Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik untuk Berhitung

Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik Untuk Berhitung, www.gurnulis.id
Lembar mewarnai hitungan untuk kelas satu Sekolah  Dasar, cara yang asyik untuk menguji penguasaan materi operasi hitung sederhana
Sahabat gurnulis, apakah sahabat sedang mencari-cari media yang asyik untuk menguji kemampuan berhitung anak-anak pada kelas bawah, khususnya kelas satu Sekolah Dasar? Kalau iya, alhamdulillah sahabat menemukan tempat yang tepat. Penulis mempunyai ide yang menarik untuk mengajak anak-anak mengerjakan operasi hitung. Pada artikel kali ini, penulis mengangkat media pembelajaran yang berupa lembar mewarnai hitungan. Oh ya, seperti biasa sebelum masuk ke bahasan artikel, penulis selalu mengingatkan topik-topik terkait yang tidak kalah menariknya untuk dibaca. Kalau sahabat pendidik belum membaca tentang Rodali, media untuk menghafal perkalian, sahabat bisa membacanya terlebih dahulu. Dijamin, media tersebut pasti sangat menarik!
 
Matematika sebagi mata pelajaran eksakta seringkali harus diajarkan dengan cara-cara yang menyenangkan agar mudah diterima oleh peserta didik. Tidak dapat dipungkiri bahwa kerumitan materi yang terdapat pada mata pelajaran ini sering menimbulkan kebosanan pada diri mereka. Tidak sedikit keluhan keluar dari lisan mereka akan kebosanan tersebut.
 
Pada kelas bawah, tepatnya kelas satu Sekolah Dasar, materi pembelajaran Matematika yang paling krusial adalah materi operasi hitung sederhana yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan. Konsep penjumlahan dan pengurangan ini dimulai dari peragaan dengan benda konkter, kemudian diarahkan pada pengabstrakan yang melibatkan hafalan. Setelah menguasai hafalan, barulah dilaksanakan pengujian.
 
Ketika sampai pada tahap pengujian penguasaan materi, tidak menutup kemungkinan peserta didik menjadi bosan dengan soal-soal yang tertuang. Kebosaan ini terjadi karena terlalu monotonnya desain lembar ujian. Bayangkan, bagaimana rasanya begelut dengan satu lembar kertas yang berisi angka-angka tanpa ada bentuk yang menarik perhatian?
 
Berawal dari tantangan tersebut, singkat cerita penulis meramban dunia maya untuk mencari referensi teknik pembelajaran operasi hitung sederhana yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan bagi anak-anak Sekolah Dasar. Penulis terdampar pada sebuah blog milik pendidik Polandia.  Blog tersebut bernama 123kidsfun. Blog 123kidsfun merupakan blog yang mengembangkan pembelajaran yang menyengkan bagi anak-anak dalam bentuk permainan dan lembar kerja. Kalau sahabat pendidik ingin berkunjung, bolehlah berkunjung ke sana. Nantinya kita akan tahu betapa bagusnya kreasi guru-guru di sana.
 
Dari blog tersebut, penulis mendapatkan informasi cara menguji penguasaan materi operasi hitung sederhana. Tekniknya adalah dengan menggunakan media lembar kerja mewarnai hitungan. Peserta didik diminta untuk menentukan hasil dari operasi hitung, namun hasilnya dinterpretasikan dalam warna-warna tertentu. Sahabat pendidik penasaran dengan media lembar kerja tesebut? Daripada penasaran, yuk simak contoh-cotohnya di bawah ini. Penulis menyematkan pernyataan “Didistribusikan oleh Gurnulis (www.gurnulis.id)” untuk memudahkan sahabat pendidik mengakses blog ini. Lembar kerja tersebut sepenuhnya adalah milik blog 123kidsfun, penulis hanya mengunggah ulang dan menyebarkannya kepada para pendidik di tanah air.
 
Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik Untuk Berhitung, www.gurnulis.id
 
 
Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik Untuk Berhitung, www.gurnulis.id
 
Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik Untuk Berhitung, www.gurnulis.id
 
Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik Untuk Berhitung, www.gurnulis.id
 
Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik Untuk Berhitung, www.gurnulis.id
 
Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik Untuk Berhitung, www.gurnulis.id
Bagaimana sahabat pendidik? Sangat bagus bukan? Sahabat boleh memiliki lembar kerja tesebut. Caranya cukup klik pada tautan pengunduhannya. Sekali lagi lembar kerja ini bukan milik penulis ya. Penulis hanya membantu menyebarluaskannya.
 
Dengan adanya media ini, peserta didiknya pastinya akan merasa senang ketika menghadapi ujian. Keuntungannya dalam satu proses pembelajaran ada dua kompetensi yang dikuasai sekaligus oleh peserta didik, yaitu kompetensi pengerjaan operasi hitung sederhana dan kompetensi seni rupa.
 
Berikut penulis bagikan cara penggunaannya.
  1. Cetak terlebih dahulu dengan bantuan printer bentuk PDF dari lembar kerja mewarnai hitungan yang telah diunduh.
  2. Bagikan lembar kerja kepada peserta didik.
  3. Peserta didik diminta mewarnai gambar pada lembar kerja sesuai dengan hasil operasi hitungnya. Pedoman pewarnaan dapat dilihat pada bagian bawah lembar kerja.
  4. Hasil pengerjaan peserta didik dinilai berdasarkan dari hasil pewarnaan.
 
Nah sahabat pendidik, apakah sahabat pendidik merasa terinspirasi untuk menggunakan media lembar mewarnai hitungan ini dalam pembelajaran? Ayo sampaikan pada kolom komentar di bawah ini. Pada awal pengabdian, penulis mengabdikan diri mengajar di kelas satu. Kalau menurut penulis pribadi, peserta didik pasti sangat menyukai aktivitas berhitung sambil mewarnai seperti ini.
 
Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

4 Komentar untuk "Lembar Mewarnai Hitungan, Media Asyik untuk Berhitung"

  1. pernah menerapkan media serupa tapi yg bikin illfeel tuh, gambarnya di kasih warna solid...wkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe benar Bu. Saya pun pernah mengalaminya.

      Hapus

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel