Iklan Header

Unduh ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka

Unduh ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka.

Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)

Halo Sahabat Gurnulis. ATP atau Alur Tujuan Pembelajaran adalah dokumen yang berfungsi sebagaimana silabus. Guru menggunakan ATP untuk merencanakan dan mengatur pembelajaran serta asesmen secara garis besar untuk jangka waktu satu tahun. Uraian lengkap dari ATP ini dapat sahabat simak pada artikel "Menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Kurikulum Merdeka".

Bagaimana cara menyusun ATP? Pada Kurikulum Merdeka ini, guru dapat menyusun ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) dengan memilih salah satu langkah ini:
  1. merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP);
  2. mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan;
  3. menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Kali ini penulis hendak berbagi contoh ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Penulis menyisipkan link download ATP di bawah deskripsi.

Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

Format
 : ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : Bahasa Inggris
Fase  : Fase A
Kelas  : Kelas 1
 
 

Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka

ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 1 (satu) SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka contohya adalah sebagai berikut.
ALUR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MODUL AJAR  BAHASA INGGRIS SEKOLAH DASAR (SD) FASE A KELAS 1

CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN MENYIMAK – BERBICARA
Pada akhir fase A, siswa menggunakan bahasa Inggris sederhana untuk berinteraksi dalam situasi sosial dan kelas seperti berkenalan, memberikan informasi diri, mengucapkan salam dan selamat tinggal. Mereka merespon instruksi sederhana (dengan bantuan visual) melalui gerakan tubuh atau menjawab pertanyaan pendek sederhana dengan kata, frase atau kalimat sederhana. Mereka memahami ide pokok dari informasi yang disampaikan secara lisan dengan bantuan visual dan menggunakan kosa kata sederhana. Mereka menggunakan alat bantu visual untuk membantu mereka berkomunikasi.

By the end of Phase A, students use basic English to interact in social and classroom situations such as introducing themselves, sharing personal information, greeting and bidding farewell. They respond to simple instructions (with support from visual clues) with action-related language or answer to short, simple questions with simple words, phrases or sentences. They identify key points of information in visually supported oral presentations containing familiar vocabulary. They use visual texts to help them communicate.


ELEMEN MEMBACA - MEMIRSA
Pada akhir fase A, siswa merespon secara lisan terhadap teks pendek sederhana dan familiar, berbentuk teks tulis yang dibacakan oleh guru. Siswa menunjukkan pemahaman teks yang dibacakan atau gambar/ilustrasi yang diperlihatkan padanya, menggunakan komunikasi non-verbal.

By the end of Phase A, students respond orally to short, simple, familiar texts in the form of print texts read by teachers. They show understanding of texts being read to or pictures/illustration being shown, using non-verbal communication.


PROFIL PELAJAR PANCASILA
  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
    • Elemen akhlak beragama: Belajar membiasakan pelaksanaan ibadah wajib sesuai tuntunan agamanya.
    • Elemen akhlak pribadi: Mulai membiasakan diri untuk disiplin, rapi, membersihkan dan merawat diri dalam kesehariannya.
    • Elemen akhlak kepada manusia: Mengenali persamaan dan perbedaan.
    • Elemen akhlak kepada alam: Belajar menjaga kebersihan lingkungan dan sekitarnya, mengenali berbagai ciptaan Tuhan.
    • Elemen akhlak bernegara: Belajar mengenali hak dan kewajibannya.
  • Berkebinekaan global.
    • Elemen mengenal dan menghargai budaya: Mengenal berbagai budaya di sekitarnya dan memandangnya sebagai suatu wawasan baru.
    • Elemen komunikasi dan interaksi antar budaya: Mengenal penggunaan kata yg berbeda makna di lingkungan sekitarnya.
    • Elemen refleksi dan bertanggung jawab terhadap pengalaman kebhinekaan: Belajar mengenali bahwa perbedaan adalah sebuah ragam pengalaman.
    • Elemen berkeadilan sosial: Belajar mengenali konsep hak dan kewajiban.
  • Bergotong-royong.
    • Elemen kolaborasi: Belajar bekerja sama, berkomunikasi dan berkoordinasi dengan teman.
    • Elemen kepedulian: Belajar mengenali lingkungan sekitar.
    • Elemen berbagi: Belajar memberi dan menerima hal yg dianggap berharga dan penting dengan sesama teman.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
  • Siswa menunjukkan respon terhadap teks visual sederhana bahasa Inggris yang dibacakan oleh guru.
  • Siswa menemukan beberapa informasi dari sebuah percakapan pendek atau teks visual sederhana yang dibacakan oleh guru.
  • Siswa menggunakan bahasa Inggris verbal sederhana dalam sebuah percakapan ataupun interaksi sederhana dalam lingkup sosial ruang kelas dan keluarga.
  • Siswa menunjukkan pemahaman akan teks atau percakapan pendek yang dibacakan oleh guru.
  • Siswa menunjukkan respon terhadap teks visual sederhana bahasa Inggris yang dibacakan oleh guru.

JUMLAH JAM PELAJARAN
10 jam pelajaran.

IDENTIFIKASI TUJUAN PEMBELAJARAN

Menunjukkan pemahaman terhadap informasi yang disampaikan melalui verbal atau teks visual sederhana yang dibacakan oleh guru.

TOPIK/ KONTEN INTI
Pemahaman pesan dalam percakapan sederhana.

PENJELASAN SINGKAT
  • Fokus pembelajaran adalah tentang aktivitas menyimak dan mendengarkan percakapan pendek atau teks sederhana yang dibacakan oleh guru.
  • Jenis kegiatan pembelajaran yang dapat diterapkan guru:
    • membaca buku cerita oleh guru;
    • bercerita dengan menggunakan boneka tangan oleh guru;
    • pemutaran multimedia video dan audio oleh guru;
    • bernyanyi sambil bergerak.


Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 1

Nama Guru Gurnulis

Penutup

Demikianlah unduhan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Terus bersemangat dalam menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP). Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Unduh ATP Bahasa Inggris Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel