Iklan Header

Unduh Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka

Unduh Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD/ MI Kurikulum Merdeka. Modul ajar adalah RPP.

Ulasan Modul Ajar

Halo Sahabat Gurnulis. Sahabat tentu sudah membaca artikel Gurnulis yang berjudul "Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka" bukan? Pada artikel tersebut penulis telah mengupas secara tuntas penyusunan modul ajar. Dari segi utilitas, modul ajar berfungsi sebagaimana RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dengan disusunnya modul ajar, pendidik dapat mengajar secara lebih fleksibel, kontekstual, serta tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. Modul ajar dapat menjadi pilihan lain atau alternatif strategi pembelajaran. 
 
Pada Kurikulum Merdeka ini, pendidik leluasa untuk memilih ataupun memodifikasi contoh-contoh modul ajar yang tersedia atau mengembangkan modul ajar sendiri, sesuai dengan konteks, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik. 

Pada kesempatan ini, penulis berbagi sarana download Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka. Tautannya terdapat di bawah deskripsi.

Deskripsi Kumpulan Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka

Format
 : Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : Matematika
Fase  : Fase B
Kelas  : Kelas 4
Bab  : Unit 1 sampai dengan Unit 10 (Volume 1) dan Unit 11 sampai dengan unit 20 (Volume 2)
 
 

Bentuk Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka

Salah satu Modul Ajar Matematika Kelas 4 (empat) SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

MODUL AJAR MATEMATIKA

INFORMASI UMUM
A.  Identitas Modul
Penyusun
 : Nama Guru
Instansi
 : SD Negeri Gurnulis
Tahun Penyusunan
 : Tahun 2022
Jenjang Sekolah
 : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
 : Matematika
Fase/ Kelas
 : Fase B/ Kelas 4
Unit
 : Unit 1 - Bilangan Cacah Besar
Alokasi Waktu
 : 3 kali pertemuan
 
B. Kompetensi Awal
  • Siswa dapat membaca dan menulis angka hingga 100 juta.
  • Siswa dapat membaca dan menulis angka hingga triliun.
  • Siswa dapat memahami mekanisme bilangan yang dipisahkan setiap tiga digit.

C. Profil Pelajar Pancasila
  • Mandiri.
  • Bernalar Kreatif.
  • Bergotong royong.

D. Sarana dan Prasarana
  • Sumber Belajar:
    • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021 Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim Gakko Tosho dan Internet);
    • Lembar Kerja Peserta Didik.

E. Target Peserta Didik
  • Peserta didik reguler/tipikal: umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami materi ajar. 
  • Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin.

F. Model Pembelajaran
Model pembelajaran tatap muka.

KOMPONEN INTI
A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
Tujuan Unit:
  • Siswa mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana bilangan cacah dinyatakan dalam notasi desimal. [A(1)]
  • Pelajari tentang satuan 100 juta dan triliun, dan merangkum sistem notasi desimal.
  • Disebutkan bahwa ketika menyatakan bilangan besar, pemisah dapat digunakan setiap tiga digit. [3(1)]
Tujuan Subunit:
  • Siswa dapat membaca dan menulis angka hingga 100 juta.
  • Siswa dapat membaca dan menulis angka hingga triliun.
  • Siswa dapat memahami mekanisme bilangan yang dipisahkan setiap tiga digit.
Tujuan Pembelajara Ke-1:
  • Mengetahui cara menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta berdasarkan komposisi bilangan.
Tujuan Pembelajaran Ke-2:
  • Dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar, memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 4 digit angka.
Tujuan Pembelajaran Ke-3:
  • Dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar, memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 3 digit angka.

B. Pemahaman Bermakna
  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam mengetahui cara menyatakan bilangan dengan nilai ratusan juta berdasarkan komposisi bilangan.
  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar, memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 4 digit angka.
  • Meningkatkan kemampuan siswa dalam dapat membaca bilangan sampai nilai tempat triliun dengan benar, memanfaatkan kelebihan dari pemisahan 3 digit angka.

C. Pertanyaan Pemantik
  • Bagaimanakah kita membaca bilangan yang menyatakan jumlah penduduk tersebut?

D. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1

Kegiatan Pendahuluan
  • Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.
  • Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.
  • Peserta didik bersama dengan guru membahas tentang kesepakatan yang akan diterapkan dalam pembelajaran. 4.  Peserta didik dan guru berdiskusi melalui pertanyaan pemantik.
    • Bagaimanakah kita membaca bilangan yang menyatakan jumlah penduduk tersebut?
Kegiatan Inti
  • Mengamati gambar pada hal. 6 – 7, kemudian berdiskusi.
    • Dengan memikirkan populasi penduduk negara mana yang bisa dibaca, siswa akan mampu mengingat yang sudah dipelajari hingga tahun 3.
    • Jika Anda memiliki data terbaru, Anda dapat menggunakannya.
    • Memprediksi "bilangan apa" dengan melihat angka yang menyatakan populasi penduduk negara lain.
    • Tidak hanya berfokus pada populasi masing-masing negara (7 negara), tetapi juga memanfaatkannya dalam bidang pemahaman internasional dengan membandingkan salam dari masing-masing negara dan berbicara tentang masing-masing negara.
  • Pertimbangkan cara membaca populasi penduduk Jepang dan perhatikan nilai tempat 10 juta.
    • Meninjau kembali cara membaca bilangan dengan nilai tempat kurang atau sama dengan 10 juta.
    • Menekankan pada posisi notasi (skala) 10.000 10 kumpulan 10 ribu, 100.000 10 kumpulan 100 ribu, 1.000.000 10 kumpulan 1 juta, 10.000.000.
  • Mempertimbangkan nilai tempat angka 1 yang paling kiri merupakan berapa kumpulan dari 10 juta.
    • Menekankan pada 10 kumpulan 10 juta, menghasilkan 100.000.000 dengan menggunakan pemikiran di nomer 2.
  • Mengkonfirmasikan istilah 100 juta.
    • Dengan memperhatikan cara membaca populasi penduduk Jepang, informasikan bahwa bilangan hasil dari 10 kumpulan 10 juta disebut dengan 100 juta, dan ditulis 100000000.
  • Membaca populasi penduduk Jepang. 6.  Membaca populasi penduduk masing-masing negara selain Jepang.
    • Menulis dan membaca bilangan sampai nilai tempat 100 juta dengan menggunakan pemikiran notasi nilai tempat.
    • Menuliskan bilangan besar menggunakan tabel notasi nilai tempat, dan memanfaatkan kelebihan pemisahan per-3 digit untuk membaca bilangan tersebut.
  • Mengetahui bagaimana cara menulis milyaran, puluhan milyar, dan ratusan milyar.
    • 10 kumpulan 100 juta adalah 1.000.000.000 (1 miliar).
    • 10 kumpulan 1 miliar adalah 10.000.000.000 (10 miliar).
    • 10 kumpulan 10 miliar adalah 100.000.000.000 (100 miliar).
Kegiatan Penutup
  • Siswa dapat menyimpulkan isi materi pada pembelajaran hari ini.
  • Siswa mengkomunikasikan kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini.
  • Siswa menerima apresiasi dan motivasi dari guru.
Pertemuan Ke-2
Kegiatan Pendahuluan

  • Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.
  • Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.
  • Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi dan motivasi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan Inti
  • Mempertimbangkan jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, dan memperhatikan nilai tempat 100 miliar.
    • Melatih kembali cara membaca bilangan kurang atau sama dengan 100 miliar dengan mencari tahu dari nilai tempat berapa dapat membacanya.
    • Menekankan notasi nilai tempat 100 juta.
      • 10 kumpulan 100 juta, 1.000.000.000
      • 10 kumpulan 1 miliar, 10.000.000.000
      • 10 kumpulan 10 miliar, 100.000.000.000.
  • Memikirkan nilai tempat ke-9 di paling kiri, berapa kumpulan 100 miliar.
    • Dengan memanfaatkan pemikiran pada nomer 1, menekankan bahwa 10 kumpulan 100 miliar akan menghasilkan 1.000.000.000.000.
  • Mengkonfimasi istilah 1 triliun.
    • Dengan memikirkan cara membaca jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, memberitahukan ke siswa 10 kumpulan 100 miliar disebut dengan 1 triliun, dan ditulis dengan 1.000.000.000.000.
  • Bacalah jarak tempuh cahaya dalam setahun.
  • Baca jarak dari Bumi ke Matahari.
    • Membaca jarak dari Bumi ke Matahari dengan berdasarkan pada pemisahan tiap 3 digit angka.
Kegiatan Penutup
  • Siswa dapat menyimpulkan isi materi pada pembelajaran hari ini.
  • Siswa mengkomunikasikan kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini.
  • Siswa menerima apresiasi dan motivasi dari guru.
Pertemuan Ke-3
Kegiatan Pendahuluan
  • Peserta didik dan Guru memulai dengan berdoa bersama.
  • Peserta didik disapa dan melakukan pemeriksaan kehadiran bersama dengan guru.
  • Pembiasaan membaca/ menulis/ mendengarkan/ berbicara selama 15-20 menit materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat ,cerita inspirasi dan motivasi.
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
Kegiatan Inti
  • Mempertimbangkan jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, dan memperhatikan nilai tempat 100 miliar.
    • Melatih kembali cara membaca bilangan kurang atau sama dengan 100 miliar dengan mencari tahu dari nilai tempat berapa dapat membacanya.
    • Menekankan notasi nilai tempat 100 juta.
      • 10 kumpulan 100 juta, 1.000.000.000.
      • 10 kumpulan 1 miliar, 10.000.000.000.
      • 10 kumpulan 10 miliar, 100.000.000.000.
  • Memikirkan nilai tempat ke-9 di paling kiri, berapa kumpulan 100 miliar.
    • Dengan memanfaatkan pemikiran pada nomer 1, menekankan bahwa 10 kumpulan 100 miliar akan menghasilkan 1.000.000.000.000.
  • Mengkonfimasi istilah 1 triliun.
    • Dengan memikirkan cara membaca jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun, memberitahukan ke siswa 10 kumpulan 100 miliar disebut dengan 1 triliun, dan ditulis dengan 1.000.000.000.000.
  • Bacalah jarak tempuh cahaya dalam setahun.
  • Baca jarak dari Bumi ke Matahari.
    • Membaca jarak dari Bumi ke Matahari dengan berdasarkan pada pemisahan tiap 3 digit angka.
  • Membaca jumlah kertas yang digunakan di Jepang dalam satu tahun (2007) dan jumlah minyak yang ada di bumi (2007).
    • Gunakan cara berpikir notasi nilai tempat untuk membaca bilangan hingga nilai tempat triliunan. Pada saat itu, Buat supaya siswa mengenali bahwa bilangan tersebut lebih mudah dibaca dengan memisahkan setiap 3 digit, dengan memperhatikan adanya celah kecil di setiap 3 digit.
    • Tulis bilangan besar menggunakan tabel notasi nilai tempat dan manfaatkan kelebihan pembagian 3 digit tersebut agar anak dapat membaca bilangan tersebut.
  • Mengerjakan Soal Latihan.
  • Memahami cara kerja bilangan cacah besar dan cara membacanya.
    • Memahami kelebihan dari pemisahan setiap 3 digit angka.
Kegiatan Penutup
  • Siswa dapat menyimpulkan isi materi pada pembelajaran hari ini.
  • Siswa mengkomunikasikan kendala yang dihadapi dalam mengikuti pembelajaran hari ini.
  • Siswa menerima apresiasi dan motivasi dari guru.

E. Refleksi
Pertanyaan refleksi untuk peserta didik
  • Bagaimana dari materi yang kalian rasa paling sulit?
  • Apa yang kalian lakukan untuk dapat lebih memahami materi ini?
  • Apakah kalian memiliki cara sendiriuntuk memahami materi ini?
  • Kepada siapa kalian akan meminta bantuan untuk memahami materi ini?
  • Jika kalian diminta memberikan bintang dari 1 sampai 5, berapa bintang yang akan kalian berikan pada usaha yang kalian lakukan untuk memahami materi ini?
Pertanyaan refleksi untuk guru.
  • Apakah 100 % peserta didik mencapai tujuan pembelajaran? Jika tidak, berapa persen kira-kira peserta didik yang mencapai pembelajaran?
  • Apa kesulitan yang dialami peserta didik sehingga tidak mencapai tujuan pembelajaran? Apa yang akan anda lakukan untuk membantu peserta didik?
  • Apakah terdapat peserta didik yang tidak fokus? Bagaimana cara guru agar mereka bisa fokus pada kegiatan berikutnya?
 
F. Asesmen/ Penilaian
Pertemuan Ke-1
Asesmen pertemuan ke-1 dilakukan dengan membaca jumlah penduduk Indonesia.
Pertemuan Ke-2
  • Jarak tempuh cahaya dalam satu tahun 9.460.000.000.000 km.
    • Coba pikirkan seperti saat kalian membaca nilai tempat 100 juta.
  • Lipatlah tabelnya terlebih dahulu, dan saat diperlukan kalian dapat memperlihatkan kolom yang lebih dari 10 triliun.
  • Rahasia tabel notasi nilai tempat.
    • Satu, sepuluh, seratus, dan seribu akan keluar berulang kali.
    • Satu, sepuluh, seratus, dan seribu berpadu pada satu unit.
    • Setelah nilai tempat ribuan akan muncul penamaan yang baru.
  • Cara Membaca Bilangan Cacah Besar.
    • Jika kalian menggunakan nilai tempat 10 ribuan, 100 jutaan, dan 1 triliunan dengan baik, maka kalian akan mudah untuk membacanya.
    • Pisahkan bilangan pada setiap tiga digit, lalu berilah tanda pada seribu, 1 juta, 1 milliar, dan 1 trilliun.
Pertemuan Ke-3
  • Jarak tempuh cahaya dalam satu tahun 9.460.000.000.000 km.
    • Coba pikirkan seperti saat kalian membaca nilai tempat 100 juta.
  • Temukan rahasia dalam tabel notasi nilai tempat dan buat bilangan besar jadi lebih mudah dibaca.
  • Lipatlah tabelnya terlebih dahulu, dan saat diperlukan kalian dapat memperlihatkan kolom yang lebih dari 10 triliun.
  • Rahasia Tabel Notasi Nilai Tempat.
    • Satu, sepuluh, seratus, dan seribu akan keluar berulang kali.
    • Satu, sepuluh, seratus, dan seribu berpadu pada satu unit.
    • Setelah nilai tempat ribuan akan muncul penamaan yang baru.
  • Cara Membaca Bilangan Cacah Besar.
    • Jika kalian menggunakan nilai tempat 10 ribuan, 100 jutaan, dan 1 triliunan dengan.
    • Baik, maka kalian akan mudah untuk membacanya.
    • Pisahkan bilangan pada setiap tiga digit, lalu berilah tanda pada seribu, 1 juta, 1 miliar, dan 1 triliun.
 
G. Kegiatan Pengayaan dan Remedial
Kegiatan Pengayaan.
Peserta didik dengan nilai rata-rata dan nilai diatas rata-rata mengikuti pembelajaran dengan pengayaan.
Remedial
Diberikan kepada peserta didik yang membutuhkan bimbingan untuk memahami materi atau pembelajaran mengulang kepada siswa yang belum mecapai CP.

 
Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 4

Nama Guru Gurnulis
 
LAMPIRAN
A. Lampiran Lembar Kerja Peserta Didik
Berisikan lembar kerja peserta didik.
 
B. Bahan Bacaan 
Bahan Bacaan Guru dan Peserta Didik
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV – Vol 1, Penulis : Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-540-1.
  • Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1, Penulis : Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-542-5

C. Glosarium
Berdasarkan alur ketika berpikir tentang cara membaca populasi penduduk Jepang dan poin yang perlu diingat dari apa yang sudah dipelajari, saat siswa mengerjakan tugas dan soal baru, perlu selalu mempertimbangkan bahwa ada perbedaan tiap individu dalam menyimpan pengalaman yang sudah dipelajari. Dengan kata lain, penting untuk diketahui bahwa anak-anak memiliki pemahan yang berbada satu sama lainnya.
Oleh karena itu, penting untuk memantau sejauh mana setiap anak dapat membaca nilai bilangan dengan pertanyaan awal (Sajikan sekitar 10 pertanyaan yang memperhitungkan apa yang telah dipelajari di kelas sebelumnya dan analisis jawaban yang salah. Ini dapat digunakan sebagai penilaian formatif.) untuk melakukan bimbingan dari meja ke meja dan melaksanakan unit ini di kelas. 
Selanjutnya, untuk menanggapi hal di atas, perlu meninjau kembali pembelajaran hingga tahun ketiga dan mengajar menggunakan kartu tambahan (Kartu petunjuk untuk memandu jawaban yang benar pada bagian yang sulit bagi siswa) saat membaca angka hingga urutan 10 juta (Bagian ini adalah review sampai tingkat sebelumnya). Terakhir, dengan memanfaatkan gagasan di atas, kita dapat mendorong siswa untuk menyatakan bahwa 10 kumpulan 1 juta adalah 10 juta. Pada saat itu, penting juga untuk meminta siswa untuk menanggapi metode penulisan dan cara membaca. Selain itu, untuk menumbuhkan pandangan yang beragam tentang bilangan, diharapkan untuk menekankan bahwa 10 ribu kumpulan dari 10 ribu adalah 100 juta.
Untuk pembuatan bahan
Jika Anda mengundang instruktur asing untuk melakukan pendidikan pemahaman internasional di sekolah, atau jika Anda ingin menggunakan populasi negara asal instruktur sebagai referensi, Anda dapat memperoleh materi dari homepage "Statistik Dunia" dari "Pusat Statistik, Biro Statistik, Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi".
Cara Menggunakan Notasi Nilai Tempat
Untuk anak-anak yang tidak bisa membaca angka besar dengan benar, gunakan kartu notasi nilai tempat atau tabel notasi nilai tempat terlebih dahulu untuk berlatih membaca angka dengan benar. Sangat efektif untuk menyiapkan cetakan kartu notasi nilai tempat. Kelebihan dari tabel notasi nilai tempat adalah dapat membaca angka besar tanpa kesalahan. Selain itu, pada saat membandingkan angka besar secara paralel, anak dapat memahami dengan baik hubungan antara bilangan besar dan kecil, sehingga siswa akan memiliki persuasif secara visual. Namun, alih-alih menggunakan tabel notasi nilai tempat untuk menulis angka selamanya, setelah siswa terbiasa sampai batas tertentu, diharapkan untuk meminta siswa menulis bilangan tanpa menggunakan tabel notasi nilai tempat.
Kelebihan dalam Melihat Satuan 10 Ribuan, 100 Jutaan dan Triliunan
Pada buku ajar ini, kami memposisikan pemahaman sistem notasi desimal sebagai inti/pusat dari pembimbingan. Dengan kata lain, penekanannya ada pada pandangan kelebihan dari notasi nilai tempat 10.000, 100 juta, dan triliun. Misalnya, jika jarak yang ditempuh cahaya dalam satu tahun dinyatakan sebagai bilangan aritmatika, maka akan menjadi 9.460.000.000.000. Namun jika dilihat dari satuan jutaan, milyaran, dan triliunan maka bisa dinyatakan dengan 9 triliun 460 miliar. Seperti yang dapat Anda lihat dari metode notasi di atas, lebih mudah dibaca jika ditulis dalam satuan 10 ribu, 100 juta, dan 1 triliun. Ini karena hanya ada sedikit angka 0. Dengan kata lain, jika kita mengadopsi pandangan 10 ribu, 100 juta, atau 1 triliun, itu akan lebih mudah dibaca, dan kita tidak perlu menulis banyak angka 0. Penting untuk mengutamakan pembimbingan yang menitikberatkan pada kelebihan tersebut. Selain itu, karena ini juga mengarah pada situasi berpikir bagaimana menghitungan empat operasi aritmatika dalam kisaran satuan 10 ribu, 100 juta dan 1 triliun di dalam subunit "3. Perhitungan Bilangan Besar", maka diharapkan untuk melaksanakannya dengan hati-hati.
Bagaimana Memisahkan Bilangan Cacah Besar
Dalam Sistem Bilangan, kita menyatakan bilangan besar dengan beberapa satuan nilai tempat, yaitu dengan memasukkan satuan nilai tempat baru ribuan, jutaan, milliaran, dan trilliunan pada setiap 3 digit angka, untuk menyadari hal ini, tabel notasi nilai tempat sangatlah efektif. Saat menggunakan tabel notasi nilai tempat, diharapkan guru membuat siswa sadar bahwa di samping satuan nilai tempat baru akan muncul setiap tiga digit. Selain itu, jika siswa menguasai cara baca dengan pemisah setiap 3 digit, Anda tidak perlu memberikan notasi nilai tempat satu persatu seperti satuan, puluhan, ribuan dan seterusnya. Dengan memadukan angka sebagai bagian dari 3 digit Selain itu, menurut kebijaksanaan umum, bilangan dapat dinyatakan dengan menggunakan tanda "." setiap 3 digit. Mengenai penerapan pembatas 3 digit ini, diharapkan untuk memperlakukannya sebagai pengantar singkat agar siswa bisa memikirkan kelebihan dari pembatas 3 digit tersebut. Contohnya dalam kasus 9387416000000000, jika dipisahkan oleh 3 digit, maka 9.387.416.000.000.000.
Bagaimana Memisahkan Bilangan Cacah Besar
Dalam Sistem Bilangan, kita menyatakan bilangan besar dengan beberapa satuan nilai tempat, yaitu dengan memasukkan satuan nilai tempat baru 10 ribuan, jutaan, milliaran, trilliunan pada setiap 3 digit angka, untuk menyadari hal ini, tabel notasi nilai tempat sangatlah efektif. Saat menggunakan tabel notasi nilai tempat, diharapkan guru membuat siswa sadar bahwa di samping satuan nilai tempat baru akan muncul setiap tiga digit.  Jika siswa menguasai cara baca dengan pemisah setiap 3 digit, Anda tidak perlu memberikan notasi nilai tempat satu persatu seperti satuan, puluhan, ratusan, dan seterusnya. Dengan memahami angka sebagai bagian dari tiga digit, angka besar dapat dibaca secara efisien. Selain itu, menurut kebijaksanaan umum, bilangan dapat dinyatakan dengan menggunakan tanda "." setiap 3 digit. Mengenai penerapan pembatas 3 digit ini, diharapkan untuk memperlakukannya sebagai pengantar singkat agar siswa bisa memikirkan kelebihan dari pembatas 3 digit tersebut. Contohnya dalam kasus 9387416000000000, jika dipisahkan oleh 3 digit, maka 9.387.416.000.000.000.
 
D. Daftar Pustaka
  • Tim Gakko Tosho, Penyadur: Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-540-1, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Buku Panduan Guru Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV – Vol 1.
  • Tim Gakko Tosho, Penyadur : Zetra Hainul Putra, ISBN : 978-602-244-542-5, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 2021, Belajar Bersama Temanmu Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas IV - Volume 1.
 

Penutup

Demikianlah unduhan Kumpulan Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Tetap semangat untuk memerdekakan pembelajaran. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

1 Komentar untuk "Unduh Modul Ajar Matematika Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka"

Buk Sri mengatakan...

alhamdulilah sangat membantu sekali, terimakasi banyak

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel