telah terkena cahaya. Pembentukan cahaya dapat dimanfaatkan untuk membuat kamera. Kamera adalah alat yang dapat digunakan untuk ....
  • A. mencetak
  • B. menggali
  • C. mengungkit
  • D. memotret
 
Soal Gurnulis nomor 5
Benda yang tidak dapat ditembus oleh cahaya dapat dinamakan benda ....
  • A. bercahaya
  • B. gelap
  • C. kaca
  • D. air
 
Soal nomor 6
Ada sebuah kuda dan jerapah merupakan contoh hewan pemakan tumbuhan. Kuda dan jerapah pemakan dedaunan. Hewan tersebut tergolong sebagi ....

    A. karnivora
    B. klorofil
    C. herbivora
    D. omnivora

 
Soal nomor 7
Peredaran planet-planet yang sedang mengelilingi matahari tersebut disebut ....
  • A. revolusi matahari
  • B. revolusi bulan
  • C. revolusi planet
  • D. revolusi bumi
 
Soal nomor 8
Peristiwa  keluarnya sel telur (ovum) dari  indung telur (ovarium) yang tidak dapat dibuahi bersama pada lapisan dinding rahim dinamakan ....
  • A. menstruasi
  • B. luka dalam
  • C. pembuahan
  • D. pendarahan 
 
Soal nomor 9
Bagaimanakah penulisan rumus kimia karbon monoksida?
  • A. CO
  • B. CO2
  • C. C2O
  • D. CO3
 
Soal nomor 10
Hubungan timbal balik antara komponen hidup dan tak hidup dalam suatu lingkungan disebut ....
  • A. ekosistem
  • B. adaptasi
  • C. habitat
  • D. komunitas
 
Soal nomor 11
Pelapukan merupakan hancurnya batuan  dari gumpalan atau ukuran besar menjadi batuan yang lebih kecil, sampai bisa menjadi sangat halus (menjadi tanah). Pelapukan terjadi akibat adanya faktor....
  • A. eksogen
  • B. endogen
  • C. korosis
  • D. erosi
 
Soal nomor 12
Proses makan dan dimakan dengan  urutan tertentu disebut ....
  • A. urutan makanan
  • B. jaring makanan
  • C. rantai makanan
  • D. ekosistem

Soal nomor 13
Tumbuhan hijau mampu memurnikan udara yang berguna bagi pernapasan. Hal ini terjadi karena tumbuhan hijau menghasilkan ....
  • A. Karbondioksida
  • B. Hidrogen
  • C. Oksigen
  • D. Nitrogen

Soal nomor 14
Kelompok mahluk hidup di bawah ini yang  menunjukkan kekerabatan terdekat adalah ....
  • A. lumut hati – pakis – lamun – mahkota dewa
  • B. lamun – ganggang merah – bakau – cendawan
  • C. ganggang merah – lamun – ganggang hijau biru – bakau
  • D. cendawan – ganggang hijau biru –  pakis – lumut hati

Soal nomor 15
Perhatikan gambar peta persebaran fauna di Indonesia berdasarkan Garis Wallace dan Garis Webber berikut.
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
Burung Kasuari dapat ditemukan di ....
  • A. antara Garis Wallace dan Garis Webber
  • B. wilayah barat Garis Wallace
  • C. wilayah barat Garis Webber
  • D. wilayah timur Garis Webber

Soal nomor 16

Irwan mengambil air dari danau di  belakang sekolah. Air tersebut ditempatkan pada dua botol kaca bening yaitu botol P dan Q, dengan volume yang sama. Botol P dibungkus dengan kertas aluminium sedangkan botol Q tidak dibungkus.  Kedua botol ditempatkan di lokasi yang terkena cahaya matahari.  Setelah 4 jam, Irwan melakukan pengamatan dan mengukur jumlah oksigen terlarut pada kedua botol tersebut. Berdasarkan metode ilmiah, pernyataan yang tidak tepat adalah ....
  • A. Penelitian bertujuan untuk mengetahui terjadinya proses fotosintesis pada air danau
  • B. Dapat disimpulkan bahwa terjadi proses fotosintesis pada kedua botol
  • C. Diduga terdapat organisme fotosintetik hidup pada air danau
  • D. Diduga jumlah oksigen yang dihasilkan pada botol Q lebih tinggi dibanding pada botol P

Soal nomor 17

Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
Hewan berikut yang tidak berada dalam satu kelas dengan hewan di atas adalah ....
A. Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
B. Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
C. Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
D. Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id

Soal nomor 18
Data berikut menunjukkan kandungan protein, lemak, dan karbohidrat yang terdapat di dalam 10 g nasi dan ikan.
Nasi : 0,8 gram protein - 0,1 gram lemak - 9,3 gram karbohidrat
Ikan : 1,9 gram protein - 0,003 gram lemak - 0 gram karbohidrat
Senyawa dominan yang akan didapatkan setelah makanan tersebut mengalami proses pencernaan adalah ....
  • A. gula sederhana dan gliserol
  • B. asam amino dan asam lemak
  • C. asam lemak dan gula sederhana
  • D. gula sederhana dan asam amino
 
Soal nomor 19
Perhatkan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
Pernyataan yang tidak tepat mengenai sel saraf dengan label nomor 3 adalah ....
  • A. berfungsi meneruskan  informasi dari saraf sensorik untuk menghasilkan kontraksi otot
  • B. bagian itu disebut interneuron
  • C. ada di dalam sistem saraf pusat
  • D. menghantarkan informasi dari sistem  motorik ke sistem sensorik

Soal Gurnulis nomor 20
Pemberian kolostrum (ASI pertama) sangat penting. Kolostrum mengandung antibodi ibu untuk memberikan kekebalan pada bayi terhadap infeksi patogen setelah kelahiran. Mekanisme transfer antibodi tersebut termasuk ke dalam tipe ....
  • A. kekebalan aktif buatan
  • B. kekebalan pasif buatan
  • C. kekebalan aktif alami
  • D. kekebalan pasif alami
 
Soal nomor 21
Which of the following is the process of choosing parent organisms for the characteristics that is wanted in their offspring in order to increased meat production?
  • A. Reproductive evolution.
  • B. Reproductive selection.
  • C. Selective breeding
  • D. Natural selection.
 
Soal nomor 22
Pernyataan berikut merupakan alasan dilakukannya pekan imunisasi nasional untuk menyikapi penyakit difteri dan campak rubella. Pernyataan yang tidak tepat berkaitan dengan pemberian imunisasi tersebut adalah ....
  • A. imunisasi adalah tindakan preventif dari penyebaran penyakit menular
  • B. pengulangan imunisasi dibutuhkan karena antibodi yang dihasilkan memiliki efektivitas waktu tertentu
  • C. imunisasi termasuk kategori kekebalan pasif buatan.
  • D. imunisasi tidak efektif jika diberikan pada penderita difteri dan rubella 
 
Soal nomor 23
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
Proses keluarnya air dari tepi daun menunjukkan ciri mahluk hidup yaitu ....
  • A. evapotranspirasi
  • B. regulasi
  • C. transpirasi
  • D. pengembunan
 
Soal nomor 24
Salah satu faktor yang membedakan antara suksesi primer dengan suksesi sekunder pada ekosistem adalah ....
  • A. suksesi primer dimulai dengan pertumbuhan lumut kerak
  • B. suksesi sekunder melibatkan spesies  hewan
  • C. suksesi primer dimulai dengan spesies tumbuhan
  • D. suksesi sekunder melibatkan proses pelapukan batuan
 
Soal nomor 25

Which statement is not the cause of the low increase of Sumatra Rhino population?
  • A. Low regeneration rate.
  • B. Rhino is a browser species.
  • C. Land conversion due to human activities.
  • D. Long pregnancy.
 
Soal Gurnulis nomor 26
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2 - www.gurnulis.id
Susunan genetika domba Dolly merupakan ....
  • A. campuran 50% Domba A dan 50% Domba B
  • B. campuran 75% Domba A dan 25% Domba B
  • C. 100% sama dengan Domba A
  • D. 100% sama dengan Domba B
 
Soal nomor 27
Jika kadar C2O  dalam aliran darah meningkat maka ….
  • A. pH darah naik
  • B. laju respirasi menurun
  • C. laju respirasi meningkat
  • D. pusat pernapasan menjadi dorman
 
Soal nomor 28
Udara yang masuk dan keluar (udara inspirasi dan ekspirasi) sebagai alat pernapasan bisa disebut udara ...
  • A. tidal
  • B. pernapasan
  • C. komplementer 
  • D. residu

Soal nomor 29

Coelenterate memiliki alat bantu pernapasan yang terdapat pada gastodermis yang disebut…
  • A. trakea
  • B. silia
  • C. laring 
  • D. sifonoglifa

Soal nomor 30

Jenis hewan pemamah biak bisa  mencerna selulosa karena adanya enzim selulase yang dihasilkan oleh ....
  • A. dinding abomasum
  • B. dinding rumen
  • C. bakteri yang dihasilkan oleh reticulum
  • D. bakteri dalam rumen yang alkalis/ basa
 
Soal nomor 31
Makanan yang telah dikunyah oleh hewan pemamah biak pertama kali masuk ke ....
  • A. rumen
  • B. omasum
  • C. abomasum 
  • D. retikulum lalu ke rumen
 
Soal nomor 32
Makanan akan mengalami proses pencernaan selama berada dalam saluran pencernaan. Akan tetapi  dalam organ tertentu makanan tidak mengalami baik secara kimia/ mekanik. Organ apa yang dimaksud?
  • A. Ventrikulus.
  • B. Mulut .
  • C. Esofagus.
  • D. Duodenum.
 
Soal nomor 33
Echinodermata digolongkan dalam kelompok hewan triploblastik hal ini disebabkan oleh ....
  • A. bentuk tubuh simetris biradial
  • B. lapisan embrional ada dua lapis
  • C. lapisan embrional ada tiga lapis
  • D. memiliki rongga tubuh berlapis
 
Soal nomor 34
Ciri-ciri yang dimiliki oleh anggota Arthropoda antara lain adalah ....
  • A. tubuh berbuku-buku terutama pada kaki
  • B. hanya bernapas dengan menggunakan trakea
  • C. eksoskeleton dari bahan kitin
  • D. mempunyai kaki hanya di abdomen
 
Soal nomor 35
Pengklasifikasian hewan (animalia) invertebrata, membutuhkan hal-hal berikut, kecuali ....
  • A. antena dan tentakel
  • B. rangka luar
  • C. segmentasi tubuh 
  • D. warna eksoskeleton
 
Soal nomor 36
Hewan vertebrata yang tidak termasuk kelas mamalia adalah ....
  • A. ikan lumba-lumba
  • B. ikan paus
  • C. kuda laut 
  • D. ikan pesut
 
Soal nomor 37
Sifat yang membedakan Amphibia dan Reptilia adalah ....
  • A. respirasinya dengan paru-paru
  • B. poikilothermis/ berdarah dingin
  • C. kulitnya yang tidak bersisik
  • D. telurnya yang berkulit lunak
 
Soal Gurnulis nomor 38
Hewan yang sangat bergantung pada  suhu di lingkungan luarnya digolongkan sebagai ....
  • A. hewan ektoterm  
  • B. hewan endoterm
  • C. hewan Ampibi
  • D. hewan Reptilia
 
Soal nomor 39
Hewan tertentu yang tidur selama musim  dingin merupakan contoh adaptasi ....
  • A. morfologi  
  • B. tingkah laku
  • C. fisiologi 
  • D. cuaca
 
Soal nomor 40
Salah satu adaptasi yang bertujuan  menakut-nakuti musuh pada hewan adalah ....
  • A. mimikri
  • B. hibernasi
  • C. pewarnaan 
  • D. kamuflase 
 
Soal nomor 41
Tumbuhan higrofit memiliki ciri yang berupa ....
  • A. daun lebar, tebal, dan stomata sedikit  
  • B. daun lebar dan memiliki lapisan lilin tebal
  • C. daun lebar dan stomata sedikit
  • D. daun lebar, tipis, dan stomata banyak
 
Soal nomor 42
Keuntungan dari perbanyakan secara  vegetatif ialah ....
  • A. banyak menghasilkan individu baru
  • B. reproduksinya menurun
  • C. menghasilkan tanaman kokoh dan kuat
  • D. dapat dilakukan lebih cepat tanpa menunggu tumbuhan induk berbuah
 
Soal nomor 43
Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang serbuk sarinya berasal dari ....
  • A. bunga itu sendiri
  • B. bunga lain dalam satu pohon
  • C. bunga pohon lain yang masih dalam satu spesies
  • D. bunga pohon lain, satu spesies, namun beda varietas
 
Soal nomor 44
Yang merupakan contoh adaptasi tingkah laku adalah ....
  • A. urine yang pekat pada ikan air laut
  • B. cicak memutuskan ekornya
  • C. rayap memerlukan enzim selulosa 
  • D. kaktus mempunyai batang yang tebal
 
Soal nomor 45
Tujuan rayap memakan kembali kulitnya adalah ....
  • A. memenuhi kebutuhan makanan
  • B. menjaga metabolisma tubuh
  • C. mendapatkan flagellate 
  • D. adaptasi
 
Soal nomor 46
Mantis memiliki bentuk tubuh  persis seperti daun, tujuannya agar terhindar dari musuh. Ini artinya Mantis melakukan .... 
  • A. kamuflase
  • B. mimikri
  • C. hibernasi 
  • D. estivasi
 
Soal nomor 47
Tubuh manusia membentuk  butir darah merah (eritrosit) lebih banyak jika tinggal di daratan tinggi (pegunungan), dengan terlihat dari permukaan  kulit yang berwarna kemerah-merahan, karena ....
  • A. adaptasi morfologi
  • B. adaptasi fisiologi
  • C. adaptasi lingkungan
  • D. adaptasi tingkah laku
 
Soal nomor 48
Serangga dengan tipe mulut menggigit  dijumpai pada hewan ....
  • A. belalang dan jangkrik
  • B. belalang dan kutu anjing 
  • C. lalat dan kupu-kupu 
  • D. gangsir dan walang sangit
 
Soal Gurnulis nomor 49
Alat indera pada ikan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetahui besar kecilnya tekanan air dinamakan ....
  • A. sirip
  • B. gurat sisi 
  • C. ekor
  • D. sisik
 
Soal nomor 50
Pernyataan mengenai hewan beserta kelompok perkembangbiakannya di bawah ini yang benar adalah ....
  • A. laba-laba, nyamuk, buaya dan belalang adalah kelompok hewan ovipar
  • B. lumba-lumba, laba-laba, kelelawar dan kelinci kelompok ovovivipar 
  • C. kelelawar, kelinci, buaya dan belalang adalah hewan vivipar 
  • D. laba-laba, kelnci, tikus dan belalang adalah kelompok vivipar

 

Soal KSN SD Terkait

Berikut kumpulan soal terkait soal-soal di atas yang dapat Sahabat akses.

Demikianlah kumpulan soal KSN SD bidang IPA, ya Sahabat Pendidik. Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel