Iklan Header

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 1

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 1.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Kita berjumpa lagi dalam blog pembelajaran ini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 7 Subtema 1. Penulis ingin mengajak Sahabat Gurnulis untuk mengupas komponen-komponennya. Penulis pun telah menyiapkan file-nya dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau dalam bentuk pendeknya RPP menurut Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. Kini berkat adanya kebijakan merdeka belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim, tugas guru dalam menyusun RPP menjadi ringan. RPP kini dapat disusun daam format satu lembar.

Penyederhanaan RPP hingga menjadi berformat satu lembar ini menghendaki RPP sekurangnya terdiri dari 3 komponen, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan) pembelajaran, dan penilaian pembelajaran (asesmen).

Apa yang pengertian tujuan pembelajaran? Tujuan pembelajaran adalah rumusan kemampuan yang harus dicapai oleh peserta didik. Apa saja komponen tujuan pembelajaran? Dalam behaviourism, komponen tujuan pembelajaran terdiri atas audience (A), behaviour (B), condition (C), dan degree (D). Namun demikian, dalam konteks materi dan kemampuan tertentu komponen degree (D) bisa saja tidak ada.

Apa pengertian penilaian pembelajaran? Penilaian pembelajaran adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang harus dinilai meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 1 yang penulis sajikan ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif format RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 1 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu digaris bawahi bahwa format ini bukanlah format yang baku karena Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sendiri tidak membakukan formatnya.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 1 - www.gurnulis.id

 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema  : Subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema
 : 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menemukan informasi tentang suku bangsa di Indonesia dengan benar.
  2. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan informasi baru mengenai suku bangsa di Indonesia dengan tepat.
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menuliskan kata sulit dalam bacaan dan mampu menjelaskan artinya dengan tepat.
  4. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan dan menuliskan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan dengan benar.
  5. Setelah melakukan percobaan, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya dengan tepat.
  6. Setelah melakukan pengamatan dan diskusi, siswa mampu menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruhnya terhadap benda dengan tepat.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks tentang suku bangsa yang ada di Indonesia (Literasi).
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa membuat daftar kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya.
    • Siswa berdiskusi untuk menemukan pokok pikiran setiap paragraf dalam bacaan (Creativity and Innovation).
  • Ayo bercerita.
    • Guru menunjuk beberapa siswa untuk membacakan hasil diskusi kelompok mereka (Collaboration).
    • Siswa mengamati gambar beberapa alat transportasi tradisional menggunakan tenaga hewan dari berbagai daerah di Indonesia.
    • Siswa menceritakan alat transportasi tradisional yang pernah ditemui, baik di daerahnya sendiri maupun dari daerah lain (Mandiri).
    • Siswa menjawab pertanyaan pada buku siswa.
    • Jawaban yang diharapkan adalah: saat kuda atau kerbau menarik bendi atau pedati, maka bendi atau pedati akan bergerak atau berpindah tempat (HOTS).
  • Ayo mencoba.
    • Siswa melakukan percobaan gaya pada benda-benda di sekitarnya.
    • Siswa menuliskan bentuk-bentuk gaya yang telah dilakukan atau dilihat, lalu membacakannya di depan kelas (Critical Thingking and Problem Solving).
  • Ayo mengamati.
    • Siswa mengamati gambar pada Buku Siswa, lalu menentukan macam gaya yang bekerja beserta pengaruhnya terhadap benda.
    • Siswa mengamati gambar-gambar kegiatan yang menggunakan gaya otot.Selanjutnya siswa menjelaskan pengertian gaya otot dan pengaruh gaya otot terhadap benda (Communication).
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks tentang seni gerabah di Indonesia.
    • Dengan berdiskusi kelompok, siswa mampu menuliskan informasi-informasi baru dalam teks.
    • Siswa menuliskan dengan ejaan yang tepat dan penggunaan tanda baca yang benar. (Collaboration)
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut merupakan kumpulan RPP lain yang  terkait dengan RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 1, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 1"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel