Unduh ATP P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka
Sabtu, 17 September 2022
Tulis Komentar
![Unduh ATP P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id Unduh ATP P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id](https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjplRwbpEalul5Kvw3zU8NHHcb7v4JlKiuiy9gZ4Sxodc1pwyl9QwcQ6sM5sPuSqS9rqsyv2TpCPtpKZd0YeUAU0U5TKUhIX9g1Xfs4eyVb4s0t4qIiNSQ2gnGFrV-x9ZrboGABmbVNBATJlwrphGIWrMy_1jJrQ4syrMXH06S6owLv2HKtSDx8oNjvuA/s16000/000%20Unduh%20ATP%20P5%20Projek%20Penguatan%20Profil%20Pelajar%20Pancasila%20Kelas%201%20SD%20MI%20Fase%20A%20Kurikulum%20Merdeka%20-%20www.gurnulis.id.jpg)
Ulasan ATP (Alur Tujuan Pembelajaran)
Cara menyusun ATP itu bagaimana? Pada Kurikulum Merdeka ini, guru dapat menyusun ATP
(Alur Tujuan Pembelajaran) dengan memilih salah satu langkah ini:
- merancang sendiri berdasarkan Capaian Pembelajaran (CP);
- mengembangkan dan memodifikasi contoh yang disediakan;
- menggunakan contoh yang disediakan pemerintah.
Kali ini penulis hendak berbagi contoh ATP (Alur Tujuan
Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka. Penulis menyisipkan link download ATP di
bawah deskripsi.
Deskripsi ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
Format |
: ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) Kurikulum Merdeka |
Jenjang | : Sekolah Dasar |
Mata Pelajaran | : P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) |
Fase | : Fase A |
Kelas | : Kelas 1 |
Bentuk ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) Kelas 1 SD/ MI Fase A Kurikulum Merdeka
ALUR
DAN TUJUAN PEMBELAJARAN DALAM RANGKA PENGEMBANGAN MODUL AJAR P5 (PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA) SEKOLAH DASAR (SD) FASE
A KELAS 1
ALUR TUJUAN PROJEK
PENGENALAN: PENGERTIAN PLASTIK
- Mengenal bahan plastik.
- Benda plastik di sekitarku.
- Mewarnai: identifikasi benda plastik di sekitar.
- Plastik pada benda kegemaranku.
- Menggambar dan mewarnai benda kegemaran dari plastik.
- Video: mana plastik, mana yang buka.
- Games: mana plastik, mana yang bukan (asesmen formatif 1).
KONTEKSTUALISASI: PENGELOLAAN DAN PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK
- Mengenal jenis-jenis sampah.
- Memilah sampah sesuai jenis.
- Prakarya individu: mengolah sampah plastik (asesmen formatif 2).
- Prakarya kelas: mozaik dari sampah plastik (1).
- Prakarya kelas: mozaik dari sampah plastik (2).
AKSI: SIKAP BERTANGGUNG JAWAB
- Menjaga kebersihan lingkungan.
- Kunjungan ke TPS: aksiku mengurangi sampah (asesmen sumatif).
PERTEMUAN 1: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukkan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi dalam kegiatan mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastic di sekitarnya.
Waktu
3 JP (105 menit).
Media
Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
- Benda plastik.
- Benda bukan plastik (gelas kaca dan jaket kain).
Sumber Belajar
- Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
- Lingkungan.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 2: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menunjukkan berpikir kreatif dan keterampilan komunikasi dalam kegiatan mengidentifikasi benda yang terbuat dari plastic di sekitarnya.
Waktu
3 JP (105 menit)
Media
- Lembar Kerja Siswa.
- Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
- Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
- Lingkungan.
- Video.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 3: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi 3 benda plastik yang ada disekitarnya.
Waktu
2 JP (70 menit).
Media
- Lembar Kerja Siswa.
- Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 4: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi 3 benda plastik pada kegiatan kegemaran.
Waktu
4 JP (140 menit) Termasuk tugas.
Media
- Lembar Kerja Siswa.
- Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 5: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi 3 benda plastik pada kegiatan kegemaran.
Waktu
3 JP (105 menit).
Media
- Lembar Kerja Siswa.
- Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 6: PENGERTIAN PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi benda plastik dan benda bukan plastik di lingkungan sekitarnya.
Waktu
3 JP (105 menit).
Media
- Lembar Kerja Siswa.
- Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 7: PENGERTIAN PLASTIK (ASESMEN FORMATIF)
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengenali kekhasan benda plastik dari segi tekstur, bunyi, dan lain sebagainya.
Waktu
3 JP (105 menit).
Media
Tidak ada.
Alat
- 10 macam benda plastik.
- 10 macam benda bukan plastik.
- Meja.
- Kain lebar.
- Kotak/ keranjang.
Sumber Belajar
Tidak ada.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 8: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pengelolaan sampah dan alasan mengapa sampah tidak boleh tercampur.
Waktu
4 JP (140 menit).
Media
Video belajar kelola plastik.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 9: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pengelolaan sampah dan alasan mengapa sampah tidak boleh tercampur.
Waktu
4 JP (140 menit).
Media
- Lembar Kerja Siswa.
- Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 10: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengalami proses pengolahan sampah plastik secara sederhana dengan membuat karya individu.
Waktu
5 JP (175 menit) termasuk penyelesaian karya di rumah.
Media
- Lembar Kerja Siswa.
- Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Laptop.
- Proyektor.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 11: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa mengalami proses pengolahan sampah plastik secara sederhana dengan membuat karya kelas.
Waktu
3 JP (105 menit).
Media
Lembar penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Lembaran kardus besar.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 12: PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat prakarya mozaik dengan memanfaatkan benda plastik.
Waktu
4 JP (140 menit).
Media
Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Lem.
- Gunting.
- Alat warna.
- Hiasan.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 13: PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengetahui sikap tanggung jawab terhadap kebersihan lingkungan.
Waktu
4 JP (140 menit).
Media
Lembar Penilaian.
Alat
- Spidol.
- Papan tulis.
- Lem.
- Gunting.
- Alat warna.
- Hiasan.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
PERTEMUAN 14: PERILAKU BERTANGGUNG JAWAB
Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memahami pentingnya sikap tanggung jawab terhadap penggunaan benda plastik.
Waktu
6 JP (210 menit).
Media
Lembar penilaian.
Alat
- Pengeras suara (megaphone) jika ada.
- Bendera penanda rombongan.
Sumber Belajar
Buku “Kelola Plastik untuk Bumi Lestari Kelas 1”.
Peran
Narasumber dan fasilitator.
Belum ada Komentar untuk "Unduh ATP P5 Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas 1 SD MI Fase A Kurikulum Merdeka"
Posting Komentar