Iklan Header

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 4 (Kelas 7 dan 8)

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Soal-soal AKM literasi teks fiksi level 4 untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP/ MTs

Assalamualaikum, halo sahabat Gurnulis. Kita berjumpa kembali dalam blog guru ndeso ini ya. Kalau sebelumnya penulis berbagi kumpulan soal AKM untuk Sekolah Dasar (level 1, level 2, dan level 3), kini penulis beranjak naik pada tingkatan Sekolah Menengah Pertama. Kalau sahabat pendidik belum sempat berliterasi pada kumpulan soal AKM numerasi level 3, sahabat boleh meng-klik tautannya terlebih dahulu. Tautan akan mengarah pada tab baru pada peramban yang digunakan oleh sahabat pendidik.

Kembali membahas AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum. AKM adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional atau AN. Asesmen Nasional atau AN sendiri merupakan sebuah rogram evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap  sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Soal-soal AKM yang dibahas pada artikel kali ini adalah soal-soal AKM literasi teks fiksi. Teks fiksi merupakan literasi pada teks-teks yang ditujukan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada pembaca. Literasi teks fiksi merupakan bagian dari kompetensi dasar literasi membaca pada AKM. Literasi membaca adalah kemampuan peserta didik atau murid dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Penulis telah menyajikan beberapa artikel terkait Asesmen Nasional dan Asesmen Kompetensi Minimum. Berikut adalah daftar tautannya. Sahabat boleh membukanya satu persatu.

  1. Bahasan Asesmen Nasional (AN)
  2. Bahasan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
  3. Komponen AKM
  4. Bentuk Soal AKM Literasi Membaca

Soal AKM literasi teks fiksi level 4 untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP atau MTs pada blog ini bersumber dari laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyusunnya sebagaimana susunan di bawah. Untuk versi yang lebih teratur, sahabat pendidik dapat mengunduh file PDF-nya di akhir tulisan. Jadi, sahabat boleh menyimak baik-baik tulisan ini sampai akhir dan bertemu dengan tautan unduhannya.

 

Kompetensi Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 1 (pilihan ganda)

Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh
 
“Aku tadi menawarkan bibit pohon belimbing kepada beberapa tetangga. Kalau mereka ikut menanam pohon, jalan kampung ini akan menjadi lebih teduh. Tidak seperti sekarang, ada bagian yang teduh, ada bagian yang panas,” keluhku. “Ada yang beralasan, air sedang susah didapat. Ada yang berkata, 'Nanti, ya, tunggu musim hujan datang lagi.' Aku kecewa, Yah.”
 
“Hmm... Mereka tidak ingin menggunakan air terlalu banyak. Saat ini, memang sebaiknya kita hemat air,” kata Ayah. Tentu saja, aku semakin merengut. Kalau air tetap sukar didapat, tidak ada orang yang mau menanam pohon belimbing wuluh itu.
 
“Tapi, jangan khawatir. Masalah air untuk menyiram tanaman sebentar lagi akan terbantu oleh proyek Pak RT,” kata Ayah. “Kampung kita akan punya Pandora L.”
 
“Pandora L? Apa itu, Yah?”
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
“Ini maket dari pengolahan limbah yang baru saja selesai dibangun di kampung kita. Bangunan ini ada di dalam tanah dan berguna untuk mengolah limbah rumah tangga saja, seperti air cucian,” kata Ayah.
 
Air hasil pengolahan dari Pandora L digunakan untuk kegiatan menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Pemasangan Pandora L terletak di Kampung Genteng Candirejo di tengah kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.
 
(Diadaptasi dari Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh karya Tyas KW)
 
Di bawah ini adalah hal-hal yang menjadi topik pembicaraan antara tokoh Aku dan Ayah, kecuali ....
A. kekurangan air di musim kemarau
B. alat untuk mengolah air
C. pengadaan biaya untuk pemasangan pandora
D. penanaman belimbing wuluh

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

2. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 2 (pilihan ganda kompleks)

Persahabatan Itu Indah
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Dialog Drama
Dina : Win, besok pagi kan libur sekolah... kamu ada waktu nggak untuk nemenin aku ke rumah tanteku?
 
Winda : Besok? Aku belum tahu ya ... emangnya kamu ada perlu apa ke rumah tante kamu?
 
Dina : Aku disuruh ibuku nganterin barang titipan tanteku.
 
Winda : Emangnya barang apa?
 
Dina : Aku belum tahu. Entah apa barangnya. Gimana, kamu besok bisa apa nggak?
 
Winda sebenarnya ada acara sendiri, namun dia sulit menolak permintaan Dina.
 
Winda : Ya sudah deh, besok aku anterin kamu. Jam berapa besok? Aku ke rumah kamu atau kamu yang ke rumahku?
 
Dina : Terserah kamu deh, jam 8 atau jam 9 gitu ... kalau kamu mau mending kamu aja yang ke rumah aku.
 
Winda : Ya sudah, besok jam 08.30 aku ke rumah kamu, terus kita langsung ke rumah tante kamu.  
 
Keesokan harinya Winda dan Dina berangkat menuju rumah tante si Dina yang jaraknya sekitar 20 km dari rumah Dina. Pas di tengah-tengah jalan, motor yang dikendarai Dina bannya bocor, dan tidak ada tempat penambalan ban di sekitar situ.  Dhussss… bunyi ban motor Dina
 
Dina : Aduh ... gimana nih, bannya bocor? Kayaknya pecah nih ban!
 
Winda : Gimana ya ... nggak ada bengkel tambal ban lagi di sini.
 
Mereka bedua pun mendorong motor tersebut sambil keringat membasahi tubuh mereka. Setelah hampir 30 menit mendorong motor, tiba-tiba ada sebuah mobil box yang menghampiri mereka. Pengendara mobil box itu menawarkan jasa pengangkutan motor hingga ke bengkel tedekat kepada Dina.
 
Sopir mobil box : Kenapa Non? Bannya bocor ya?
 
Dina : Iya. Bisa minta tolong angkutin motor aku sampai bengkel nggak?  Sopir mobil box : Bisa saja, tapi kasih ongkos 100 ribu ya?
 
Dina : Kok mahal amat, Bang? 50 ribu ya?  Sopir mobil box itu menolak, alhasil Dina dan Winda harus meneruskan mendorong motor mereka.
 
Sopir mobil box : Murah amat, Non! ... Ya sudah kalau nggak mau.  Setelah mendorong motor selama 45 menit, tiba-tiba ada salah seorang sahabat Winda, yaitu Astrid yang kebetulan lewat di jalan itu. Astrid bersama adiknya bernama Hesti.
 
Astrid : Stop.. stop, Hes…!
 
Hesti : Kenapa Kak? Ada apa?
 
Astrid : Itu kayaknya Winda deh... Win… Win…!
 
Winda : Eh, itu Astrid...!
 
Astrid : Motor kamu bocor bannya? Kasihan sekali... kamu mau ke mana nih?
 
Winda : Nih, aku mau nganterin Dina ke rumah tantenya. Nggak tahu nih, bengkel kayaknya masih jauh... aku udah capek banget dorong motor dari tadi. Astrid berusaha memberi pertolongan kepada sahabatnya itu, namun dia juga tidak bisa berbuat banyak karena di sekitar itu memang cukup sepi.
 
Astrid : Aduh ... gimana ya ... ok, gini aja ... kalian kan sudah capek banget nih. Sekarang biar aku yang dorong motor kamu, terus kamu bawa motor aku sambil ngikutin dari belakang.
 
Winda : Emang kamu nggak kecapean entar? Berat lo dorong motor ini....!
 
Astrid : Ya tentu saja kau bakal capek, makanya kita gantian gitu...  Motor tersebut didorong oleh mereka berempat secara bergantian hingga akhirnya mereka tiba di salah satu bengkel tambal ban.
 
Di mana sajakah latar tempat terjadinya peristiwa di dalam drama tersebut?
A. Suatu tempat.
B. Jalan.
C. Bengkel motor.
D. Rumah tante.
D. Rumah Dina.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Suatu tempat, Jalan dan Bengkel motor.

Kompetensi Memahami

1. Memahami teks secara literal

  • Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (Tidak diukur)

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)
Puisi berikut untuk menjawab soal nomor 3 dan soal 4!
Perempuan-perempuan perkasa
 
Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
dari manakah mereka..
Ke stasiun kereta mereka datang dari bukit-bukit desa sebelum peluit kereta pagi terjaga..
Sebelum hari bermula dalam pesta kerja..
 
Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta,
ke manakah mereka..
Di atas roda-roda baja mereka berkendara.
Mereka berlomba dengan surya menuju gerbang kota..
Merebut hidup di pasar-pasar kota..
 
Perempuan-perempuan perkasa yang membawa bakul di pagi buta,
siapakah mereka..
Mereka ialah ibu-ibu berhati baja, perempuan-perempuan perkasa.
Akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota..
Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa..
(Hartoyo Andangjaya, 1963)

Soal nomor 3 (uraian)

Siapakah perempuan-perempuan perkasa yang dimaksud oleh pengarang pada puisi tersebut?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Perempuan-perempuan desa yang berdagang di kota.

Soal nomor 4 (uraian)

Untuk apa perempuan-perempuan itu membawa bakul ke kereta?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Untuk membawa barang dagangan ke kota.
 
  • Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 5, soal nomor 6 dan soal nomor 7!
Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh
 
“Aku tadi menawarkan bibit pohon belimbing kepada beberapa tetangga. Kalau mereka ikut menanam pohon, jalan kampung ini akan menjadi lebih teduh. Tidak seperti sekarang, ada bagian yang teduh, ada bagian yang panas,” keluhku. “Ada yang beralasan, air sedang susah didapat. Ada yang berkata, 'Nanti, ya, tunggu musim hujan datang lagi.' Aku kecewa, Yah.”
 
“Hmm... Mereka tidak ingin menggunakan air terlalu banyak. Saat ini, memang sebaiknya kita hemat air,” kata Ayah. Tentu saja, aku semakin merengut. Kalau air tetap sukar didapat, tidak ada orang yang mau menanam pohon belimbing wuluh itu.
 
“Tapi, jangan khawatir. Masalah air untuk menyiram tanaman sebentar lagi akan terbantu oleh proyek Pak RT,” kata Ayah. “Kampung kita akan punya Pandora L.”
 
“Pandora L? Apa itu, Yah?”
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
“Ini maket dari pengolahan limbah yang baru saja selesai dibangun di kampung kita. Bangunan ini ada di dalam tanah dan berguna untuk mengolah limbah rumah tangga saja, seperti air cucian,” kata Ayah.
 
Air hasil pengolahan dari Pandora L digunakan untuk kegiatan menyiram tanaman dan mencuci kendaraan. Pemasangan Pandora L terletak di Kampung Genteng Candirejo di tengah kota Surabaya, ibu kota Provinsi Jawa Timur.
 
(Diadaptasi dari Hijau Kampungku di Tengah Kota: Aku dan Belimbing Wuluh karya Tyas KW)
 

Soal nomor 5 (uraian)

Dari wacana di atas, bisa disimpulkan bahwa perbincangan antara tokoh Aku dan Ayah terjadi pada musim apa?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Musim kemarau.

Soal nomor 6 (pilihan ganda)

Jika proyek Pak RT telah dilaksanakan, apakah para tetangga akan setuju untuk menanam pohon belimbing wuluh?
A. Tidak, warga akan tetap saja malas menanam dan merawat pohon belimbing wuluh.
B. Ya, karena Kampung Genteng Candirejo telah berhasil mencontohkan cara pengelolaan air limbah.
C. Tidak, karena warga tidak ingin menggunakan air terlalu banyak saat musim kemarau.
D. Ya, karena kekhawatiran kurangnya air di musim kemarau akan terpecahkan dengan dipasangnya Pandora.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 7 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan sikap-sikap berikut, apakah merupakan sikap tokoh aku, sikap tokoh ayah, atau sikap tokoh aku dan tokoh ayah!
  • Peduli terhadap lingkungan di tempat tinggal mereka.
  • Memiliki ide untuk mengatasi masalah yang dihadapi.
  • Mengajak orang-orang di sekitar untuk melakukan gerakan perbaikan.
  • Kecewa karena para tetangga enggan diajak menanam pohon.
  • Optimistis bahwa Pandora akan menjadi solusi kurangnya air di musim kemarau

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Peduli terhadap lingkungan di tempat tinggal mereka (Aku dan Ayah); Memiliki ide untuk mengatasi masalah yang dihadapi (Ayah); Mengajak orang-orang di sekitar untuk melakukan gerakan perbaikan (Aku); Kecewa karena para tetangga enggan diajak menanam pohon (Aku); Optimistis bahwa Pandora akan menjadi solusi kurangnya air di musim kemarau (Ayah).
 

Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (Tidak diukur)

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

  • Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (Tidak diukur)

Demikianlah ulasan soal-soal AKM literasi teks fiksi level 4 untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP/ MTs.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 3 (Kelas 5 dan 6) - www.gurnulis.id
Untuk mendapatkan versi PDF dari soal-soal ini, sahabat pendidik dapat mengakses pada tautan berikut.

UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS FIKSI LEVEL 4

Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 4 (Kelas 7 dan 8)"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel