Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6

Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Kumpulan soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar bidang Ilmu Pengetahuan Alam

Sekilas Mengenai Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD

Halo Sahabat Gurnulis. Sudah mempersiapkan peserta didiknya untuk menghadapi KSN kah? Tentunya para guru memerlukan referensi soal latihan bagi para peserta didiknya. Pada kesempatan ini penulis hendak berbagi kumpulan soalnya. Sebelumnya telah berbagi soal-soal berikut lho:
KSN atau Kompetisi Sains Nasional merupakan suatu kegiatan berkelanjutan yang diadakan oleh Puspresnas, bersifat kompetisi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam antarpeserta didik SD/MI atau yang sederajat. Sebelumnya, KSN SD dilaksanakan dalam dua tahap: tahap penyisihan dan tingkat nasional. Tahap Penyisihan merupakan kompetisi awal yang dapat diikuti secara terbuka bagi seluruh peserta didik jenjang sekolah dasar yang akan berkompetisi untuk mewakili provinsinya mengikuti tingkat nasional KSN.
 
KSN bagi siswa Sekolah Dasar ditujukan sebagai wadah bagi kompetisi bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Melalui KSN ini, peserta didik SD/MI dan atau yang sederajat diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang sains yang berasaskan  pendidikan karakter meliputi religiusitas, integritas, nasionalisme, kemandirian dan gotong royong. Selain hal itu, kegiatan ini juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam penumbuhkembangan budaya  belajar, kreativitas, dan motivasi berprestasi. Kompetisi ini dirancang sebagai kompetisi yang sehat serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas.

Bidang Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Bidang atau mata pelajaran yang dikompetisikan pada Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD adalah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Materi dan ruang lingkupnya adalah sebagai berikut.
 

Materi dan Lingkup Materi Bidang Matematika

Materi dan lingkup materi bidang Matemtika adalah sebagai berikut.
  • Materi bilangan, terdiri dari lingkup materi:
    • bilangan bulat;
    • bilangan rasional;
    • bilangan prima;
    • KPK;
    • FPB;
    • pola bilangan.
  • Materi aritmatika, terdiri dari lingkup materi:
    • operasi bilangan;
    • persamaan linear satu variabel;
    • persamaan linear dua variabel;
    • sistem pertidaksamaan linear.
  • Materi geometri, terdiri dari lingkup materi:
    • bidang datar yang terdiri dari luas, keliling, sudut;
    • geometri ruang yang terdiri dari volume, luas permukaan, jarak, titik dengan bidang jaring-jaring.
  • Materi statistika data, terdiri dari lingkup materi:
    • rata-rata;
    • perbandingan;
    • diagram batang, lingkaran, dan garis;
    • persentase;
    • pengukuran;
    • kecepatan.
  • Materi kombinatorik, terdiri dari lingkup materi:
    • penggunaan kombinasi dengan teknik counting problem;
    • pengenalan pola dengan menggunakan kombinasi.
 

Materi dan Lingkup Materi Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Materi dan lingkup materi bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) adalah sebagai berikut.
  • Materi keterampilan dan metode ilmiah, terdiri dari lingkup materi memahami proses dalam melakukan kegiatan ilmiah dan alur berfikir ilmiah.
  • Materi pengklasifikasian mahluk hidup berdasarkan makanan, anatomi, sistematik dan habitat, terdiri dari lingkup materi:
    • dasar-dasar klasifikasi;
    • klasifikasi sistem lima kingdom.
  • Materi proses dan mekanisme yang terjadi pada mahluk hidup (Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Mikroorganisme), terdiri dari lingkup materi:
    • anatomi dan fisiologi sel dan jaringan;
    • anatomi dan fisiologi sistem organ hewan dan manusia;
    • anatomi dan  fisiologi tumbuhan;
    • metabolisme pada  makhluk hidup (pertumbuhan dan perkembangan, fotosintesis, respirasi, serta prosesfermentasi mikroorganisme).
  • Materi Interaksi organisme dengan lingkungan dan informasi mengenai hewan langka , terdiri dari lingkup materi:
    • ekologi dan lingkungan;
    • keanekaragaman hayati;
    • distribusi biodi versitas Indonesia.
  • Materi isu  perkembangan dan permasalahan tentang kesehatan lingkungan dan teknologi, terdirid dari lingkup materi:
    • bioteknologi;
    • pelestarian sumber daya alam hayati;
    • pencemaran lingkungan dan upaya penanggulangannya.
  • Materi mekanika, terdiri dari lingkup materi:
    • gerak benda;
    • gaya momentum;
    • energi mekanik;
    • tekanan;
    • gravitasi.
  • Materi wujud benda, terdiri dari lingkup materi:
    • sifat dan kegunaan benda padat;
    • sifat dan kegunaan benda cair;
    • sifat dan kegunaan gas.
  • Materi listrik dan magnet, terdiri dari lingkup materi;
    • listrik statis;
    • listrik dinamis;
    • sifat magnet;
    • induksi;
    • elektromagnetik;
    • aplikasi listrik;
    • magnet.
  • Materi gelombang dan optik, terdiri dari lingkup materi:
    • gelombang tali;
    • bunyi;
    • cahaya;
    • gelombang;
    • elektromagnetik;
    • sifat-sifat gelombang alat optik (cermin,  lensa dan aplikasinya).
  • Materi suhu dan kalor, terdiri dari lingkup materi:
    • skala dan suhu;
    • termometer;
    • hantaran panas;
    • perubahan wujud karena panas.
  • Materi energi dan perubahannya, terdiri dari lingkup materi:
    • energi panas;
    • energi bunyi;
    • energi terbarukan;
    • konversi energi.
 

Unduh Soal Kompetisi Sains Nasional (KSN) SD Bidang IPA

Jenis Kompetisi
 : KSN (Kompetisi Sains Nasional)
Bidang  : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Jenjang  : Sekolah Dasar
 
Soal nomor 1
Salah satu contoh keanekaragaman makhluk hidup tingkat spesies yang paling tepat adalah ….
  • A. mangga manalagi, mangga golek, mangga kueni
  • B. anggrek bulan, anggrek hitam, anggrek kalajengking
  • C. padi IR, padi pandan wangi, padi setra ramos
  • D. jeruk medan, jeruk keprok, jeruk  pontianak 
 
Soal nomor 2
Hutan bakau di Kalimantan, hutan hujan  tropis di jawa barat, dan savana di papua merupakan contoh keanekaragaman tingkat ....
  • A. individu
  • B. gen
  • C. ekosistem
  • D. populasi
 
Soal nomor 3
Kucing, harimau, singa termasuk contoh keanekaragaman hayati tingkat ....
  • A. individu
  • B. gen
  • C. ekosistem
  • D. jenis
 
Soal nomor 4
Perhatikan gambar siklus virus berikut.
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Fase X, Y, dan Z pada gambar tersebut menunjukkan ....
  • A. X, adsorpsi
  • B. Z, replikasi dan sintesis
  • C. Z, perakitan
  • D. Y, penggabungan 
 
Soal nomor 5
Ada dua macam cara virus menginfeksi bakteri, yaitu secara litik dan secara lisogenik. Berikut ini tahap-tahap yang terjadi pada siklus litik adalah ....
  • A. fase adsorpsi – fase penetrasi – fase replikasi dan sintesis – fase perakitan – fase pembebasan  
  • B. fase adsorpsi – fase penetrasi – fase penggabungan – fase replikasi – fase pembebasan
  • C. fase adsorpsi – fase penetrasi – fase replikasi- fase penggabungan – fase pembebasan
  • D. fase absorpsi – fase penetrasi – fase replikasi dan sintesis – fase perakitan – fase pembebasan  
 
Soal nomor 6
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id

 
Berdasarkan daur hidup virus x, y, dan z secara berurutan adalah ....
  • A. penetrasi, perakitan, lisis
  • B. penetrsi, absorbsi, sintesis
  • C. lisis, penetrasi, absorbsi
  • D. absorbsi, sintesis, lisis
 
Soal nomor 7
Perhatikan gambar Protozoa berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Organisme yang berlabel  X, Y, dan Z berturut-turut merupakan kelas ....
  • A. Rhizopoda, Flagellata, dan Ciliata
  • B. Flagellata, Rhizopoda, dan Ciliata
  • C. Flagellata, Ciliata, dan Rhizopoda
  • D. Ciliata, Flagellata, dan Rhizopoda  
 
Soal nomor 8
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Flagellata ditunjukkan oleh nomor ....
  • A. 2
  • B. 3
  • C. 4.
  • D. 5
 
Soal nomor 9
Ditemukan ciri-ciri ekosistem darat sebagai berikut.
(1) Curah hujan sangat rendah.
(2) Perbedaan suhu siang malam mencolok.
(3) Evaporasi (penguapan) lebih tinggi.
(4) Tumbuhan berdaun kecil (bentuk jarum).
(5) Fauna kelompok hewan melata.
Berdasarkan ciri-ciri tersebut, dapat kita asumsikan bahwa bioma tersebut adalah ....
  • A. hutan basah           
  • B. hutan gugur
  • C. taiga
  • D. gurun 
 
Soal nomor 10
Berikut ini ciri-ciri sebuah bioma pada ekosistem darat.
(1) Curah hujan berkisar 25-100 cm pertahun.
(2) Penguapan air rendah.
(3) Biasanya tersusun atas satu spesies seperti konifer, pinus dan sejenisnya.
(4) Tumbuhan konifer dengan daun berbentuk jarum.
Berdasarkan ciri-ciri bioma tersebut, maka dapat diketahui bahwa bioma tersebut adalah ....
  • A. tundra
  • B. gurun
  • C. padang rumput
  • D. taiga 
 
Soal nomor 11
Tumbuhan kentang diberi nama ilmiah Solanum tuberosum, sedangkan tumbuhan tomat diberi nama ilmiah Solanium persicum, ini berarti bahwa tumbuhan kentang dan tomat ....
  • A. spesies sama, genus berbeda
  • B. genus sama, spesies berbeda
  • C. genus sama, famili berbeda
  • D. genus berbeda, famili sama 
 
Soal nomor 12
Kucing, harimau, singa dimasukan dalam ordo yang sama berdasarkan. ....
  • A. penutup tubuh
  • B. memiliki kelenjar mamae
  • C. cara reproduksi
  • D. jenis makanannya 
 
Soal nomor 13
Perhatikan daur karbon dan oksigen berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Proses yang terjadi pada bagian Y adalah .... 
  • A. respirasi
  • B. fotosintesis
  • C. penguraian
  • D. mineralisasi 
 
Soal nomor 14
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Proses X dan Y pada skema tersebut adalah ....
  • A. fotosintesis, penguraian
  • B. respirasi, penguraian
  • C. evaporasi, pembakaran
  • D. transpirasi, pembakaran 
 
Soal nomor 15
Bakteri yang berperan dalam proses daur nitrogen merombak amonia menjadi nitrit adalah ....
  • A. Nitrosomonas
  • B. Nitrosoccocus
  • C. Rhizobium
  • D. Nitrifikasi 
 
Soal nomor 16
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Bakteri melakukan aktivitas pada bagian X dan Y dalam proses . . .
  • A. nitrifikasi, penguraian amonia
  • B. fiksasi nitrogen, nitrifikasi
  • C. denitrifikasi, penguraian amonia
  • D. fiksasi nitrogen, pembentukan nitrat
 
Soal nomor 17
Perhatikan rantai makanan berikut!
Padi – burung pipit – burung elang – harimau – dekomposer.
Pernyataan yang menunjukkan peran pada rantai makanan tersebut adalah ....
  • A. padi sebagai konsumen tingkat I
  • B. burung pipit sebagai konsumen I
  • C. burung elang sebagai konsumen I
  • D. harimau sebagai konsumen tingkat II 
 
Soal nomor 18
Dalam suatu ekosistem danau terjadi perpindahan energi. Energi yang tersimpan paling tinggi terdapat di ....
  • A. ikan
  • B. udang
  • C. burung bangau
  • D. fitoplankton  
 
Soal nomor 19
Perhatikan rantai makanan berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Organisme yang memperoleh energi paling sedikit pada rantai makanan tersebut adalah ....
  • A. 1
  • B. 4
  • C. 2
  • D. 5
 
Soal nomor 20
Pembakaran bahan bakar fosil untuk berbagai kepentingan ternyata dapat menyebabkan terjadinya pencemaran lingkungan yang serius, yaitu timbulnya polutan ....
  • A. gas CO2 menyebabkan pemanasan global
  • B. CFCs yang menyebabkan efek rumah kaca
  • C. Sox dan Nox menyebabkan penipisan ozon
  • D. PO4 menyebabkan terjadinya hujan asam
 
Soal nomor 21
Eutrofikasi dalam suatu ekosistem air akan mengakibatkan kematian hewan air. Hal ini disebabkan oleh air banyak mengandung . . .
  • A. Oksigen
  • B. senyawa organik
  • C. CO2 dan sedikit O2
  • D. O2 dan sedikit CO2 
 
Soal nomor 22
Perhatikan penampang melintang batang jagung (Zea mays) berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Pembuluh xilem ditunjukkan oleh bagian bernomor ....
  • A. 1
  • B. 2
  • C. 3
  • D. 4
 
Soal nomor 23
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Manakah yang termasuk otot involunter?
  • A. 1 dan 2
  • B. 1 dan 3
  • C. 2 dan 3
  • D. 2 saja
 
Soal nomor 24
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id

Bagaimana pernyataan yang tepat untuk X dan Y?
  • A. X mengangkut bahan fotosintesis, Y menyimpan cadangn makanan
  • B. X mengangkut hasil fotosintesis, Y menyimpan amilum hasil respirasi
  • C. X mengangkut hasil fotosintesis, Y menyimpan cadangn makanan
  • D. X mengangkut hasil fotosintesis, Y tempat berlangsungnya fotosintesis 
 
Soal nomor 25
Yang bukan merupakan perbedaan otot lurik dengan otot polos adalah ....
  • A. otot lurik kerjanya sadar, sedangkan otot polos tidak sadar
  • B. otot lurik cepat lelah, sedangkan otot polos tidak cepat lelah
  • C. otot lurik berbentuk gelondong, sedangkan otot polos berbentuk sel serabut
  • D. otot lurik inti selnya di tepi, sedangkan otot polos inti selnya di tengah
 
Soal nomor 26
Organ-organ seperti pembuluh darah, alveolus, dan glomerulus, disusun oleh jaringan epitel ....
  • A. pipih berlapis banyak
  • B. kubus berlapis banyak
  • C. pipih berlapis
  • D. silindris selapis
 
Soal nomor 27
Fungsi menghasilkan enzim dan menyerap sari makanan pada usus halus dilakukan sel epitel ....
  • A. pipih berlapis banyak
  • B. kubus berlapis banyak
  • C. pipih selapis
  • D. silindris selapis
 
Soal nomor 28
Organ yang membangun sistem ekskresi adalah ....
  • A. kulit, paru-paru, hati, dan ginjal
  • B. pankreas, paru-paru, kulit, dan usus  besar
  • C. usus besar, hati, pankreas, dan ginjal
  • D. ginjal, paru-paru, usus besar, dan kulit 
 
Soal nomor 29
Diabetes insipidus adalah gangguan fungsi ginjal yang disebabkan oleh ....
  • A. kekurangan hormon antidiuretik
  • B. kelebihan kadar gula dalam darah
  • C. kerusakan alat filtrasi pada ginjal
  • D. adanya infeksi kuman pada glomerolus 
 
Soal nomor 30
Perhatikan gambar sebuah nefron berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Seseorang yang mengalami penyakit  albuminuria disebabkan karena gangguan pada bagian yang berlabel ....
  • A. 1
  • B. 2
  • C. 4
  • D. 5
 
Soal nomor 31
Kontraksi otot bisep menghasilkan gerak ….
  • A. ekstensi, yaitu gerak meluruskan tangan
  • B. fleksi, yaitu gerak membengkokkan tangan
  • C. abduksi, yaitu gerak tungkai menjauhi sumbu tubuh
  • D. adduksi, yaitu gerak tungkai mendekat 
 
Soal nomor 32
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Kapasitas vital paru-paru manusia merupakan akumulasi dari ….
  • A. 1, 2, 3, dan 4
  • B. 1, 2, dan 3
  • C. 2, 3, dan 4
  • D. 2 dan 3 
 
Soal nomor 33
Perhatikan diagram volume udara pernapasan berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Bila seseorang melakukan respirasi biasa dan kemudian melakukan ekspirasi sekuatkuatnya, berapakah jumlah udara yang dikeluarkan?
  • A. 500 cc
  • B. 1500 cc
  • C. 3500 cc
  • D. 2000 cc 
  
Soal nomor 34
Zat kimia yang tersusun dari protein yang dibentuk oleh tubuh untuk melindungi sel atau jaringan dari serangan virus adalah ….
  • A. interferon
  • B. vaksin BCG
  • C. resistensi
  • D. antigen
 
Soal nomor 35
Jika seorang ibu bergolongan darah Rh+ mengandung janin yang bergolongan darah Rh- maka dalam tubuh ibu akan dibuat antibodi anti Rh+. Hal itu terjadi karena darah bayi dianggap sebagai ....
  • A. antigen
  • B. hipoantigen
  • C. heteroantigen
  • D. autoantigen
 
Soal nomor 36
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Hormon yang memacu proses pembentukan sel pada (X) dan hormon yang berperan pada peristiwa (Y), secara berturut-turut adalah ....
  • A. FSH dan LH
  • B. LH dan FSH
  • C. FSH dan estrogen
  • D. FSH dan progesteron 
 
Soal nomor 37
Berikut komponen system saraf manusia:  
(1) neuron motorik;
(2) neuron sensorik;
(3) otak;
(4) sumsum tulang belakang;
(5) efektor;
(6) reseptor.  
Jalur pada gerak refleks adalah….
  • A. 6-4-3-2-5
  • B. 6-2-4-1-5
  • C. 5-4-3-2-6
  • D. 5-2-4-1-6 
 
Soal nomor 38
Berikut ini adalah daftar gangguan pada sistem pernapasan.
(1) Bronchitis.
(2) Emfisema.
(3) Rinitis.
(4) Asfiksi.
Gangguan yang disebabkan oleh infeksi kuman adalah ....
  • A. 2 dan 3
  • B. 3 dan 4
  • C. 1 dan 4
  • D. 2 dan 4 
 
Soal nomor 39
Gas karbon monooksida (CO) merupakan gas pembunuh yang berbahaya karena tidak berbau dan berasap. Bila dihirup akan menyebabkan kematian karena ....
  • A. elastisitas gelembung paru-paru berkurang
  • B. gangguan pengangkutan oksigen ke jaringan
  • C. sulit bernapas karena membran mukosa rongga hidung berlendir
  • D. gas CO melalui aliran darah akan merusak selaput jantung.
 
Soal nomor 40
Eritroblastosis fetalis dapat terjadi pada janin apabila ....
  • A. ibu Rh+ anak Rh-
  • B. ibu Rh- anak Rh+
  • C. anak Rh- bapak Rh-
  • D. ibu Rh- anak Rh- bapak Rh+ 
 
Soal nomor 41
Pengerasan pembuluh darah akibat timbunan zat kapur disebut ....
  • A. miokarditis
  • B. atherosklerosis
  • C. arteriosklerosis
  • D. hemoroid  
 
Soal nomor 42
Jika sel darah putih ada 3000 butir setiap mm3-nya, maka peredaran ini disebut …
  • A. hemofilia
  • B. leukopeni
  • C. hipertensi
  • D. leukositosis
 
Soal nomor 43
Mesosom yang dimiliki oleh sel bakteri berfungsi untuk ....
  • A. penyusunan protein
  • B. respirasi sel
  • C. pembentukan membran sel
  • D. pembentukan dinding sel
 
Soal nomor 44
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id
Retikulum endoplasma, sitoplasma, membran sel, mitokondria, dan anak inti ditunjukkan urutan nomor-nomor ....
  • A. 1, 3, 4, 5, 2
  • B. 1, 3, 5, 2, 4
  • C. 2, 5, 3, 1, 4
  • D. 2, 5, 4, 1, 3
 
Soal nomor 45
Perhatikan gambar berikut!
Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6 - www.gurnulis.id

Organel Y ini hanya ada pada sel hewan dan berfungsi untuk ....
  • A. membentuk membran
  • B. mencerna makromolekul plasma
  • C. mengatur keluar masuk zat dari sel
  • D. menghasilkan energi sel 
 
Soal nomor 46
Manakah dari mikroba-mikroba berikut ini yang berguna pada pembuatan yoghurt?
  • A. Saccharomyces cereviseae dan Streptococcus thermophyllus
  • B. Streptococcus thermophyllus dan Lactobacillus bulgaricus
  • C. Methylophyllus methyltropus dan Lactobacillus bulgaricus
  • D. Saccharomyces ellipsoides dan bakteri asam laktat 
 
Soal nomor 47
Teknologi kloning apabila diterapkan pada berbagai jenis hewan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan dampak negatif, yaitu ....
  • A. Akan terjadi kepunahan secara massal
  • B. Menghasilkan individu berumur pendek
  • C. Menurunkan keanekaragaman hayati
  • D. Menurunkan jumlah anggota populasi 
 
Soal nomor 48
Dampak negatif yang mungkin ditimbulkan oleh adanya pemuliaan tanaman berbiji dengan cara radiasi induksi bagi tumbuhan itu sendiri adalah ....
  • A. tidak dapat berproduksi secara vegetatif
  • B. tidak dapat berproduksi secara generatif
  • C. tanaman rentan terkena penyakit
  • D. pengendalian hama harus lebih terpadu
 
Soal nomor 49
Ada beberapa bibit unggul dihasilkan melalui rekayasa genetika, bibit unggul yang banyak memberikan keuntungan bagi konsumen juga dikhawatirkan menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem yaitu ....
  • A. munculnya penyakit baru
  • B. banyak bakteri yang resisten
  • C. berkurangnya plasma nutfah
  • D. menimbulkan alegi 
 
Soal nomor 50
Kultur jaringan umumnya dilakukan untuk memperbanyak tanaman karena sel-sel tanaman memiliki sifat totipotensi, yaitu ....
  • A. setiap sel memiliki potensi genetik untuk memperbanyak diri dan berediferensiasi menjadi tanaman lengkap
  • B. setiap jaringan memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri dan berdiferensiasi menjadi tanaman lengkap
  • C. setiap organ memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri dan berdiferensiasi menjadi tanaman lengkap
  • D. setiap sel memiliki kemampuan membelah diri untuk reproduksi.
 

Soal KSN SD Terkait

Berikut kumpulan soal terkait soal-soal di atas yang dapat Sahabat akses.

Demikianlah kumpulan soal KSN SD bidang IPA, ya Sahabat Pendidik. Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal KSN SD Bidang IPA - Bagian 6"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel