Iklan Header

Unduh Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka

Unduh Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Kurikulum Merdeka.

Ulasan Modul Ajar

Halo Sahabat Gurnulis. Dalam tulisan "Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka" yang telah penulis telah bahas sebelumnya diterangkan bahwa modul ajar merupakan salah satu perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka. Modul ajar di sini memiliki fungsi yang sama dengan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran).

Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI fase A Kurikulum Merdeka yang penulis sediakan unduhannya ini isinya adalah rancangan pembelajaran. Rancangan pembelajaran Bahasa Inggris ini ditujukan untuk satu tujuan pembelajaran berdasarkan alur tujuan pembelajaran untuk fase A atau kelas 1 Sekolah Dasar. Modul ajar dalam Kurikulum Merdeka digunakan untuk membantu pendidik lebih fleksibel dan kontekstual dalam mengajar dengan tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. Modul ajar ini dapat menjadi pilihan lain atau alternatif strategi pembelajaran.
 
Sebelum merancang sebuah modul ajar, pendidik perlu mempertimbangkan beberapa hal berikut.
  • Untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran tertentu, apakah merujuk pada buku teks saja sudah cukup atau perlu menggunakan modul ajar?
  • Jika membutuhkan modul ajar, apakah dapat menggunakan modul ajar yang telah disediakan, memodifikasi modul ajar yang  disediakan, atau perlu membuat modul ajar  baru?
Komponen minimum dari suatu modul ajar adalah sebagai berikut.
  • Tujuan pembelajaran (salah satu dari tujuan dalam alur tujuan pembelajaran).
  • Langkah-langkah atau kegiatan pembelajaran. Biasanya untuk satu tujuan pembelajaran yang dicapai dalam satu atau lebih pertemuan.
  • Rencana asesmen untuk di awal pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
  • Rencana asesmen di akhir pembelajaran untuk mengecek ketercapaian tujuan pembelajaran beserta instrumen dan cara penilaiannya.
  • Media pembelajaran yang digunakan, termasuk, misalnya bahan bacaan yang digunakan, lembar kegiatan, video, atau tautan situs web yang perlu dipelajari peserta didik.
Secara lengkap, komponen modul ajar meliputi hal-hal berikut.
  • Informasi umum.
    • Identitas penulis modul.
    • Kompetensi awal.
    • Profil pelajar Pancasila.
    • Sarana dan prasarana.
    • Target peserta didik.
    • Model pembelajaran yang digunakan.
  • Komponen inti.
    • Tujuan pembelajaran.
    • Asesmen.
    • Pemahaman bermakna.
    • Pertanyaan pemantik.
    • Kegiatan pembelajaran.
    • Refleksi peserta didik dan pendidik.
  • Lampiran.
    • Lembar kerja peserta didik.
    • Pengayaan dan remedial.
    • Bahan bacaan pendidik dan peserta didik.
    • Glosarium Daftar pustaka.
Penulis telah memberikan link download Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka pada bagian deskripsi. Sahabat bisa mengunduh file-nya di sana. Sahabat harus jeli tentunya.

Deskripsi Kumpulan Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Format
 : Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : Bahasa Inggris
Fase  : Fase A
Kelas  : Kelas 1
Bab Pembelajaran
 : Bab 1 sampai dengan Bab 7
 
 

Bentuk Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Salah satu modul ajar Bahasa Inggris Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

MODUL AJAR BAHASA INGGRIS

INFORMASI UMUM
A.  Identitas Modul
Penyusun
 : Nama Guru
Instansi
 : SD Negeri Gurnulis
Tahun Penyusunan
 : Tahun 2022
Jenjang Sekolah
 : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
 : Bahasa Inggris
Fase/ Kelas
 : Fase A/ Kelas 1
Unit Pembelajaran/ Tema
 : Unit/ How are you?
Alokasi Waktu
 : 6 Minggu (2 x 35 menit)
 
B. Kompetensi Awal
  • Peserta didik dapat menyapa temannya dengan ramah.
  • Peserta didik mampu menyapa orang tua dan guru dengan sopan.

C. Profil Pelajar Pancasila
  • Beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia.
  • Kebhinekaan global.
  • Mandiri.
  • Bergotong royong.
  • Kreatif.

D. Sarana dan Prasarana
  • Alat Pembelajaran:  komputer/ laptop, jaringan internet, proyektor.
  • Sumber Belajar: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru dan Buku Siswa, Bahasa Inggris untuk SD Kelas 1 Penulis: Lala Intan Gemala, dkk).
  • Lampu ruang kelas yang memadai.
  • Ruang kelas yang cukup luas.

E. Target Peserta Didik
  • Peserta didik reguler/ tipikal.

F. Jumlah Peserta Didik
Minimal 15 peserta didik dan maksimal 25 peserta didik.

G. Model Pembelajaran
Model pembelajaran tatap muka.

KOMPONEN INTI
A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
  • Menyimak - berbicara.
    • Peserta didik menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan, memberikan informasi diri, mengucapkan salam dan selamat tinggal.
    • Peserta didik merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana.
    • Peserta didik memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosa kata sederhana.
    • Peserta didik menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi.
  • Tujuan pembelajaran kegiatan.
    • Pada pembelajaran ini peserta didik mampu menyebutkan sapaan kepada teman-teman, orang tua, dan guru menggunakan bahasa tubuh yang baik dengan ramah dan tepat.

B. Pemahaman Bermakna
  • Good morning.
  • Good afternoon.
  • Good evening.
  • Goodbye.
  • How are you? I am fine. I am okay.

C. Pertanyaan Pemantik
  • Apa arti kata how are you dalam bahasa Indonesia.

D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Pembukaan
  • Mengucapkan salam.
  • Berdoa menurut keyakinan masing-masing.
  • Mengecek kehadiran.
  • Mengkondisikan/ mengatur ruang kelas disertai pembiasaan nilai disiplin, agar pelajar tertib mengikuti proses pembelajaran.
Kegiatan Inti
Prosedur Kegiatan: 1. Look and say
  • Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk mengamati gambar-gambar yang terdapat pada halaman 2 sampai 5, yaitu gambar suasana pagi hari, siang hari, dan sore hari.
    • Look at the picture on page 2, (sesuai halaman yang sedang diamati).
    • Tell me what do you see on that picture?
    • We have 2 friends here. They are Cici and Aisyah. 
    • Here is in the morning. They do excercising in school yard.
  • Guru mengucapkan kosa kata baru yang tertulis pada halaman 2.
  • Guru meminta peserta didik untuk menirukan kata yang diucapkannya. Contoh:
    • Guru: Let's say, "good morning, repeat after me, good morning."
    • Peserta didik: "Good morning."
  • Peserta didik menirukan ucapan-ucapan sapaan, sesuai dengan waktu yang terlihat pada masing-masing gambar dengan bantuan guru, menggunakan intonasi dan bahasa tubuh dengan tepat.
  • Guru juga memberikan instruksi yang sama seperti halaman sebelumnya untuk kegiatan pada halaman berikutnya, yaitu halaman 3 sampai 5.
  • Guru dapat mengulang-ulang kosa kata sapaan tersebut dengan intonasi dan ekspresi yang benar.
  • Guru menunjuk beberapa peserta didik untuk maju ke depan kelas sebagai model yang akan mempraktekan bagaimana menyapa dengan ramah, sopan dan percaya diri.
  • Guru dapat menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu dalam pemahaman konsep, seperti ilustrasi gambar matahari dan bulan untuk menunjukan waktu yang berbeda-beda. Contoh:  
    • Guru menyapa: "Hello".
    • Peserta didik: "Hello".
    • Gambar setengah matahari yang muncul dipermukaan bukit, "Good morning".
    • Peserta didik: "Good morning".
    • Gambar matahari yang penuh dengan sinarnya: "Good afternoon".
    • Peserta didik: "Good afternoon".
    • Gambar matahari yang terbenam atau bulan yang muncul dengan menuliskan pukul 7 pada waktu malam hari: "Good evening".
    • Peserta didik: "Good evening".
    • Guru menjauh seakan pergi dari peserta didik sambil melambaikan tangan: "Goodbye".
    • Peserta didik: "Goodbye".
  • Guru menginstruksikan siswa untuk mengucapkan sapaan sesuai dengan gambar-gambar yang ditunjukan guru pada media pembelajaran. Contoh:
    • Instruksi "Look at on the pictures".
    • Setengah matahari yang Nampak dari balik bukit: "Good morning".
    • Matahari yang penuh dan bersinar: "Good afternoon".
    • Gambar matahari terbenam: "Good evening".
    • Tangan melambai sambil beranjak pergi: "Goodbye".
  • Guru menginstruksikan peserta didik untuk berpasangan dengan teman sebangkunya dan mengucapkan sapaan sesuai waktu pada saat itu. 
    • "Good morning".
    • "Good afternoon".
Prosedur Kegiatan: 2. Listen and say
  • Guru mengulang kembali ucapan sapaan yang telah dipelajari. Contoh:
    • Guru: "Hello".
    • Peserta didik: "Hello".
    • Guru (menggambar setengah matahari di papan tulis): Good morning.
    • Peserta didik: "Good morning".
    • Guru (menggambar matahari penuh di papan tulis): Good afternoon.
    • Peserta didik: "Good afternoon".
    • Guru (menggambar bulan sabit di papan tulis): Good evening.
    • Peserta didik: "Good evening".
    • Guru (menjauh seakan pergi dari peserta didik sambil melambaikan tangan): Goodbye.  
    • Peserta didik: "Goodbye".
  • Guru mengajak peserta didik memperhatikan gambar pada halaman 6. Contoh instruksi:
    • Look at page 6, what can you see on page 6? There are two girls. They are Aisyah and Cici.
  • Guru memberi contoh mengucapkan percakapan pada halaman 6 dengan intonasi yang tepat dan peserta didik menirukan. Contoh:
    • Cici says: Hi, Aisyah. How are you? (repeat after me). Aisyah: I am fine.
  • Guru member instruksi yang serupa dengan nomer 2 dan 3 untuk halaman 7-10.
Prosedur Kegiatan: 3. Greet your classmates
  • Guru menunjuk beberapa peserta didik dan menyapanya. Contoh:
    • Guru: "Hi, How are you?"
    • Peserta didik: "I am fine."
  • Guru menjelaskan bahwa saat ini peserta didik akan belajar menyapa teman. Contoh kalimat guru:
    • "Ok children. Today we are going to say greetings to friends, to say hello and how are you?"
  • Guru memberi instruksi pada peserta didik untuk mengamati halaman 11. Contoh instruksi:
    • "Open page 11!"
  • Guru memberi contoh untuk membaca percakapan pada halaman 11 dan meminta peserta didik untuk menirukan. Contoh instruksi:
    • Say after me.
  • Guru dapat mengulang penggunaan kata sapaan menggunakan contoh boneka lucu untuk sapaan "How are you? I am good", "I am fine" atau "Ok" dengan intonasi dan bahasa tubuh yang tepat.
  • Guru mengajak 2 peserta didik maju ke depan sebagai model untuk berpasangan.
  • Guru mengucapkan kalimat sapaan dan kedua peserta didik menirukan sapaan tersebut bergantian.Ucapan sapaan tersebut dapat diulang-ulang.
  • Guru menginstruksikan peserta didik yang telah ditunjuk untuk mengulang saling menyapa seperti yang telah dicontohkan oleh guru.
  • Guru memberi instruksi agar peserta didik berpasangan dan peserta didik mempraktikkan kalimat sapaan seperti yang telah dicontohkan oleh temannya di depan kelas. Contoh
    • Instruksi: Find a friend to say "How are you?" like your friend.
    • Cici: "How are you Aisyah?"
    • Aisyah: "I am ok.
Prosedur Kegiatan: 4. Let's play game 
  • Guru memberitahukan peserta didik hari ini akan bermain dengan bola.  Contoh kalimat untuk guru:  "Hi, children. Today I bring a ball. Let's play with ball. Do you want it?"
  • Guru mengajak satu peserta didik maju ke depan sebagai model untuk memainkan lempar tangkap bola.
  • Guru mencontohkan dengan melempar bola sambil mengucapkan satu kalimat sapaan. Contoh kalimat guru untuk peserta didik:
    • Guru (melempar bola): "Hello, Good morning?"
    • Peserta didik (menangkap bola): "Good morning, miss."
  • Peserta didik dibentuk 5 kelompok untuk bermain lempar tangkap bola sambil saling menyapa dan bertanya seperti contoh yang diberikan.
  • Kegiatan ini dapat diulang untuk menambah pemahaman peserta didik.
Prosedur Kegiatan: 5. Let's do a survey
  • Guru menyampaikan bahwa peserta didik akan melakukan survei pada halaman 13. Contoh instruksi:  "Boys and girls. Now we are going to do a survey. Look at the example, How to do it?".
  • Guru memberi contoh tabel halaman 13 di papan tulis dengan menunjuk 5 orang peserta didik ke depan kelas.
  • Guru memberikan contoh mengucapkan sapaan Good morning, hello, good bye, how are you? I am fine ataupun I am ok pada 5 orang peserta didik tersebut. Contoh:
    • Guru: "Good morning."
    • Peserta didik: "Good morning."
    • Guru: "Tick the table on page 13!"
  • Guru memberi contoh menuliskan centang pada tabel di papan tulis sesuai sapaan yang diucapkan.
  • Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk mencari 5 orang teman di kelasnya. Contoh kalimat guru untuk peserta didik:
    • "Open page 13 and use your pencil. Find 5 friends."Say greeting to your friends.  And put a tick in the table on page 13!"
  • Peserta didik saling menyapa dan bertanya secara bergantian dengan jawaban yang benar dan memberi tanda centang (3) yang menunjukkan bahwa peserta didik dapat melakukannya.
Prosedur Kegiatan: 6. Listen to the story 
  • Guru menyampaikan kepada peserta didik bahwa guru akan bercerita. Contoh kalimat guru: "I have story. Do you want to listen it?"
  • Peserta didik mendengarkan cerita guru yang diberikan. Contoh cerita guru: 
    • On Wednesday morning, Made has sport time. Bu Rahma comes to the class with a teacher. He is Pak Togar, a sport teacher.
    • Bu Rahma says: "Good morning children?"
    • Children: "Good morning bu."
    • Bu Rahma: "This is Pak Togar, your sport teacher.
    • Pak Togar: "Morning children"
    • Children: "Morning Pak"
    • Pak Togar: "Ok, now we have sport class. Let's go to school yard. Let's have sport"
    • Children : "Hooray"
  • Guru dapat memberikan pertanyaan sederhana berdasarkan isi cerita. Contoh pertanyaan guru:  
    • "Who is the sport teacher, (Pak Hasan or Pak Togar)?"
    • "Is pak Togar sport teacher, yes or no?"
  • Pada kegiatan selanjutnya guru mengajak peserta didik untuk mempraktikkan di luar kelas. 
Prosedur Kegiatan: 13. My new words
Pada tahapan ini guru mengajak peserta didik untuk menyebutkan kembali semua kosakata sapaan yang telah dipelajari dengan benar dan tepat.
Kegiatan Penutup
  • Siswa menjawab pertanyaan dari guru seputar hal apa yang menarik bagi mereka selama proses pembelajaran hari tersebut. Pertanyaan:
    • Good morning. Good afternoon.
    • Good evening. Goodbye.
  • Siswa mengungkapkan perasaannya mengenai proses pembelajaran yang telah dilakukan. Pertanyaan:
    • How are you?
  • Siswa yang mendapat giliran memimpin doa untuk menutup proses pembelajaran.
  • Siswa mengucapkan salam dan terima kasih, kemudian bersama dengan guru saling mengucapkan selamat berpisah
 
E. Asesmen/ Penilaian
Penilaian
Penilaian dilakukan untuk menilai keterampilan berbicara peserta didik dengan aspek kelancaran berbicara, ketuntasan, dan pelafalan.
 
Aspek kelancaran berbicara indikator penilaiannya adalah sebagai berikut.
  • Skor 1 apabila jeda lama dalam berkomunikasi.
  • Skor 2 apabila sedikit jeda dalam berkomunikasi.
  • Skor 3 apabila dapat berkomunikasi tanpa jeda yang lama
Aspek ketuntasan indikator penilaiannya adalah sebagai berikut.
  • Skor 1 apabila kesulitan berkomunikasi.
  • Skor 2 apabila sedikit kesulitan berkomunikasi.
  • Skor 3 apabila dapat berkomunikasi dengan baik.
Aspek pelafalan indikator penilaiannya adalah sebagai berikut.
  • Skor 1 apabila kesulitan melafalkan kosakata.
  • Skor 2 apabila sedikit kesulitan melafalkan kosakata.
  • Skor 3 apabila lancar melafalkan kosakata.
 
F. Kegiatan Pengayaan dan Remedial
Pengayaan
Pengayaan berisi informasi tentang kegiatan pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk siswa yang memiliki minat tinggi terhadap topik/ kegiatan pembelajaran atau memperlihatkan penguasaan kompetensi yang lebih tinggi dibanding kompetensi yang sedang dipelajari. Kegiatan pengayaan dilakukan dengan memilih satu satu kegiatan berikut.
  1. Kegiatan pengamatan aktifitas yang sesuai dengan children are able to greet their friends in a friendly manner and children are able to greet parents and teachers politely.
  2. Kegiatan pendampingan dengan peserta didik lain yang belum menguasai penerapan children are able to greet their friends in a friendly manner and children are able to greet parents and teachers politely.

Remedial
Remedial berisi informasi tentang kegiatan pembelajaran untuk peserta didik yang ingin memperkuat pemahaman pada kompetensi sebelum kompetensi yang sedang di pelajari atau untuk peserta didik yang memperlihatkan penguasaan kompetensi yang lebih rendah dibanding kompetensi yang sedang dipelajari. Kegiatan remedial dilakukan melalui kegiatan:
  1. Mengikuti kegiatan penguataan konsep penerapan yang sesuai dengan children are able to greet their friends in a friendly manner and children are able to greet parents and teachers politely.
  2. Peserta didik setelah itu melakukan tutor sebaya dengan teman yang sudah mencapai tujuan pembelajaran
 
Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru Gurnulis
 
LAMPIRAN
A. Lampiran Lembar Kerja Peserta Didik
Berisikan lembar kerja peserta didik.
 
B. Refleksi Peserta didik dan Guru
Refleksi guru adalah sebagai berikut.
  • Bagaimanakah reaksi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran pada unit ini?
  • Apakah yang menjadi kendala dalam pembelajaran pada unit ini?
  •  Bagaiamana pencapaian Keberhasilan dalam pembelajaran unit ini?
  • Apa poin penting yang menjadi catatan dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran pada unit ini?
  • Satu kata atau kalimat yang menggambarkan pencapaian pembelajaran pada unit ini? 
Refleksi peserta didik adalah sebagai berikut.
  • Apakah saya merasa senang mendapatkan teman baru?
  • Apakah saya merasa senang melakukan permainan tangkap bola dan perkenalan?
  • Apakah saya telah mempelajari kata sapaan?
  • Apakah saya bisa menyapa teman, guru, dan orang tua?
  • Apakah saya bisa menjawab sapaan teman, guru, dan orang tua?

D. Glosarium
  • Children are able to greet their friends in a friendly manner (anak dapat menyapa temannya dengan ramah).
  • Children are able to greet parents and teachers politely (anak mampu menyapa orang tua dan guru dengan sopan).
  • Good morning, good afternoon (selamat pagi, sore).
  • Good evening, goodbye (selamat malam, selamat tinggal).
  • How are you? I am fine. I am Ok. (Apa kabarmu? Saya baik-baik saja. Saya baik-baik saja).
E. Daftar Pustaka
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Buku Panduan Guru dan Siswa My Next Words untuk SD Kelas I , Penulis: Lala Intan Gemala, dkk (ISBN: 978-602-244-512-8 (jil.1)).
  • Sumber lainnya yang relevan.
 

Penutup

Demikianlah unduhan Kumpulan Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Tetap semangat untuk merdeka belajar. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Unduh Modul Ajar Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel