Iklan Header

Unduh Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka

Unduh Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Kurikulum Merdeka.


Ulasan Modul Ajar

Halo Sahabat Gurnulis. Sebelumnya, pada tulisan "Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka" penulis telah membahas tentang modul ajar sebagai salah satu perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka. Sebagaimana yang telah kita ketahui, modul ajar ini memiliki fungsi yang sama dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI fase A Kurikulum Merdeka yang penulis sediakan unduhannya ini berisikan rancangan pembelajaran Seni Rupa untuk satu tujuan pembelajaran berdasarkan alur tujuan pembelajaran untuk fase A atau kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka digunakan untuk membantu pendidik lebih fleksibel dan kontekstual dalam mengajar dengan tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. Modul ajar ini dapat menjadi pilihan lain atau alternatif strategi pembelajaran.
 
Sebelum merancang sebuah modul ajar, pendidik perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut.
  • Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu, apakah merujuk pada buku teks saja sudah cukup atau perlu menggunakan modul ajar?
  • Jika membutuhkan modul ajar, apakah dapat menggunakan modul ajar yang telah disediakan, memodifikasi modul ajar yang  disediakan, atau perlu membuat modul ajar  baru?
Komponen minimum dari suatu modul ajar adalah sebagai berikut.
  • Tujuan pembelajaran (salah satu dari tujuan dalam alur tujuan pembelajaran).
  • Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran. Biasanya untuk satu tujuan pembelajaran yang dicapai dalam satu atau lebih pertemuan.
  • Rencana asesmen untuk di awal pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
  • Rencana asesmen di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
  • Media pembelajaran yang digunakan, termasuk, misalnya bahan bacaan yang digunakan, lembar kegiatan, video, atau tautan situs web yang perlu dipelajari peserta didik.
Secara lengkap, komponen modul ajar meliputi hal-hal berikut.
  • Informasi umum.
    • Identitas penulis modul.
    • Kompetensi awal.
    • Profil pelajar Pancasila.
    • Sarana dan prasarana.
    • Target peserta didik.
    • Model pembelajaran yang digunakan.
  • Komponen inti.
    • Tujuan pembelajaran.
    • Asesmen.
    • Pemahaman bermakna.
    • Pertanyaan pemantik.
    • Kegiatan pembelajaran.
    • Refleksi peserta didik dan pendidik.
  • Lampiran.
    • Lembar kerja peserta didik.
    • Pengayaan dan remedial.
    • Bahan bacaan pendidik dan peserta didik.
    • Glosarium Daftar pustaka.
Penulis telah menyisipkan link download Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka pada bagian deskripsi. Sahabat bisa mengunduh file-nya di sana.

Deskripsi Kumpulan Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Format
 : Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : Seni Rupa
Fase  : Fase A
Kelas  : Kelas 1
Kegiatan Pembelajaran
 : Kegiatan 1 sampai dengan Kegiatan 20
 
 

Bentuk Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Salah satu modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

MODUL AJAR SENI RUPA

INFORMASI UMUM
A.  Identitas Modul
Penyusun
 : Nama Guru
Instansi
 : SD Negeri Gurnulis
Tahun Penyusunan
 : Tahun 2022
Jenjang Sekolah
 : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
 : Seni Rupa
Fase/ Kelas
 : Fase A/ Kelas 1
Unit Pembelajaran
 : Unit 1
Kegiatan Pembelajaran
 : Kegiatan 1 - Seni di Sekitarku
Alokasi Waktu
 : Tatap Muka 1 (2 x 35 menit)
 
B. Kompetensi Awal
  • Peserta didik mampu berdiskusi mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni.

C. Profil Pelajar Pancasila
  • Kreatif: saya dapat menghasilkan karya dan tindakan yang original.
  • Mandiri: saya percaya diri dalam mengekspresikan idesaya melalui seni.

D. Sarana dan Prasarana
  • Lampu ruang kelas yang memadai.
  • Ruang kelas yang cukup luas.
  • Sumber Belajar:
    • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SD Kelas I Penulis: Dewi Miranti Amri dan Rizki Raindriati.
  • Alat Bahan:
    • Pensil/ krayon/ arang/ pulpen/ spidol dan lain-lain. Peserta didik dipersilahkan memilih dan mencoba alat yang berbeda saat berkreasi.
    • Guru dapat mempersiapkan beberapa benda artistik sebagai tambahan stimulus bagi peserta didik.

E. Target Peserta Didik
  • Peserta didik reguler/ tipikal.

F. Jumlah Peserta Didik
Minimal 15 peserta didik dan maksimal 25 peserta didik.

G. Model Pembelajaran
Model pembelajaran tatap muka, pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (PJJ Daring), pembelajaran jarak jauh luar jaringan (PJJ Luring), dan platform daring.

KOMPONEN INTI
A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
  • Elemen dan sub-elemen capaian.
    • Mengalami.
      • A.1. Mengalami, merasakan, merespon, dan bereksperimen dengan aneka sumber.
      • A.3 Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.
    • Menciptakan.
      • C.2 Memilih, menggunakan dan/atau menerapkan berbagai media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan tertentu.
  • Tujuan pembelajaran kegiatan.
    • Siswa mampu mengasosiasikan definisi “indah” atau “artistik” dari benda-benda di sekitarnya.
    • Siswa mampu mendokumentasikan hasil pengamatannya.
    • Siswa percaya diri dalam memilih alat dalam proses dalam berkreasi

B. Pemahaman Bermakna
  • Peserta didik akan mengeksplorasi cara menggunakan media yang tersedia (mungkin pensil, krayon, pensil warna, spidol, kapur atau media lainnya).

C. Pertanyaan Pemantik
  • Apa yang membuat kreasimu berbeda dengan kreasi orang lain?
  • Apa yang membuatmu memilih alat tertentu untuk membuat kreasi dari apa yang kamu amati?

D. Kegiatan Pembelajaran
Eksplorasi
  • Kegiatan ini merupakan pre-asesmen. Tanpa memberikan banyak arahan tentang elemen seni, guru dapat melihat seberapa jauh peserta didik sudah dapat mengekspresikan elemen seni ke dalam kreasinya.
  • Definisi “indah” atau “artistik” memiliki asosiasi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Pada kegiatan ini murid diajak untuk mengamati dengan lebih detail dan menemukan sisi artistik dari benda-benda di sekitarnya.
  • Dalam menggambar hasil pengamatan, alat yang digunakan bisa fleksibel. Pensil atau pulpen biasanya tersedia. Jika ingin memberikan kesempatan murid untuk mengeksplorasi berbagai alat lain, pastikan agar siswa memiliki waktu untuk mencoba atau untuk guru untuk memberikan model.
Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pembuka
  • Guru membuka pelajaran dengan mengucap salam dilanjutkan dengan doa bersama.
  • Guru melakukan apersepsi dan motivasi serta menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
  • Guru melakukan pengecekan kehadiran peserta didik.
2. Kegiatan Inti 
  • Ajak siswa untuk memilih benda yang artistik di sekitarnya.
  • Diskusikan dengan murid alasan mereka memilih benda tersebut.
  • Diskusikan definisi dari artistik berdasarkan benda-benda yang dipilih murid.
  • Ajak siswa untuk melihat elemen garis pada benda yang dipilihnya.
  • Murid menggambar hasil pengamatannya pada kertas.
3. Kegiatan Penutup 
  • Guru mengapresiasi seluruh pemaparan pengalaman aktivitas yang disampaikan oleh setiap peserta didik.
  • Guru memberikan klarifikasi atas seluruh pendapat yang disampaikan oleh peserta didik.
  • Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan kesimpulan yang didapat dari proses pembelajaran tentang aktivitas.
  • Setelah pembelajaran selesai, guru menutup pelajaran dan secara bergantian memberikan kesempatan kepada peserta didik lain untuk memimpin doa sebagai tanda berakhirnya pembelajaran.
Berpikir dan Bekerja Artistik
Gallery Walk
Para    siswa    mendisplay    gambar-gambarnya.    Berikan   kesempatan   untuk    mereka    saling memberikan pendapat atau pertanyaan.
Pertanyaan Esensial
  • Apa yang membuat kreasimu berbeda dengan kreasi orang lain?
  • Apa yang membuatmu memilih alat tertentu untuk membuat kreasi dari apa yang kamu amati?
  
E. Asesmen/ Penilaian
Penilaian
Penilaian dilakukan dengan cara mengevaluasi penguasaan pengetahuan atau keterampilan siswa dalam melalui karya yang dihasilkannya. Setiap karya diharapkan bersifat unik dan menunjukkan orisinalitas gagasan sesuai dengan karakter, kepribadian,minat, kemampuan dan konteks siswa. Guru hanya mengajarkan pengetahuan dan keterampilan. Siswa diberi keleluasaan untuk menerjemahkan pengetahuan dan keterampilannya ke dalam karya yang kemudian diapresiasi bersama.
 
Beberapa metode penilaian yang dapat digunakan adalah sebagai berikut.
  • Jurnal Visual/ Buku Sketsa. Jurnal Visual atau buku sketsa ini merupakan sarana siswa untuk mengumpulkan, menyimpan dan menuangkan ide-ide atau hasil eksperimennya dalam bentuk tulisan dan gambar. Guru dan orang tua dapat meninjau kembali proses berpikir dankreasi siswa melalui jurnal visualnya.
  • Portofolio. Portofolio merupakan sarana siswa untuk berlatih mendokumentasikan, merawat dan mengapresiasi karyanya. Melalui portofolio, siswa, orang tua dan guru dapat melihat perkembangan dan kemajuan siswa. Hasil pengamatan ini dapat digunakan sebagai informasi untuk merencanakan pembelajaran berikutnya agar menjadi efektif.
  • Proyek. Proyek merupakan sarana siswa melakukan penelitian, penyelidikan, eksplorasi dan/ atau eksperimen terhadap suatu topik yang nyata dan relevan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Proyek dapat dilakukan dalam kelompok kecil atau besar dengan pembagian peran kerja. Guru dapat menilai presentasi akhir proyek, laporan dan keterlibatan siswa.
  • Demonstrasi. Siswa menunjukan penguasaannya mengenai suatu topik atau kemampuannya mengerjakan suatu keterampilan tertentu di depan audiens tertentu (misalnya kelas, sekolah atau umum). Audiens dapat memberikan umpan balik terhadap tampilan tersebut.
  • Laporan. Siswa membuat laporan, esai atau bagan untuk menunjukkan pemahamannya mengenai suatu topik atau peristiwa tertentu.
  • Rubrik. Penilaian menggunakan rubrik atau tabel yang mencantumkan kriteria sukses tertentu.
  • Penilaian Pribadi atau Kelompok. Bersama dengan guru, siswa meninjau kembali karyanya/ karya temannya dengan menggunakan rubrik yang mencantumkan kriteria sukses yang jelas
 
F. Kegiatan Pengayaan dan Remedial
Remedial
Remedial diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang kepada siswa yang belum mecapai CP.

Pengayaan
Pengayaan dilakukan dengan cara berikut.
  • Mengajak peserta didik untuk menggunakan kosakata seni dalam mendeskripsikan garis yang digunakan dalam gambar.
  • Mengajak siswa untuk mencoba untuk mengamati orang dan menggambarnya. Bisa berpasangan dengan teman untuk menjadi model gambar.
 
Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru Gurnulis
 
LAMPIRAN
A. Lampiran Lembar Kerja Peserta Didik
Berisikan lembar kerja peserta didik.
 
B. Bahan Bacaan
Bacaan yang dapat digunakan guru adalah sebagai berikut.
Kata-kata apa saja yang Anda masukkan?
Kreativitas?
Apresiasi?
Keindahan?
Kepercayaan diri?
Kemanusiaan?
Sekarang, perlahan Anda akan membuka mata. Tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan. Bagaimana pengalaman Anda barusan?
Kami mengucapkan selamat apabila Anda merasa nyaman dengan pengalaman barusan. Kami juga mengucapkan selamat apabila Anda merasa tidak nyaman dengan pengalaman barusan karena Anda sudah berani mengambil resiko dan bersedia merasa tidak nyaman. Dua hal itu adalah langkah awal yang sangat baik menuju kreativitas.
Boks ini adalah bekal Anda untuk sepanjang tahun ajaran berikut. Setiap kali Anda merasakan kebuntuan atau kelelahan, buka kembali boks ini untuk mendapatkan energi dan ide-ide baru. Anda boleh mengganti isinya setiap saat Anda merasa mendapatkan ide atau pengalaman estetika baru yang menurut Anda lebih sesuai untuk disimpan.
Sekali lagi,
Kami mengucapkan selamat belajar dan berbagi bersama siswa-siswi Anda!

C. Karya Seni yang Dapat Dijadikan Referensi Visual
  • Karya lukisan Basoeki Abdullah: Siblings (1971).
  • Karya patung Dolorosa Sinaga: Sufi Dancer (2013).
  • Karya lukisan Yayoi Kusama: Pumpkin (1990).
  • Karya macrame Agnes Hansella: Mountain (Bali, 2020)

D. Glosarium
Mengenai aneka karya seni dan alasan mereka menciptakan karya seni.

E. Daftar Pustaka
  • Chapman, Laura H. 1985. Discover Art 2/ Teacher’s Edition. Massachusetts: Davis Publication Inc. 
  • Chapman, Laura H. 1987. Discover Art 1/ Teacher’s Edition. Massachusetts: Davis Publication Inc. 
  • Lowenfeld, Viktor dan W. Lambert Brittain. 1987. Creative and Mental Growth. New York: Macmillan. 
  • Wachowiak, Frank dan Robert D. Clements. 2001. Emphasis Art: A Qualitative Art Programfor.
  • Elementary and Middle Schools. Michigan: Longman. Wood, Chip. 1997. Yardsticks: Children in the Classroom Ages 4-14. USA: Northeast Foundation for Children.
 

Penutup

Demikianlah unduhan Kumpulan Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Tetap semangat untuk merdeka belajar. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Unduh Modul Ajar Seni Rupa Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel