Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)
Soal-soal AKM literasi teks informasi level 3 untuk kelas 5 dan kelas 6 Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyyah

Assalamualaikum sahabat Gurnulis, salam mendidik! Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM akhir-akhir ini menjadi bahasan yang cukup hangat di kalangan pendidik ya. Para pendidik mencari-cari kumpulan soal AKM untuk mempersiapkan peserta didiknya menghadapi ujian AKM. Menanggapi hal ini, penulis berinisiatif untuk membagikan soal-soal tersebut. Oh ya, sebelumnya penulis sudah membagikan kumpulan soal AKM litersi teks fiksi level 3 ya. Sahabat boleh membacanya terlebih dahulu. Sahabat pendidik tidak usah khawatir akan tertimpanya artikel ini dengan artikel tersebut karena artikel tersebut akan terbuka pada tab baru di peramban yang digunakan.

Penulis ingin mengingatkan tentang AKM ya, sahabat pendidik. AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Apakah sahabat pendidik sudah memahami pengertian Asesmen Nasional? Ya, Asesmen Nasional atan AN merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional sejatinya adalah program penilaian terhadap mutu setiap  sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

AKM yan penulis bahas kali ini adalah AKM pada literasi teks informasi. Literasi teks informasi merupakan literasi pada teks yang  bertujuan untuk memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah. Jenis teks informasi yang digunakan pada AKM adalah iklan, dokumen perusahaan atau pemerintahan (nota dinas, undangan, kontrak, pemberitahuan, pengumuman, dan sebagainya), berita, artikel, laporan, pidato, buku pelajaran, pamflet, brosur, buletin, infografis, label (makanan atau obat), resep (makanan atau minuman), ulasan (resensi buku, film, atau drama), jurnal ilmiah, laporan penelitian ilmiah, buku panduan, dan editorial.

Penulis telah panjang lebar menjabarkan AKM maupun AN pada artikel-artikel sebelumnya. Sahabat dapat mengaksesnya pada daftar tautan-tautan berikut.

Soal-soal AKM yang terdapat pada artikel ini berasal dari laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyuntingnya menjadi dua bagian, yaitu bagian bacaan dan bagian soal. Hal ini tentunya akan mengurangi kenyamanan. Untuk mendapatkan versi PDF-nya, sahabat dapat meng-klik tautan unduhan di akhir tulisan. Jadi, mohon disimak baik-baik ya. Versi PDF lebih teratur susunan soalnya.

 

Bahan Bacaan Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan Kelas 6)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2!
Kuda Laut
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)
Kuda laut merupakan hewan laut yang memiliki kepala seperti bentuk kepala kuda dan moncong yang panjang. Ukuran tubuh kuda laut juga bervariasi, bisa mencapai sekitar 35 cm. Meskipun merupakan hewan laut, kuda laut ini buruk dalam berenang. Ia memiliki kecepatan berenang sangat lambat. Ini disebabkan oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak. Keunikan tubuhnya yang tegak juga membuat ia berenang secara vertikal, bukan horisontal seperti ikan lainnya. Selain keunikan pada tubuhnya, kuda laut juga ternyata memiliki cara berkembang biak yang unik.
 
Kuda laut betina meletakkan telur-telurnya ke dalam kantung yang terletak di perut kuda laut jantan. Kuda laut jantan juga membawa telur-telur itu ke mana pun ia pergi. Setelah beberapa lama, tibalah waktunya melahirkan. Kuda laut jantan membuka kantung di perutnya, kemudian ratusan bayi kuda laut berhamburan ke laut. Sayangnya, dalam ratusan kelahiran bayi kuda laut, hanya beberapa saja dapat bertahan hidup hingga dewasa dan berkembang biak. Populasi kuda laut terus menurun akibat pemangsa, polusi, perusakan habitat, dan perdagangan secara ilegal.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 3, 4, dan 11!
Bekantan Monyet Berhidung Merah
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)
Salah satu hewan asli yang berasal dari Kalimantan adalah bekantan. Bekantan merupakan jenis monyet dengan hidung besar yang besar dan memiliki rambut berwarna cokelat kemerahan. Ciri utama yang membedakan bekantan dari monyet lainnya adalah hidung panjang dan besar. Ciri utama ini  hanya ditemukan pada bekantan spesies jantan. Hidung bekantan jantan begitu besar yang terlihat menggantung di atas mulut. Jika ingin makan,  si jantan ini harus mendorong hidungnya keluar dari mulut agar dapat meletakkan makanan ke dalam mulut mereka.
 
Bekantan jantan berukuran lebih besar daripada bekantan betina. Ukuran bekantan jantan dapat mencapai 75 cm dengan berat mencapai 24 kg, sedangkan bekantan betina berukuran 60 cm dengan berat 12 kg. Makanan bekantan adalah buah-buahan dan biji-bijian. Selain itu, bekantan memakan aneka daun-daunan. Namun, makanan daun-daunan ini  menghasilkan banyak gas pada waktu dicerna. Ini mengakibatkan efek samping yang membuat perut bekantan jadi membuncit.
 
Saat ini, populasi bekantan menurun drastis. Hal tersebut disebabkan  perburuan liar yang dilakukan oleh manusia. Selain itu, hutan tempat bekantan tinggal juga rusak karena penebangan hutan. Pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal bekantan berkurang sehingga bekantan tergusur. Para bekantan tersebut kerap mendatangi perkampungan manusia untuk mencari makan.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 5, 9, 16, 17, dan 26.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 6, 7, 12, 18, 19, 20, dan 21!
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 8, 13, 14, 22, dan 23!
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 10 dan 24!
Di perkotaan, anak-anak dengan mudah dapat bersekolah sampai jenjang pendidikan yang setinggi-tingginya. Namun, tidak demikian bagi anak-anak yang berada di pedesaan dan di pelosok negeri. 
 
Simak tiga cuplikan berikut dari Buku Laskar Pelangi, yang ditulis oleh Andrea Hirata. Buku ini mengisahkan tentang anak-anak dari keluarga penambang yang miskin di Pulau Belitong. Mereka sekolah di sebuah sekolah dasar yang gedungnya sudah tidak layak pakai. Di bab satu, Andrea Hirata langsung menyuguhkan konflik yang menarik seputar persoalan pendidikan yang ada di negeri ini.  
 
Teks 1:
“Hari itu adalah hari yang agak penting: hari pertama masuk SD. Di ujung bangku-bangku panjang tadi ada sebuah pintu terbuka. Kosen pintu itu miring karena seluruh bangunan sekolah sudah doyong seolah akan roboh.”
(Sumber: Bab 1, halaman 1, Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)
 
Teks 2:
“Aku cemas… karena beban perasaan  ayahku menjalar ke sekujur tubuhku…Aku tahu beliau sedang gugup dan aku maklum bahwa tak mudah bagi seorang pria berusia empat puluh tujuh tahun, seorang buruh tambang yang beranak banyak dan bergaji kecil, untuk menyerahkan anak laki-lakinya ke sekolah. Lebih mudah menyerahkannya pada tauke pasar pagi untuk jadi tukang parut atau pada juragan pantai untuk menjadi kuli kopra agar dapat membantu ekonomi keluarga.”
(Sumber: Bab 1, halaman 2, Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)
 
Teks 3:
“Keluarga Lintang berasal dari Tanjong Kelumpang, desa nun jauh di pinggir laut. Menuju ke sana harus melewati empat Kawasan pohon nipah, tempat berawa-rawa yang dianggap seram…. Selain itu di sana juga tak jarang buaya sebesar pangkal pohon sagu melintasi jalan. Kampung pesisir itu secara geografis dapat dikatakan sebagai wilayah paling timur di Sumatra, daerah minus nun jauh masuk ke pedalaman Pulau Belitong.”
(Sumber: Bab 2, halaman 11, Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 15, 25, 26, 27, dan 30.
Robot Pemadam Kebakaran
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)
Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta sekarang memiliki robot canggih. Robot itu disebut Dok-Ing MVF-3. Bentuknya seperti mobil. Fungsinya memudahkan pekerjaan para petugas pemadam kebakaran. Robot ini telah diuji coba di Pusdiklatsar Ciracas, Jakarta pada hari Kamis tanggal 6 Februari 2020.

Robot ini dikendalikan dari jarak 1,5 km dengan menggunakan pengendali jarak jauh. Cara tersebut memudahkan petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau atau berbahaya. Kebakaran yang terjadi di area pabrik, SPBU, atau tempat-tempat berbahan kimia lainnya dapat diminimalisasi dengan robot Dok-Ing MVF-3. Dengan robot Dok-Ing MVF-3, api akan lebih mudah dipadamkan dan potensi ledakan yang dihasilkan dari bahan-bahan kimia dapat dimimalisasi.

Robot canggih ini dilengkapi dengan GPS dan kamera. Kamera yang digunakan adalah kamera anti air dan kuat dalam berbagai kondisi. Sang operator dapat memantau keadaan robot tersebut dengan menggunakan GPS dan melihat kawasan yang sedang dipadamkan melalui kamera.

Robot ini sangat kuat. Dia dapat menampung 2500 liter air dan 500 liter busa. Robot ini bisa menyemprotkan air sejauh 55 meter dan menyemprotkan busa sejauh 45 meter. Beban yang dapat ditariknya adalah 5 ton, beban yang dapat didorong mencapai 10 ton.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 28!
Teks 1.
Indonesia adalah negara penghasil sampah makanan terbesar kedua di dunia. Setiap tahun sekitar 300 kg makanan dibuang setiap orang di Indonesia. Bayangkanlah tumpukan 4.000 kulit pisang. Seperti itu timbunan sampah makanan kita setiap tahun. Jumlah makanan yang terbuang itu bisa memberi makan jutaan orang di negara ini. Padahal, masih ada jutaan anak Indonesia yang menderita kelaparan dan gizi buruk. Salah satu sebab berlimpahnya limbah makanan adalah perilaku kurang bijak. Masih banyak orang Indonesia yang tidak menghabiskan makanannya atau membiarkan makanan hingga kadaluarsa. Kita harus mengubah sikap.
 
Teks 2.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 29, 31, dan 32!
Berani Berubah
 
Bertahun-tahun lalu, Abdul Aziz sama seperti nelayan lainnya di tempatnya tinggal, Desa Wongsorejo, Banyuwangi. Ia menangkap berbagai ikan hias cantik yang selanjutnya dijual kepada pengepul. Namun, suatu hari Abdul Aziz menangis melihat terumbu karang, tempatnya biasa menangkap ikan hias, hancur lebur. Dasar laut tampak seperti sumur dan banyak ikan hias yang mati. Ini terjadi akibat penggunaan bom dan racun untuk menangkap ikan hias. Abdul Aziz bertekad untuk tidak merusak terumbu karang lebih lanjut.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Abdul Aziz dan beberapa teman nelayan lainnya lalu mendapat tawaran untuk mengelola objek wisata Watudodol di Jawa Timur. Tawaran ini tentu saja mereka terima dengan senang hati. Mereka mendapat dukungan dan bantuan dari berbagai pihak untuk urusan perizinan dan tata cara kelola tempat wisata. Kerja sama mereka membuat Watudodol menjadi lokasi wisata yang nyaman untuk dikunjungi.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 33
Poster
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 34! 
Uniknya Burung Scarlet Ibis
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Burung Scarlet Ibis adalah burung yang hidup di pulau-pulau tropis Karibia, Amerika Selatan.

Ukuran burung ini cukup besar, panjang tubuhnnya mencapai 70 cm dan beratnya sekitar 700-900 gram.

Seperti burung lain yang hidup di dekat perairan, burung Scarlet Ibis memiliki paru panjang melengkung untuk mencari makan di lumpur.

Bulu burung Scarlet Ibis amatlah indah. Warnanya merah menyala. Namun, warna merah itu baru muncul saat burung Scarlet Ibis dewasa. Ketika baru menetas dari telurnya, warna burung ini abu-abu, cokelat, putih, atau campuran ketiganya. Setelah burung Scarlet Ibis memasuki masa remaja, bulunya perlahan perlahan-lahan berubah warna menjadi merah.

Warna pada bulu burung scarlet ibis disebabkan oleh astaxanthin. Astaxanthin adalah zat warna merah alami yang didapatkan burung scarlet ibis dari makanan kesukaannya, yakni kepiting merah dan udang.
 
Karena warna bulu burung scarlet ibis bergantung pada makanannya, warna ini bisa saja menjadi pudar atau kembali menjadi abu-abu atau putih ketika burung ini kekurangan asupan makanan. Oleh karena itu, biasanya burung-burung scarlet ibis yang berada di kebun binatang sering diberi makanan yang mengandung buah bit dan wortel agar keindahan warna bulunya terjaga.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 35!
Pacu Jawi, Tradisi Unik Minangkabau yang Mendunia
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 2 (Kelas 3 dan 4) - www.gurnulis.id
Pernahkah kamu mendengar tentang Pacu Jawi? Pacu Jawi yang berarti “balapan sapi” merupakan tradisi Minangkabau yang sangat unik dan hanya ada di Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat.  Permainan tradisional ini dilombakan setiap tahun. Menurut sejarahnya, Pacu Jawi sudah ada sejak ratusan tahun silam. Tradisi ini berawal dari kegiatan petani setempat setelah musim panen. Sekilas mirip dengan tradisi Karapan Sapi Madura yang terkenal itu, ya? Ternyata, ada bedanya!  Jika Karapan Sapi Madura dilakukan di tanah kering, Pacu Jawi diselenggarakan di sawah milik masyarakat setempat yang habis panen, serta dalam kondisi berlumpur dan basah.  Untuk teknik permainannya, seorang joki mengendarai sepasang sapi yang diapit oleh alat pembajak sawah sambil memegang tali dan menggigit ekor kedua sapi. Jika gigitan pada ekor sapi semakin kuat, semakin cepat pula sapi tersebut berlari.  Dalam Pacu Jawi, sepasang sapi yang berlomba hanya berlari sendirian tanpa adanya lawan. Penentuan pemenang berdasarkan lurus atau tidak lurusnya sepasang sapi dalam berlari menuju garis finish. Pasangan sapi yang berlari semakin lurus tentu akan menjadi pemenangnya. Selain itu, waktu tempuh sepasang sapi dalam lintasan juga menjadi penilaian.  Pacu Jawi berperan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat setempat. Selain itu, juga menjadi daya tarik bagi turis lokal maupun mancanegara. Tradisi ini dapat meningkatkan harga jual sapi sehingga meningkatkan perekonomian peternak.

Kompetensi Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (10 Soal)

Soal nomor 1 (pilihan ganda kompleks)

Pilihlah pernyataan yang sesuai dengan teks!
  1. Kuda laut berkembang biak dengan cara bertelur.
  2. Kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk.
  3. Kuda laut memiliki bentuk kepala seperti kuda dan moncong yang pipih.
  4. Semua kuda laut memiliki ukuran tubuh  yang sama, yaitu sepanjang 35 cm.
  5. Kuda laut jantan membawa telur-telur mereka ke mana saja mereka pergi.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pernyataan nomor 1, 2, dan 5.

Soal nomor 2 (uraian)

Mengapa kuda laut memiliki kemampuan berenang yang buruk?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Karena keunikan bentuk tubuhnya yang tegak.

Soal nomor 3 (pilihan ganda)

Ciri utama yang membuat monyet dan bekantan berbeda berdasarkan bacaan tersebut adalah .…
A. Ukuran tubuh yang dimiliki oleh bekantan betina
B. Hidung panjang dan besar pada spesies jantan
C. Makanan yang biasa dimakan sehari-hari
D. Tempat tinggal bekantan yang ada di pedalaman

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

Soal nomor 4 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan salah atau benarnya pernyataan berikut!
  • Populasi bekantan meningkat dengan pesat.
  • Bekantan merupakan satu-satunya hewan asli dari Kalimantan.
  • Populasi bekantan menurun karena perburuan liar dan kerusakan hutan.
  • Bekantan betina memiliki hidung yang lebih besar daripada bekantan jantan.
  • Bekantan betina memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan bekantan jantan.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah, Salah, Benar, Salah, Benar.

Soal nomor 5 (pilihan ganda kompleks)

nformasi-informasi yang terdapat dalam infografik yang pertama (Membangun Transportasi Umum, Mengurai Kemacetan) adalah ....
  1. Kondisi kemacetan di Indonesia.
  2. Frekuensi penggunaan kendaraan di Indonesia selama setahun.
  3. Jumlah kendaraan di Jakarta.
  4. Persentase jumlah kendaraan di Indonesia berdasarkan jenis kendaraan.
  5. Peningkatan pengguna angkutan umum untuk mengurangi kemacetan.
  6. Rencana pengembangan kendaraan umum dalam 5 tahun ke depan.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pernyataan nomor 1, 4, 5, dan 6.

Soal nomor 6 (pilihan ganda)

Menurut infografik di atas, jenis sampah apakah yang paling banyak terbuang ke laut Indonesia?
A. Kaleng.
B. Plastik.
C. Puntung rokok.
D. Sisa makanan.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

Soal nomor 7 (pilihan ganda)

Menurut infografis di atas, berapa persen laut Indonesia yang sangat tercemar?
A. 100%.
B. 75%.
C. 20%.
D. 5%.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

Soal nomor 8 (pilihan ganda)

Bahan apa saja yang diperlukan dalam membuat gantungan kunci?
A. Spidol, pulpen warna, kertas, cincin gantungan.
B. Gunting, alat laminating, lem.
C. Tas, tempat pensil, gantungan kunci.
D. Cat, kanvas, gunting.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.

Soal nomor 9 (pilihan ganda kompleks)

Benar atau salahkah solusi untuk mengurangi kemacetan berdasarkan infografik di atas berikut?
  • Penambahan jumlah bus.
  • Penambahan jumlah mobil dan sepeda motor.
  • Anjuran untuk lebih sering naik kendaraan umum.
  • Anjuran untuk lebih sering naik kendaraan pribadi.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar, Salah, Benar, Salah.

Soal nomor 10 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan benar atau salahnya pernyataan berikut!
  • Penduduk pulau Belitung kebanyakan berkebun dan bertanam karet.
  • Mata pencaharian penduduk Belitung  salah satunya adalah  buruh tambang.
  • Mata pencaharian keluarga di Belitung salah satunya menjadi kuli kopra.
  • Penduduk Pulau Belitung juga banyak yang bekerja sebagai juragan

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Salah, Benar, Benar, Salah.

Kompetensi Memahami

1. Memahami teks secara literal

  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (5 Soal)

Soal nomor 11 (pilihan ganda)

Ide pokok paragraf terakhir pada wacana tersebut adalah ...
A. Hal tersebut karena perburuan liar yang dilakukan oleh manusia.
B. Saat ini, populasi bekantan menurun drastis.
C. Hutan tempat bekantan tinggal juga rusak karena penebangan hutan.
D. Pohon-pohon yang menjadi tempat tinggal bekantan berkurang.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 12 (pilihan ganda kompleks)

Pilihlah fakta yang sesuai dengan informasi yang disebutkan dalam infografik!
  1. Indonesia berada pada peringkat ke-2 sebagai penyumbang sampah ke laut terbesar di dunia.
  2. Lebih dari 50 ribu sampah plastik mengapung di setiap mil persegi laut Indonesia.
  3. Lebih dari 200 juta ton sampah dibuang ke laut Indonesia setiap tahunnya.
  4. Lebih dari setengah jumlah sampah di laut Indonesia adalah plastik.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pernyataan nomor 1, 2, dan 3.
 

Soal nomor 13 (pilihan ganda)

Apa tujuan murid-murid kelas 5 SD Cita Nusa menyelenggarakan bazar?
A. Merayakan pesta ulang tahun Naufa.
B. Mencari uang agar dapat ditabung.
C. Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
D. Menggalang dana bagi korban bencana alam.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 14 (pilihan ganda kompleks)

Apa kegunaan produk yang dibuat oleh Naufa dan teman-temannya? Pilihlah beberapa jawaban yang tepat!
  1. Alat untuk melatih kemampuan membaca.
  2. Hiasan pada tas atau tempat pensil.
  3. Alat untuk menamai barang milik pribadi.
  4. Tempat menyimpan pensil.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pernyataan nomor 1 dan 3.
 

Soal nomor 15 (uraian)

Jelaskanlah  ide pokok dan tiga ide pendukung dari artikel tersebut!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Ide pokok:
Dinas damkar memiliki robot pemadam kebaran;
Ide pendukung:
Robot dapat dikendalikan jarak jauh; hal ini berfungsi jika ada titik api yang sulit; robot ini sangat kuat.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (14 Soal)

Soal nomor 16 (uraian)

Berdasarkan infografik tersebut, bagaimana cara penguraian kemacetan di Indonesia?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Meningkatkan penggunaan transportasi publik.
 

Soal nomor 17 (uraian)

Apa tujuan penulis menyampaikan data persentase jumlah kendaraan di Indonesia pada infografis yang pertama?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Untuk memberi gambaran jumlah kendaraan pribadi di Indonesia.

Soal nomor 18 (urian)

Berdasarkan infografik tersebut, jelaskan bagaimana hubungan antara sampah laut dengan biota laut di Indonesia?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jika laut tercemar, biota laut akan kehilangan habitatnya sehingga bisa punah.

Soal nomor 19 (uraian)

Jelaskan mengapa Indonesia menjadi negara penyumbang sampah laut terbesar kedua di dunia?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Banyak masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

Soal nomor 20 (urian)

Berdasarkan infografik tersebut, apa yang dapat kamu simpulkan mengenai keadaan laut Indonesia? Jelaskan jawabanmu dengan menyebutkan data dari infografis!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Keadaan laut Indonesia sudah mulai terancam karena 75% laut Indonesia sudah sangat tercemar.
 

Soal nomor 21 (uraian)

Jelaskan dampak negatif keberadaan sampah plastik di lautan Indonesia!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Banyak hewan laut yang terjerat plastik karena salah makan.

Soal nomor 22 (pilihan ganda)

Apa tujuan penulis dalam menyusun wacana tersebut?
A. Mengajak pembaca peduli terhadap lingkungan.
B. Memberitahu cara membuat gantungan kunci sendiri.
C. Mengajak pembaca membuang sampah pada tempatnya.
D. Memberi informasi lengkap tentang bencana alam yang terjadi.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

Soal nomor 23 (pilihan ganda)

Untuk apa  Naufa dan teman-temannya  membuat gantungan kunci?
A. Menghadiahkan gantungan kunci kepada teman-temannya.
B.Memberikan gantungan kunci kepada guru dan Kepala Sekolah.
C. Menyumbangkan gantungan kunci kepada korban bencana alam.
D. Menjual gantungan kunci dalam bazar di SD Cita Nusa.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 24 (uraian)

Di mana letak Desa Tanjung Kelumpang?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Kunci jawaban.
 

Soal nomor 25 (pilihan ganda)

Robot pemadam kebakaran Dok-Ing MVF-3 dapat dikendalikan dari jarak 1,5 km menggunakan pengendali jarak jauh. Hal tersebut berfungsi untuk …
A. menunjukkan bahwa robot ini memiliki fitur yang sangat canggih.
B. membantu pemantauan robot menggunakan GPS.
C. memudahkan petugas jika ada titik api yang sulit dijangkau atau berbahaya.
D. meningkatkan keselamatan warga DKI Jakarta.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 26 (urian)

Bagaimana cara robot pemadam kebakaran tersebut memadamkan api di tempat yang sulit dijangkau?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Robot dilengkapi GPS yang bisa dikontrol dari jarak jauh sehingga bisa menjangkau tempat yang sulit.
 

Soal nomor 27 (pilihan ganda kompleks)

Apa saja dampak positif penggunaan robot pemadam kebakaran?
  1. Mengurangi risiko bahaya untuk korban dan petugas pemadam kebakaran.
  2. Menambah jumlah petugas yang harus menangani kebakaran.
  3. Menurunkan kerugian ekonomi.
  4. Meningkatkan potensi ledakan pada kebakaran di SPBU.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pernyataan nomor 1 dan 3.

Soal nomor 28 (uraian)

Simpulan yang tepat untuk teks tersebut adalah ....

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Masyarakat Indonesia harus mengubah sikap dalam menghadapi makanan karena Indonesia menjadi penghasil sampah makanan terbesar kedua di dunia.
 

Soal nomor 29 (uraian)

Apa kesimpulanmu tentang isi wacana  tersebut?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Lingkungan laut dapat dijaga dengan kepedulian yang tinggi.

  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

Soal nomor 30 (uraian)

Apa perbedaan cara kerja robot dengan petugas pemadam kebakaran?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Robot dilengkapi GPS yang bisa dikontrol dari jarak jauh sehingga bisa menjangkau tempat yang sulit, sedangkan manusia tidak bisa.
 

Soal nomor 31 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan benar atau salahnya pernyataan-pernyataan berikut berdasarkan teks!
  • Awalnya Abdul Azis menangkap dan menjual ikan-ikan hias, seperti nelayan lainnya.
  • Abdul Azis menjual terumbu karang kepada para pengepul karena menghasilkan banyak uang.
  • Semula pengelola objek wisata Watudodol menyerahkan penyelamatan terumbu karang kepada Abdul Aziz.
  • Ikan hias tampak indah berenang di objek wisata Watudodol berkat usaha Abdul Aziz dan  teman-temannya.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar, Salah, Salah, Benar.
 

Soal nomor 32 (uraian)

Apa perbedaan keadaan terumbu karang sebelum dipulihkan dan sesudah dipulihkan oleh Abdul Azis dan kawan-kawannya?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Terumbu karang yang awalnya rusak karena bom dan racun untuk menangkap ikan, tetapi pada akhirnya menjadi taman laut yang indah.

Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

  • Menilai kesesuaian antara ilustrasi dengan isi teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 33 (uraian)

Menurutmu, pesan apa yang ingin disampaikan dalam poster tersebut?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
1 – Jika siswa menjawab terkait “hemat air” (misal, “kita harus menghemat air untuk menjaga bumi”).
0 – Jika siswa menjawab salah atau tidak relevan.
 

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

  • Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Soal nomor 34 (uraian)

Jika kamu mendapat tugas merawat burung scarlet ibis, apa yang akan kamu lakukan agar warna bulu burung itu tetap merah menyala?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Memberi makanan berupa buah bit. Memberi makanan berupa wortel. Memberi makanan berupa kepiting merah. Memberikan makanan berupa udang.
 

Soal nomor 35 (uraian)

Masyarakat di Tanah Datar terus melestarikan tradisi Pacu Jawi sejak ratusan tahun silam. Jika kamu adalah masyarakat Tanah Datar, mengapa kamu harus melestarikan tradisi tersebut?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pedoman penskoran:
  • Menjawab dengan kata-kata kunci berikut: Hiburan bagi masyarakat setempat, menjadi daya tarik turis, meningkatkan harga jual sapi, meningkatkan perekonomian peternak, atau jawaban lain yang relevan (nilai 1)
  • Menjawab tidak relevan (nilai 0).
 

Demikianlah ulasan tentang soal-soal AKM literasi teks informasi level 3 untuk kelas 5 dan kelas 6 SD/ MI. Sahabat pendidik boleh mendapatkan file PDF-nya pada tautan di bawah ini.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)

UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS INFORMASI LEVEL 3

Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.

Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel