RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 2

RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 - www.gurnulis.id
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) satu lembar (3 komponen) Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 2.

Ulasan

Halo Sahabat Gurnulis. Blog Gurnulis di sini. Penulis memiliki RPP satu lembar Kelas 4 Tema 7 Subtema 2. Penulis akan mengupas komponen-komponennya dan memberikan file dalam format Microsoft Word. Sahabat dalam mengunduhnya pada tautan di bawah.

Tujuan dari penyusunan RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar (KD). Setiap pendidik pada satuan pendidikan memiliki kewajiban untuk menyusun RPP secara lengkap dan sistematis. Hal ini sesuai dengan yang tertulis pada Lampiran Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses.
 
Penyederhanan RPP menjadi berformat satu lembar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang dibawakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadiem Anwar Makarim. Hal ini ditujukan untuk memfokuskan kegiatan guru dalam mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri. Mengingat pada mulanya guru hanya diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu.

Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 tahun 2019, komponen inti yang terdapat dalam RPP satu lembar ada tiga, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah (kegiatan)  pembelajaran, dan penilaian pembelajaran  (asesmen).
 
Apa yang dimaksud dengan langkah-langkah pembelajaran? Langkah-langkah pembelajaran merupakan urutan aktivitas pembelajaran yang terdiri atas pendahuluan, inti, dan penutup. Inti pembelajaran berisi aktivitas siswa dalam proses pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dengan menggunakan metode dan media pembelajaran serta sumber belajar yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan tujuan yang akan dicapai. Aktivitas proses pembelajaran tersebut dilaksanakan secara tematik integratif.

Apa yang dimaksud dengan penilaian pembelajaran? Penilaian pembelajaran merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Aspek yang dinilai dari peserta didik meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Apa yang dimaksud dengan penilaian sikap? Penilaian sikap merupakan kegiatan yang dilakukan oleh pendidik untuk memperoleh informasi deskriptif mengenai perilaku (tindakan) peserta didik dalam proses pembelajaran yang meliputi sikap spiritual dan sosial.

RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 2 ini disusun berdasarkan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid. Efisien maksudnya penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Efektif maksudnya penulisan RPP dilakukan untuk mencapai  tujuan pembelajaran. Berorientasi pada murid maksudnya penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Berikut penulis sajikan salah satu alternatif RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 2 yang dapat Sahabat Pendidik unduh. Perlu diingat bahwa format ini adalah format inspiratif. Apakah RPP harus dibuat dalam 1 halaman? Jawabannya adalah TIDAK.
RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 2 - www.gurnulis.id 
 

Deskripsi RPP

Format
 : RPP Penyederhanaan Satu Lembar 
Dasar  : SE Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019
Jenjang  : Sekolah Dasar
Kelas  : Kelas 4
Semester  : Semester 2
Tema  : Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema  : Subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Pembelajaran  : Pembelajaran 1 s.d. 6
 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REVISI 2020
(Disusun Berdasarkan Surat Edaran Mendikbud Nomor: 14 Tahun 2019)
 
Satuan Pendidikan
 : SD Negeri Gurnulis
Kelas/ Semester
 : Kelas 4/ Semester 2
Tema
 : 7 Indahnya Keragaman di Negeriku
Subtema
 : 2 Indahnya Keragaman Budaya Negeriku
Muatan Terpadu
 : Bahasa Indonesia, IPA
Pembelajaran ke
 : Pembelajaran ke-1
Alokasi Waktu
 : 1 hari
 
Tujuan Pembelajaran
  1. Setelah mencermati teks bacaan yang disajikan, siswa mampu menyebutkan informasi baru tentang Urang Kanekes, si suku Baduy dengan tepat.
  2. Setelah membaca teks, siswa mampu menyebutkan kata-kata sulit dan menuliskan gagasan pokok setiap paragraf dalam teks dengan benar.
  3. Setelah berdiskusi, siswa mampu menjelaskan manfaat gaya listrik dengan benar.
  4. Setelah membaca teks, siswa mampu menuliskan pengetahuan baru tentang listrik statis dan listrik dinamis dengan rinci.

Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan (10 menit)
  • Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi).
  • Mengaitkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi).
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (Motivasi).
Kegiatan Inti (150 menit)
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks ”Urang Kanekes, si Suku Baduy” (Literasi).
    • Guru mengajak siswa bertanya jawab berkaitan dengan bacaan yang telah dibaca siswa untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa (HOTS).
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa membentuk kelompok dan berdiskusi tentang kata sulit dan pokok pikiran dalam teks.
    • Siswa membuat daftar kata-kata sulit dari teks bacaan, selanjutnya mencari artinya dari Kamus Besar Bahasa Indonesia lalu menuliskan dalam buku catatannya (Collaboration). 
    • Siswa menuliskan pokok pikiran dari setiap paragraf dalam teks.
    • Guru menunjuk seorang siswa sebagai wakil setiap kelompok untuk membacakan hasil diskusi kelompok secara bergantian (Communication).
    • Guru mengingatkan kembali tentang suku Baduy Luar yang telah mengenal teknologi dan alat elektronik.
    • Guru meminta siswa mengamati alat elektronik yang ada di dalam kelas, misalnya bohlam (Critical Kthingking and Problem Solving).
  • Ayo berdiskusi.
    • Siswa berdiskusi tentang faktor yang menyebabkan lampu bohlam menyala (Critical Kthingking and Problem Solving).
  • Ayo mencoba.
    • Siswa melakukan percobaan untuk mengetahui adanya listrik statis.
    • Guru menjelaskan penyebab timbulnya listrik statis (Critical Kthingking and Problem Solving).
  • Ayo membaca.
    • Siswa membaca teks tentang listrik statis dan listrik dinamis (Literasi).
    • Guru menjelaskan istilah listrik statis dan listrik dinamis.
  • Tugas. 
    • Selanjutnya siswa menuliskan pengetahuan baru tentang listrik statis dan listrik dinamis (Mandiri).
Kegiatan Penutup (15 menit)
  • Menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi.
  • Peserta didik.
    • Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru tentang poin-poin penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran tentang materi yang baru dilakukan.
  • Guru.
    • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa.
    • Peserta didik yang selesai mengerjakan tugas proyek atau produk atau portofolio atau unjuk kerja dengan benar diberikan hadiah atau pujian.
     
    Penilaian (Asesmen)
    Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan  sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan  dan presentasi unjuk kerja atau hasil karya ataupun proyek dengan rubrik penilaian.

    Nama Tempat,  Tanggal
    Guru Kelas 4

    Nama Guru Gurnulis
     

    Daftar RPP Terkait

    Berikut penulis berikan kumpulan RPP lain yang terkait RPP di atas. Sahabat Gurnulis dapat mencarinya berdasarkan kelas.
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 1
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 2
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 3
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 4
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 5
    Kumpulan RPP Satu Lembar Kelas 6
     

    Penutup

    Demikianlah bahasan mengenai RPP satu lembar kurikulum 2013 kelas 4 tema 7 subtema 2, ya Sahabat Pendidik. Silahkan diunduh, semoga bermanfaat.

    Salam literasi guru ndeso.
    Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

    Belum ada Komentar untuk "RPP Satu Lembar Kurikulum 2013 Kelas 4 Tema 7 Subtema 2"

    Posting Komentar

    Iklan atas artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan bawah artikel