Struktur Kurikulum Merdeka pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA)

Struktur Kurikulum Merdeka pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) - www.gurnulis.id
Bahasan mengenai struktur kurikulum merdeka pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) yang terdiri dari pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
 
Halo para pendidik PAUD sahabat Gurnulis. Pada kesempatan ini penulis ingin berbagi struktur Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan PAUD, baik pada TK atau RA atau BA, KB, SPS, ataupun TPA. Kalau sahabat perlu literasi mengenai Kurikulum Merdeka ataupun profil pelajar Pancasila, sahabat dapat mengaksesnya pada tautan ini:
Mari kita sama-sama berliterasi.
 
Kurikulum merdeka pada satuan pendidikan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) strukturnya terdiri dari kegiatan pembelajaran intrakurikuler dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Kegiatan Pembelajaran Intrakurikuler pada Kurikulum Merdeka PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA)

Kegiatan pembelajaran intrakurikuler pada Kurikulum Merdeka PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) dirancang agar anak dapat mencapai kemampuan yang tertuang di dalam capaian pembelajaran. Intisari kegiatan pembelajaran intrakurikuler adalah bermain bermakna sebagai perwujudan “Merdeka Belajar, Merdeka Bermain”.
 
Kegiatan yang dipilih harus memberikan pengalaman yang menyenangkan dan bermakna bagi anak.  Kegiatan perlu didukung oleh penggunaan sumber-sumber belajar yang nyata dan ada di lingkungan sekitar anak. Sumber belajar yang tidak tersedia secara nyata dapat dihadirkan dengan dukungan teknologi dan buku bacaan anak.
 

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA)

Projek penguatan profil pelajar Pancasila bertujuan untuk memperkuat upaya pencapaian profil pelajar Pancasila yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak untuk PAUD). Penguatan profil pelajar Pancasila di PAUD dilakukan dalam konteks perayaan tradisi lokal, hari besar nasional, dan internasional. Pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila menggunakan alokasi waktu kegiatan di PAUD.
 

Alokasi Waktu Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA)

Bagaimana alokasi waktu pembelajaran PAUD? Alokasi waktu pembelajaran di PAUD usia 4 - 6 tahun paling sedikit 900 (sembilan ratus) menit per minggu. Alokasi waktu di PAUD usia 3 - 4 tahun paling sedikit 360 (tiga ratus enam puluh) menit per minggu.  

Referensi

Struktur Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA) berdasar kepada Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Sahabat Gurnulis dapat mengunduhnya pada tautan berikut. 
 

Penutup

Demikianlah bahasan mengenai struktur struktur Kurikulum Merdeka pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA), ya Sahabat Gurnulis. Semoga informatif. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Struktur Kurikulum Merdeka pada PAUD (TK/RA/BA, KB, SPS, TPA)"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel