Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan PAUD yang terdiri dari Aku Sayang Bumi, Aku Cinta Indonesia, Bermain dan Bekerja Sama/ Kita Saudara, dan Imajinasiku/ Imajinasi dan Kreativitasku.

Halo Sahabat Gurnulis. Sudahkah Sahabat berliterasi mengenai projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka? Kalau belum sahabat dapat mengeklik tautan-tautan berikut.

Nah, kalau sudah, Sahabat ingin penulis ajak untuk berliterasi mengenai tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan PAUD. Yuk, sama-sama kita simak.

Pengertian Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek penguatan profil pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan.
 
Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila dilakukan secara fleksibel, dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.
 
Projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang terpisah dari intrakurikuler. Tujuan, muatan, dan kegiatan pembelajaran projek tidak harus dikaitkan dengan tujuan dan materi pelajaran intrakurikuler. Satuan pendidikan PAUD dapat melibatkan masyarakat dan/atau dunia kerja untuk merancang dan menyelenggarakan projek penguatan profil pelajar Pancasila. 

Pada PAUD, projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk pengayaan wawasan dan penanaman karakter sejak dini. Penguatan profil pelajar Pancasila dilaksanakan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Kegiatan ini dimaksudkan untuk menguatkan perwujudan enam karakter profil pelajar Pancasila pada fase fondasi. Untuk pelaksanaan kegiatan di PAUD, pemerintah menetapkan tema-tema utama yang dapat dikerucutkan menjadi topik oleh satuan pendidikan sesuai dengan konteks wilayah serta karakteristik peserta didik. Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila yang dapat dipilih oleh satuan PAUD adalah sebagai berikut.

Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di PAUD

Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD adalah sebagai berikut.
  1. Tema "Aku Sayang Bumi". Tema ini bertujuan untuk mengenalkan peserta didik pada isu lingkungan,  eksplorasi dalam mencari solusi kreatif yang dapat dilakukan oleh peserta didik, serta memupuk kepedulian terhadap alam sebagai perwujudan rasa sayang terhadap ciptaan Tuhan YME.
  2. Tema "Aku Cinta Indonesia". Tema ini bertujuan agar peserta didik mengenal identitas dan karakteristik negara, keberagaman budaya dan ciri khas lainnya tentang Indonesia sehingga  mereka memahami identitas dirinya sebagai anak Indonesia, serta bangga menjadi anak Indonesia.
  3. Tema "Bermain dan Bekerja Sama/ Kita Semua Bersaudara".  Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik  untuk mampu berinteraksi dengan teman sebaya, menghargai perbedaan, mau berbagi, dan mampu bekerja sama.
  4. Tema "Imajinasiku/ Imajinasi dan Kreativitasku". Tema ini bertujuan untuk mengajak peserta didik belajar mengenali dunianya melalui imajinasi, eksplorasi, dan eksperimen. Pada tema Imajinasiku ini peserta didik distimulasi dengan serangkaian kegiatan yang dapat membangkitkan rasa ingin tahu, memperkaya pengalamannya dan menguatkan kreativitasnya. 
 

Referensi

Tema-tema utama projek penguatan profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan PAUD ini tercantum dalam Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Kepmen tersebut dapat dapat Sahabat Gurnulis unduh pada tautan berikut. 
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai tema-tema utama profil pelajar Pancasila pada satuan pendidikan PAUD, ya Sahabat Gurnulis. Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Tema-tema Utama Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada PAUD"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel