Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Soal-soal AKM literasi teks informasi level 4 untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP/ MTs

Assalamualaikum sahabat pendidik. Apakah sahabat mencari-cari kumpulan soal AKM literasi teks informasi level 4 untuk kelas 7 dan kelas 8? Kalau iya artinya sahabat pendidik mendapatkan artikel yang tepat pada blog Gurnulis ini. Kali ini penulis hendak berbagi soal AKM literasi informasi untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP/ MTs. Oh ya, sebelumnya penulis telah berbagi kumpulan soal AKM literasi teks fiksi lho. Sahabat boleh membukanya pada tautan tersebut. Tenang saja, tautan tersebut akan terbuka pada tab baru di peramban yang sahabat gunakan.

Sedikit mengingatkan tetang AKM. AKM adalah akronim dari Asesmen Kompetensi Minimum. AKM merupakan penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Apakah sahabat pendidik sudah memahami pengertian Asesmen Nasional? Ya, Asesmen Nasional atan AN merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional sejatinya adalah program penilaian terhadap mutu setiap  sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Teks informasi yang menjadi objek AKM literasi adalah teks yang memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah. Jenis teks informasi yang digunakan pada AKM adalah iklan, dokumen perusahaan atau pemerintahan (nota dinas, undangan, kontrak, pemberitahuan, pengumuman, dan sebagainya), berita, artikel, laporan, pidato, buku pelajaran, pamflet, brosur, buletin, infografis, label (makanan atau obat), resep (makanan atau minuman), ulasan (resensi buku, film, atau drama), jurnal ilmiah, laporan penelitian ilmiah, buku panduan, dan editorial.

Pada postingan-postingan sebelumya penulis telah berpanjang-lebar menjabarkan AKM maupun AN. Sahabat dapat mengaksesnya pada daftar tautan-tautan berikut.

Soal-soal AKM yang terdapat pada artikel ini berasal dari laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyuntingnya menjadi dua bagian, yaitu bagian bacaan dan bagian soal. Hal ini tentunya akan mengurangi kenyamanan. Untuk mendapatkan versi PDF-nya, sahabat dapat meng-klik tautan unduhan di akhir tulisan. Jadi, mohon disimak baik-baik ya. Versi PDF lebih teratur susunan soalnya.

 

Bahan Bacaan Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan Kelas 8)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1, 3, 4, 10, dan 15!
Mengenang Katherine Johnson, Manusia Komputer dari NASA
 
Sumber: tekno.tempo.co
Disadur oleh: Tyas.
Senin, 2 Maret 2020, 09:57 WIB
 
TEMPO.CO, Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat NASA kehilangan orang yang sangat penting dalam bidang upaya eksplorasi luar angkasa awal Amerika. Orang itu adalah seorang matematikawan yang dijuluki manusia komputer, yaitu Katherine Johnson. Ia telah meninggal pada usia 101 tahun pada 24 Februari 2020.
 
Administrator NASA Jim Bridenstine melalui akun Twitter-nya mengabarkan berita duka itu. "Dia adalah pahlawan Amerika dan warisan kepeloporannya tidak akan pernah dilupakan," bunyi unggahan Bridenstine, seperti dikutip VOA News, akhir pekan lalu.
 
Katherine adalah perempuan keturunan Afrika-Amerika yang bekerja dalam program luar angkasa NASA. Dia dan rekan-rekannya dikenal sebagai manusia komputer pada tahun-tahun awal upaya NASA untuk memulai program misi luar angkasa.
 
Mereka menggunakan pensil, penggaris geser, dan mesin penghitung mekanis untuk menghitung jalur roket dan pengorbit di atmosfer dan di luar angkasa. Katherine bekerja pada misi pertama untuk menempatkan orang Amerika di luar angkasa pada tahun 1961. Dia juga mengonfirmasi perhitungan komputer yang dibuat oleh komputer IBM pada 1962.
 
Katherine sempat menerima Presidential Medal of Freedom dari Presiden Barack Obama pada 2015. Saat itu, Administrator NASA Charles Bolden memujinya sebagai pemikir besar yang ikut menentukan arah perkembangan NASA dan Amerika Serikat.
 
Katherine tumbuh di Virginia Barat saat pendidikan bagi orang Afrika-Amerika dibatasi. Namun, kecerdasan otak membawanya ke West Virginia State College pada usia 15 tahun. Dia juga merupakan salah satu murid kulit hitam pertama yang memasuki sekolah pascasarjana di West Virginia University pada 1938.
 
Kemudian, Katherine bekerja untuk sebuah lembaga yang kini bernama NASA dan pensiun pada 1986. Dia mengatakan sangat bangga menghitung jalur untuk pendarat bulan dan pesawat ruang angkasa komando yang mengorbit untuk perjalanan pertama ke bulan, Apollo 11.
 
Katherine menggambarkan kemampuannya di NASA dengan menjelaskan, "Anda beri tahu saya kapan dan di mana Anda ingin turun, dan saya akan memberi tahu Anda di mana dan kapan, serta bagaimana cara meluncurkannya," katanya.
 
Sepanjang masa pendidikannya, Katherine Jonhson berkata bahwa dia berhasil karena dia selalu bertanya–bahkan saat orang-orang mencoba mengabaikannya, dia tetap mengangkat tangannya.
--- 

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 2, 5, dan 9!
Peluang Bioindustri, Potensi Teripang untuk Kesejahteraan Masyarakat Pesisir Indonesia
 
Setelah bergabung dengan tim lingkungan hidup di Bank Dunia tahun lalu, saya menantikan banyak hal, salah satunya adalah melihat terumbu karang yang luar biasa di Negara Indonesia. Dalam sebuah perjalanan baru-baru ini ke Pusat Bioindustri Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Lombok, saya melihat secara langsung seberapa besar potensi teripang.
 
Sejujurnya, teripang yang saya lihat (Holothurian scabra) tidak terlalu menarik. Saya tidak tertarik untuk menyentuhnya apalagi memakannya, tetapi ternyata hewan ini memiliki harga yang sangat mahal. Teripang telah lama diminati di Asia dan Timur Tengah. Studi ilmiah menemukan bahwa hewan kecil berlendir ini penuh dengan nilai nutrisi, mengandung mineral yang luar biasa tinggi, serta menjadi bahan obat. Setelah para ilmuan lebih banyak mempelajari teripang, permintaan global meroket yang membuat konsumen dan perusahaan farmasi dari Amerika Serikat, Eropa, dan Tiongkok berebut teripang.
 
Permintaan teripang yang meningkat mengarah pada panen yang tidak berkelanjutan. Integrated Sustainable Oceans Program dari Bank Dunia mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi eksploitasi laut yang tidak berkelanjutan melalui Program Coral Reef Rehabilitation and Management Program Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI). Di Pulau Lombok, COREMAP – CTI membantu mendanai Pusat Bioindustri LIPI, yaitu wadah para ilmuwan untuk melihat bagaimana komunitas lokal dapat membiakkan berbagai jenis teripang untuk dijual. Tingkat kemiskinan di wilayah pesisir Indonesia ini lebih tinggi daripada rata-rata nasional. Diversifikasi mata pencaharian di masyarakat yang bergantung pada perikanan sangat penting.
 
Karena nilai pasar yang tinggi, biaya awal yang rendah, dan persyaratan teknologi minimal, budidaya teripang bisa menjadi kunci untuk memperkuat ekonomi lokal, meningkatkan ketahanan pedesaan, serta mengurangi tekanan pada habitat sensitif. "Kami memiliki rencana besar untuk masa depan. Pada saat ini, kami sedang memperluas penelitian tentang spesies dengan potensi komersial. Kami juga berencana untuk memperkuat hubungan antara penelitian dan aplikasi, termasuk berbagi teknologi dan penelitian kami dengan sektor swasta dan komunitas lokal,” ungkap Peneliti senior LIPI Hendra Munandar di Pusat Bioindustri.
 
Saat meninggalkan Pusat Bioindustri, saya menyadari betapa perasaan saya tentang teripang telah berubah. Walaupun masih tidak ingin memakannya, saya tidak sabar untuk melihat bagaimana investasi dalam modal pembangunan manusia, ilmu pengetahuan, dan teknologi akan menawarkan peluang besar untuk mengubah mata pencaharian pesisir pedesaan. Jika teripang yang tampaknya tidak mencolok memiliki potensi untuk membuat dampak sebesar ini, coba pikirkan hal apa lagi yang ada di bawah lautan Indonesia yang juga memiliki dampak untuk Indonesia dan masyarakatnya.
 
Penulis: AndrĂ© Rodrigues De Aquino Senior (Natural Resources Management Specialist, Environment and Natural Resources Global Practice, World Bank) Dan  David Kaczan (Economist) Diedit oleh: Eko Budiono


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 6 dan 16!
SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT 
Disadur oleh: Tyas KW
 
Pemerintah menggalakkan keikutsertaan masyarakat untuk memecahkan permasalahan di lingkungan tempat tinggalnya. Salah satu permasalahan tersebut adalah kebersihan sanitasi lingkungan, yang mencakup pengelolaan sampah, limbah rumah tangga, serta saluran air buangan. Untuk menggalakkan keterlibatan masyarakat tersebut, pemerintah menggalang program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Kegiatan STBM dapat dirangkum dalam poster berikut ini.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 7 dan 17!
Perhatikan poster berikut ini!
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 8!
Perhatikan kedua poster berikut ini!
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 10, 11, dan 24!

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 13 dan 29!
 
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Gerhana matahari total ini dimulai dari Afrika, Arab, dan Asia Barat, dengan puncak di Asia Tenggara dan China, kemudian berakhir di Pasifik Barat. Menurut situs timeanddate.com, puncak gerhana bulan total akan terjadi pada 02.22 dini hari WIB, Rabu (3/7/2019). Meski gerhana bulan total hanya melewati Pasifik dan Chile, kita yang berada di Indonesia tetap dapat menikmati fenomena ini secara langsung berkat inovasi terbaru dari NASA. Web NASA membantu menjelaskan fenomena tersebut.  .
 
Sumber: https://sains.kompas.com/
Penulis: Akbar Bhayu Tamtomo
Editor : Inggried Dwi Wedhaswary

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 14!
 
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Otak bisa salah mengira Anda kurang makan ketika bersantap junk food sehingga Anda akan makan lagi.

Menurut Witherly, junk food sering melibatkan bahan-bahan makanan yang bisa “hilang” dalam sekejap. Misalnya saus mayonaise atau lelehan keju mozarela yang mudah meleleh di lidah. Ketika lidah mendeteksi bahwa tidak ada lagi makanan dalam mulut, saraf pengecap akan memberi sinyal ke otak bahwa Anda kurang makan atau sedang tidak makan.

Otak kemudian berpikir Anda kekurangan kalori sehingga akan cepat bereaksi dengan memicu pelepasan hormon lapar ghrelin untuk mencegah Anda kelaparan. Akibatnya, Anda cenderung makan berlebihan saat sedang bersantap makanan cepat saji.
Kita jadi lemot dan lebih sulit berpikir ketika sudah kecanduan junk food.
Sebuah penelitian dalam American Journal of Clinical Nutrition tahun 2011 menunjukkan bahwa individu sehat yang makan junk food selama lima hari berturut-turut mengalami penurunan fungsi kognitif otak. Ini ditandai dengan kurangnya fokus perhatian, kecepatan bertindak, ingatan yang lebih buruk, serta perubahan mood drastis.

Di dalam otak, dopamin dosis tinggi yang dihasilkan setelah makan junk food menghambat kerja hippocampus dan menyebabkan peradangan. Hippocampus merupakan tempat pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang.
Selain itu, makanan tinggi gula dan lemak dapat menurunkan fungsi sinaps otak yang bertanggung jawab untuk pembelajaran dan kemampuan mengingat, serta mengganggu aktivitas peptida otak yang disebut brain-derived neurotrophic factor (BNFD) yang membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 18, 20, 21, 22, dan 23!
Praktik STEM
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Berangkat dari keprihatinan siswa SMP Negeri 23 Bandung melihat krisis air bersih di sekolah, mereka bereksperimen membuat alat penjernih air sederhana. Kondisi air di sekolah yang bersumber dari air sumur resapan warnanya kuning dan keruh, serta berbau besi, tentu saja tidak dapat dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti wudhu dan buang air.
 
Guru pembimbing, Amalia Sholihah menangkap keprihatinan para siswa didiknya kemudian mengajak mereka mencari solusi dengan melakukan riset mandiri. 'Ketika membuat ini anak-anak sempat stres, karena tidak terbiasa. Biasanya kan berupa resep, kalau ini harus menggali, mencari tahu sendiri, tapi begitu lihat hasilnya dia sangat berbahagia,' tutur Amalia guru IPA.
 
Dari hasil penelitian, siswa menemukan bahan-bahan yang harganya terjangkau tapi efektif menjernihkan air, yaitu ziolit berbentuk seperti kerikil dengan ukuran kecil dan sedang, pasir aktif, arang aktif, dan filter akuarium. Bahan-bahan ini kemudian ditakar dan disusun pada wadah yang sudah tidak terpakai, seperti botol air mineral bekas atau pipa.
 
Dari percobaan yang dilakukan, susunan paling efektif untuk menjernihkan air adalah ziolit dengan ukuran kecil pada posisi paling bawah, dilanjutkan arang aktif, pasir aktif, lalu diisi kembali dengan ziolit berukuran sedang. Terakhir, posisi teratas dipasang filter akuarium. Hasilnya, ketika air tercemar dituang, air yang semula kuning, keruh, dan berbau, menjadi bening dan tidak berbau sama sekali. Air juga dapat mengalir dengan lancar, tidak mengalami penyumbatan.
 
Bukan sekadar efektif, namun bahan-bahan tersebut harganya pun terjangkau, sehingga terbeli oleh siswa. Masing-masing bahan tersebut harganya berkisar antara tiga ribu hingga dua belas ribu rupiah. 'Kalau kita lihat di internet harga filter itu dua juta, tidak mungkin terbeli oleh anak-anak saya yang keluarganya menengah ke bawah,' ungkap Amalia.
 
Selain dapat dirasakan langsung manfaatnya, hasil pembelajaran STEM siswa SMP Negeri 23 Bandung ini juga seringkali diikutkan pada ekspos karya pelajar, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Tidak puas hanya sampai di sini, Amalia ingin para siswa dapat mengemas penjernih air dalam wadah menarik, sehingga memiliki nilai ekonomis. 'Lumayan untuk pemasukan, membantu ekonomi keluarga mereka,' harap Amalia.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 19!
Bacalah teks di bawah ini!
 
Di perkotaan, anak-anak dengan mudah dapat bersekolah sampai jenjang pendidikan yang setinggi-tingginya. Namun, tidak demikian bagi anak-anak yang berada di pedesaan dan di pelosok negeri.  Simak tiga cuplikan berikut dari Buku Laskar Pelangi, yang ditulis oleh Andrea Hirata. Buku ini berkisah tentang anak-anak dari keluarga penambang yang miskin di Pulau Belitong. Mereka sekolah di sebuah sekolah dasar yang gedungnya sudah tidak layak pakai. Ketiga cuplikan ini merupakan bagian awal cerita. Menariknya, Andrea Hirata langsung menyuguhkan konflik seputar persoalan pendidikan yang ada di negeri ini.
 
Teks 1:
 “Hari itu adalah hari yang agak penting: hari pertama masuk SD. Di ujung bangku-bangku panjang tadi ada sebuah pintu terbuka. Kosen pintu itu miring karena seluruh bangunan sekolah sudah doyong seolah akan roboh.”
(Sumber: Bab 1, halaman 1, Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)
 
Teks 2:
“Aku cemas … karena beban perasaan  ayahku menjalar ke sekujur tubuhku …. Aku tahu beliau sedang gugup dan aku maklum bahwa tak mudah bagi seorang pria berusia empat puluh tujuh tahun, seorang buruh tambang yang beranak banyak dan bergaji kecil, untuk menyerahkan anak laki-lakinya ke sekolah. Lebih mudah menyerahkannya pada tauke pasar pagi untuk jadi tukang parut atau pada juragan pantai untuk menjadi kuli kopra agar dapat membantu ekonomi keluarga.”
(Sumber: Bab 1, halaman 2, Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)
 
Teks 3:
Keluarga Lintang berasal dari Tanjong Kelumpang, desa nun jauh di pinggir laut. Menuju ke sana harus melewati empat kawasan pohon nipah, tempat berawa-rawa yang dianggap seram …. Selain itu di sana juga tak jarang buaya sebesar pangkal pohon sagu melintasi jalan. Kampung pesisir itu secara geografis dapat dikatakan sebagai wilayah paling timur di Sumatra, daerah minus nun jauh masuk ke pedalaman Pulau Belitong.”
 
(Sumber: Bab 2, halaman 11 , Buku Laskar Pelangi, Andrea Hirata, diterbitkan oleh Penerbitan Bentang, 2008)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 25!

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Plastik berupa kemasan makanan atau plastik sekali pakai kerap kali dianggap tak bernilai setelah digunakan, akibatnya sampahnya tidak terkelola dengan baik. Dari hasil survei Katadata Insight Center (KIC), kesadaran masyarakat untuk memilah plastik dari sampah rumah tangga masih rendah, yakni pada kisaran 22% dari total responden rumah tangga yang memang telah memilah sampahnya. Data ini diperkuat oleh Asosiasi Industri Olefin Aromatik dan Plastik Indonesia (INAPLAS) yang menyebutkan bahwa tingkat daur ulang dari sampah plastik di Indonesia saat ini baru 17%. Karena itu, upaya peningkatan dalam pengelolaan sampah plastik perlu didorong melalui pendekatan ekonomi sirkular. 
 
SUMBER : https://katadata.co.id
Penulis: Tim Publikasi Katadata
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 26!
Mengajak Anak Mengambil Teladan dari Kisah Pewayangan
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
SAHABAT KELUARGA – Semua anak hampir bisa dipastikan menyukai dongeng dan kisah. Salah satunya karena mendengarkan sebuah kisah terasa lebih menyentuh jiwa. Termasuk kisah pewayangan. Jika Anda terlahir sebagai orang Jawa, kisah pewayangan bisa menjadi salah satu alternatif menarik dalam mendidik anak. Mengapa kisah pewayangan bernilai penting?
 
Pertama, wayang merupakan kekayaan lokal yang unik dan istimewa.
 
Pentas wayang sangat ramai dan meriah. Pertunjukan ini melibatkan crew yang banyak dan pembagian peran yang cukup rumit. Tugas masing-masing peran juga sangat unik. Hasilnya, sebuah pertunjukan kolaborasi yang sangat indah dan menawan.
 
Tidak dipungkiri, sejarah kebudayaan Hindu hingga saat ini masih mewarnai kanvas seni budaya Nusantara. Begitupun cerita wayang yang asal-muasalnya dari India dengan mayoritas Hindu-nya. Namun dalam sejarah perkembangan wayang di Indonesia, cerita pewayangan telah dimodifikasi dengan muatan-muatan Islam. Wayang pernah menjadi sarana dakwah Sunan Kalijaga di Pulau Jawa. Hal ini tentu saja tidak hanya menguatkan khasanah budaya lokal, wayang sekaligus bisa menjadi bentuk himbauan dan tuntunan bagi masyarakat. Melalui wayang, anak juga belajar mengasah literasi budaya sebagai bagian dari bangsa Indonesia.
 
Kedua, melalui wayang anak lebih mengenal keragaman.  Menyiapkan anak untuk menjadi pemimpin di masa depan, salah satunya tentu dengan menyiapkan mental kolaboratif dengan aneka perbedaan. Keragaman peran adalah salah satu poin penting yang bisa kita tanamkan melalui pentas wayang. Anak-anak bisa mengamati sebelum kemudian menyukai dan memilih salah satu peran yang ingin dikuasai. Apakah menjadi dalang, sinden, waranggana, atau pemusik yang ragamnya pun masih sangat banyak. Melalui wayang anak belajar mencintai budaya sendiri untuk kemudian menghormati budaya dari suku lain di Indonesia.
 
Tokoh pewayangan yang beragam membuat anak mengenal lebih banyak jenis karakter manusia. Dengan mendalami peran tokoh protagonis-antagonis Pandawa-Kurawa hingga humor ala Punakawan, anak-anak tentu memiliki wawasan yang lebih kaya. Dengan modal ini, diharapkan anak lebih siap bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang di masa depannya.
 
Ketiga, kisah pewayangan sarat hikmah dan pelajaran.
 
Cerita-cerita yang dihadirkan dalam dunia wayang seringkali merupakan potret dari realita kehidupan. Tidak sekadar hiburan bagi masyarakat, dalam cerita wayang ada kritik sosial dan usulan serta masukan idealita sebuah masyarakat.
 
Wayang menampilkan pesan-pesan moral. Dalang yang bertugas memainkan wayang telah dididik melalui pendidikan yang panjang. Dalang tidak hanya bertugas menghafalkan tokoh dan jalan cerita, bahkan dalang seolah wajib menyampaikan pesan-pesan kebaikan melalui sajak dan syair di dalam ­ceritanya.
 
Di era milenial ini tidak bisa dipungkiri bahwa anak-anak kita lebih hafal tokoh-tokoh Barat dibandingkan dengan tokoh lokal dalam dunia pewayangan. Ini tentu menjadi pekerjaan rumah kita semua yang ingin kembali menguatkan literasi budaya di kalangan anak-anak Indonesia. Barangkali perlu digalakkan lagi progam nonton bareng pentas wayang, membaca kisah-kisah pewayangan, mengunjungi Museum Wayang, atau bahkan memberi kesempatan pada anak untuk ’mencicipi’ pertunjukan wayang. Jika tidak dimulai dari rumah kita, dari mana lagi?
 
(Wahtini, S.Pd.- Penulis Lepas).
 
Sumber: sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 27!

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Oleh: Mindy Paramita/ Menur Adhiyasasti
 
Saat harus #dirumahaja kala Ramadan, semangat kita untuk berbagi harus tetap tinggi. Karena, Ramadan tak hanya sekadar membersihkan diri dengan menahan haus, lapar, dan hawa nafsu, tapi juga berlomba mendapat pahala yang berlipat ganda dalam melakukan hal yang positif, salah satunya dengan bersedekah atau berbagi.
 
Jika saat keadaan normal berbagi bisa dilakukan secara langsung, kali ini berbagi tetap bisa dilakukan walau sedang #dirumahaja. Apa saja, ya pilihannya?
 
Berbagi lewat aplikasi online.
 
Ya, online adalah cara termudah untuk bisa bersedekah tanpa harus berinteraksi atau melakukan kontak saat kondisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) seperti saat ini. Ada banyak pilihan berbagi, mulai dari menolong mereka yang sedang dalam masa pengobatan penyakit lewat Kitabisa.com atau lewat lembaga penyalur zakat seperti Rumah Zakat dan Dompet Dhuafa bagi mereka yang kurang mampu. Anda tinggal klik pilihan pada siapa Anda ingin mengirimkan bantuan dan situs akan memberikan nomor rekening. Anda pun kemudian akan mendapat laporan pertanggungjawaban saluran donasi.
 
Mengirimkan makanan pada tetangga atau warga sekitar.
 
Berbagi tak harus pada mereka yang kurang mampu, kita juga bisa saling berbagi dengan tetangga atau warga sekitar rumah. Bagaimana caranya? Jika kita memasak, lebihkan sedikit untuk berbagi. Jika kita memesan makanan secara online, mungkin memesan lebih dari satu bisa menjadi pilihan. Saat mengantar, tetap perhatikan syarat PSBB dengan berjaga jarak dan menggunakan masker. Atau jika Anda memesan secara online, Anda bisa langsung mengirimkan langsung ke alamat penerima. Tak ada alasan untuk tidak beramal salih di bulan baik.
 
Keranjang berbagi untuk mereka yang membutuhkan.
 
Nah, ini cara baru yang lebih variatif dan marak dilakukan saat PSBB. Beberapa rumah sudah memberlakukan keranjang berbagi. Apa itu? Keranjang berbagi adalah tempat Anda menaruh makanan atau alat pembersih (seperti hand sanitizer, masker, tisue basah, atau disinfektan) yang bisa diambil oleh mereka yang membutuhkan. Bisa ditaruh di teras rumah Anda, atau di pos satpam komplek rumah. Mereka (penghuni komplek juga Anda) bisa menaruh apa saja di dalam kotak atau keranjang, untuk kemudian boleh diambil oleh siapapun (baik ojek online atau mereka yang kurang mampu).
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 28!
Literasi, Jiwa Dunia Pendidikan
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)
Pendidikan adalah proses pembelajaran seseorang dalam memahami suatu kondisi atau gejala pada kehidupan nyata. Pembelajaran berarti tahapan seseorang untuk dapat mengerti perihal kajian yang dipelajari. Mempelajari adalah keadaan seseorang melakukan kegiatan membaca dan menulis.
 
Membaca artinya menggunakan mata untuk melihat objek dan otak untuk menginterpretasi objek serta mengambil makna suatu objek, sedangkan menulis artinya menggunakan otak sebagai alat berpikir dalam menuangkan gagasan melalui tangan berupa tulisan-tulisan yang memiliki ilmu atau makna akan peristiwa. Jadi, membaca dan menulis merupakan awal terciptanya suatu pendidikan.
 
Membaca tidak hanya sekedar melihat susunan alfabet di atas lembar putih tetapi jauh lebih dari itu, yakni memahami isi tulisan bahkan mampu mengkritisi bahasan tulisan yang telah dibaca. Membaca adalah unsur pertama dan utama dalam menyerap beraneka ragam ilmu dari manapun. Tanpa membaca tidak ada satu orang pun di muka bumi ini yang pandai dan cerdas. Albert Einstein adalah seorang yang genius dan ia memeroleh dengan cara membaca.
 
Menulis tak sebatas menumpahkan tinta pada bidang datar, melainkan merangkai alfabet satu demi satu sehingga terbentuk suatu tulisan yang menampilkan ide penulis dalam menyampaikan isi bahasan pada pembaca. Menulis merupakan unsur pertama dan utama dalam memaparkan rangkaian alfabet hingga berbentuk suatu tulisan untuk dipahami dan dikritisi oleh pembaca.
 
Selain itu, menulis juga merupakan kegiatan menuangkan segala macam gagasan yang dapat dijadikan pedoman dan acuan terhadap pendidikan untuk menambah ilmu. Raden Ajeng Kartini, yang merupakan seorang penulis tersohor di masanya, selalu menuangkan pemikirannya dalam bentuk tulisan hingga mampu mengubah pandangan orang Belanda terhadap kaum pribumi saat itu.
 
Membaca bukan saja melihat, tetapi juga menerka dan mengkritisi tulisan yang tidak sesuai dengan pola pikir kita terhadap bahasan yang disajikan penulis. Menulis tak hanya menggoreskan ujung pena pada kertas, melainkan mengubah pola pandang kita terhadap pemikiran yang disampaikan penulis mengenai suatu kajian.
 
Membaca dan menulis itu ibarat dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan dan saling mengungguli, sebab keduanya harus berjalan berdampingan agar membentuk suatu kemampuan dan keterampilan dalam jiwa setiap insan.
 
Literasi atau kegiatan membaca dan menulis ini memiliki kedudukan penting dalam dunia pendidikan. Tanpa kehadiran keduanya, dunia pendidikan itu ibarat ruang hampa tanpa isian dan tak bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia. Literasi memegang peran kunci pada dunia pendidikan yakni, sebagai fondasi yang memberikan kekuatan dalam membangun dan membentuk dunia pendidikan bagi semua orang.
 
Tak berhenti di situ, literasi juga merupakan tulang punggung pendidikan, sebab hanya dengan literasi semua orang dapat mengenyam pendidikan walau tak harus berada di bangku sekolah dan karenanya tercipta manusia pandai dan cerdas. Oleh sebab itu, sangat penting membudayakan kegiatan literasi yaitu baca dan tulis dalam kehidupan masyarakat untuk membangun dunia pendidikan bagi seluruh manusia.
 
Indonesia sebagai salah satu negara yang mengedepankan pendidikan, ternyata mengalami kendala berupa penurunan tingkat literasi dalam kehidupan masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan menurunnya nilai serap kemampuan akademik dari tahun ke tahun yang disebabkan oleh menurunnya minat baca dan tulis pelajar.
 
Berdasarkan pengamatan yang saya lakukan terhadap sepuluh siswa-siswi di desa Kedungmoro, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur dengan dua latar belakang lembaga pendidikan berbeda (SD dan MI), ternyata hanya dua siswa yang melakukan kegiatan literasi, baik di sekolah maupun di rumah. Sangat miris jika melihat cermin literasi yang berlangsung selama ini, namun itulah bukti kegiatan literasi yang ada di dunia pendidikan Indonesia saat ini.
 
Sumber : badanbahasa.kemdikbud.go.id
 

Kompetensi Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 1 (pilihan ganda)

Khaterine Johnson mampu bersekolah di West Virginia State College saat pendidikan bagi orang Afrika-Amerika dibatasi di Virginia Barat. Hal tersebut disebabkan oleh ....
A. kemampuan yang luar biasa
B. kesehatan yang tidak memadai
C. orang tua yang pindah kerja
D. rasisme yang berkembang

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Soal nomor 2 (pilihan ganda)

"Permintaan teripang yang meningkat mengarah pada panen yang tidak berkelanjutan. Integrated Sustainable Oceans Program dari Bank Dunia mendukung pemerintah Indonesia dalam mengatasi eksploitasi laut yang tidak berkelanjutan melalui Program Coral Reef Rehabilitation and Management Program Coral Triangle Initiative (COREMAP-CTI)."
 
Apa yang dimaksud dengan kata "berkelanjutan" pada cuplikan kalimat dari paragraf 3 di atas? 
A. Terbatas sumbernya.
B. Dapat dimanfaatkan secara terus-menerus.
C. Mendukung kehidupan.
D. Mendukung perekonomian.
E. Pengembangan teknologi tepat guna.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

Soal nomor 3 (pilihan ganda kompleks)

Beri klik pada kolom (S) jika pernyataan salah dan (B) jika pernyataan benar.  Menurut teks tersebut, Khaterine Jhonson layak disebut sebagai ....
A. Pencipta komputer
B. Pejuang gender
C. Antariksawan
D. Pejuang perang
E. Tokoh kulit hitam

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan B.

Kompetensi Memahami

1. Memahami teks secara literal

  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 4 (pilihan ganda)

Kondisi sosial budaya yang digambarkan dalam teks tersebut memberikan gambaran tentang ...
A. Kemampuan Khaterina Jhonson untuk mendobrak batasan atas perlakuan ras yang tidak adil.
B. Kerumitan hidup Khaterina Johnson membuatnya lebih kuat mentalnya.
C. Pengalaman Khaterina Johnson dalam kehidupan pribadinya yang banyak.
D. Penggambaran kemampuan Katherina Johson dalam perkembangan NASA.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 5 (pilihan ganda)

'Jika teripang yang tampaknya tidak mencolok memiliki potensi untuk membuat dampak sebesar ini, coba pikirkan hal apa lagi yang ada di bawah lautan Indonesia yang juga memiliki dampak untuk Indonesia dan masyarakatnya.'
 
Dari kalimat tersebut, kita bisa memahami bahwa …. (Pilihan jawaban bisa lebih dari satu.)
A. Teripang adalah hewan laut yang tampaknya tidak mencolok.
B. Lautan indonesia memiliki dampak untuk Indonesia dan masyarakatnya.
C. Teripang memiliki potensi untuk menghasilkan dampak yang besar.
D. Lautan Indonesia memiliki potensi besar yang bisa digali.
E. Teripang berpotensi untuk memberi dampak pada lautan Indonesia.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Kunci jawaban.
 

Soal nomor 6 (pilihan ganda)

Kalimat mana yang bisa mewakili keseluruhan isi poster di atas?
A. Mengelola sampah dengan benar adalah salah satu pilar dari gerakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.
B. Sanitasi Total Berbasis Masyarakat membuat masyarakat lebih bersih dan lebih sehat.
C. Lima langkah yang dijalankan untuk melaksanakan gerakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.
D. Lima Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dikampanyekan oleh Dinas Kesehatan Kabutapen Rejang Lebong.
E. Mari kita melaksanakan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 7 (pilihan ganda)

Mengapa di bagian bawah poster ini terdapat informasi situs resmi dan media sosial?
A. Agar pembaca bisa menelusuri sumber berita dan bisa mendapatkan informasi lebih banyak.
B. Untuk memperkenalkan GERMAS sebagai salah satu program pemerintah kepada masyarakat.
C. Untuk menunjukkan Kementerian Kesehatan RI selalu mengikuti perkembangan zaman.
D. Agar bisa saling berbagi tips dan ide terkait dengan pesan yang ada di dalam poster.
E. Karena poster ini merupakan surat resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan RI.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 8 (pilihan ganda)

Apa hubungan poster 1 tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat dan poster 2 tentang Cuci Tangan Pakai Sabun?
A. Poster 1 mengulangi informasi yang ada di poster 2.
B. Poster 2 menyimpulkan informasi yang ada di poster 1.
C. Poster 2 adalah solusi bagi masalah yang ada di poster 1.
D. Poster 2 adalah penjelasan bagi salah satu poin di poster 1.
E. Poster 1 adalah sudut pandang lain bagi masalah di poster 2.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 9 (pilihan ganda kompleks)

Setelah membaca teks tersebut, bagaimana Anda memperkirakan masa depan budi daya teripang? (Pilihan jawaban bisa lebih dari satu.)
A. Budi daya teripang akan berkembang karena teripang memiliki harga jual yang sangat mahal.
B. Budi daya teripang akan menurun karena adanya diversifikasi mata pencaharian terkait perikanan.
C. Budi daya teripang akan berkembang karena adanya investasi dalam modal pembangunan manusia, ilmu pengetahuan, dan teknologi.
D. Budi daya teripang akan menurun karena permintaan teripang yang meningkat akan membuat panen yang tidak berkelanjutan.
E. Budi daya teripang akan berkembang karena melibatkan peneliti, sektor swasta, dan komunitas lokal.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Kunci jawaban.
 

Soal nomor 10 (uraian)

Berdasarkan teks tersebut, apa saja keistimewaan yang dapat diteladani dari tokoh Katherine Johnson?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Dia pekerja keras, punya rasa penasaran yang tinggi.
 
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

Soal nomor 11 (pilihan ganda)

Perhatikan fakta berikut!
“Sekitar 20,1 juta anak di bawah usia 2 tahun di Indonesia, mengalami stunting.”
 
Pernyataan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut adalah ....
A. Stunting terjadi pada anak-anak bukan orang dewasa.
B. Perlunya pencegahan stunting dimulai sejak dini.
C. Terjadinya stunting di usia dini akan memiliki IQ rendah.
D. Anak stunting ketika dewasa mudah menjadi kegemukan.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 12 (pilihan ganda kompleks)

“Seorang yang mengalami keterlambatan terhadap perkembangan otak" Kesimpulan yang tepat dari pernyataan tersebut adalah ...
 
Pilihlah pernyataan yang benar sesuai dengan kutipan di atas!
A. Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban.
B. Perkembangan fisik yang terhambat.
C. Mengalami masalah stunting pada individu.
D. Memiliki IQ yang tidak tinggi jika stunting.
E. Keseimbangan gizi saat dalam kandungan.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B dan C.
 

Soal nomor 13 (pilihan ganda)

Menurut informasi yang ada di dalam bacaan, jika posisi matahari, bulan, dan bumi sejajar maka kemungkinan besar akan ....
A. terjadi gerhana matahari sebagian
B. terjadi gerhana matahari sabit
C. terjadi gerhana matahari penumbra
D. terjadi gerhana matahari total

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 14 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan benar atau salah kesimpulan berikut!
  • Seseorang yang hobi mengonsumsi junk food lebih pikun.
  • Makanan junk food banyak mengandung tinggi gula menurunkan fungsi sinaps.
  • Saat makan jenis junk food rasa lapar akan lebih terasa daripada makanan sehat.
  • Konsumsi junk food berlebihan dapat mengubah mood menjadi buruk.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - Salah - Benar - Salah.
 

Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksi

1. Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak

  • Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (5 Soal)

Soal nomor 15 (uraian)

Teks tentang Katherine Johnson tersebut dapat menggambarkan kehebatannya sebagai seorang perempuan yang luar biasa.
Setujukah kamu dengan pernyataan tersebut?
Berikan alasan atas pilihanmu!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban bisa bervariasi, tetapi diharapkan jawaban mayoritas adalah setuju karena Katherine Johnson adalah perempuan pekerja keras yang menjadi pahlawan dalam bidang antariksa.
 

Soal nomor 16 (uraian)

Bayu membaca poster tersebut di papan pengumuman desa. Poster tersebut mengingatkan Bayu pada kebiasaannya sehari-hari, yaitu sebagai berikut.
  • Bayu membuang kulit pisang, kemasan plastik, dan alat elektronik bekas ke satu tempat sampah.
  • Ibunya selalu memasak air minum sampai matang, jadi Bayu hanya mau minum air matang dan bersih.
  • Kemarin Ibu meminta Bayu membuang minyak bekas menggoreng ikan, dan Bayu membuangnya ke selokan.
  • Bayu dibiasakan mencuci tangannya sebelum makan.
  • Bayu tidak pernah buang air kecil dan besar di semak-semak atau sungai. Dia selalu mencari toilet atau jamban.
Apakah kebiasaan Bayu sudah sesuai dengan 5 Pilar STBM?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban bisa bervariasi, tetapi diharapkan jawaban mayoritas adalah setuju.
 

Soal nomor 17 (uraian)

Jika memesan makanan di warung atau rumah makan khas Indonesia, sering kali pembeli disediakan mangkuk berisi potongan jeruk nipis yang digunakan untuk mencuci tangan.
Apakah hal ini bertentangan dengan gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun? Bagaimana pendapatmu?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban bisa bervariasi, tetapi diharapkan jawaban mayoritas adalah setuju karena jeruk nipis tidak bisa menggantikan fungsi sabun.
 

Soal nomor 18 (pilihan ganda kompleks)

Menurutmu, mungkinkah alat hasil praktik STEM siswa SMPN 23 diproduksi untuk kalangan banyak?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban bisa bervariasi, tetapi diharapkan jawaban mayoritas adalah setuju.
 

Soal nomor 19 (uraian)

Dari teks 1, 2, dan 3 manakah yang mudah kamu pahami mengenai kondisi pendidikan di sebagian daerah di Indonesia?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Teks 1 karena digambarkan kondisi sekolah yang memprihatinkan.


  • Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

Soal nomor 20 (pilihan ganda)

Alasan Amalia memilih menggunakan ziolit, pasir aktif, dan filter akuarium adalah ....
A. bahan mudah dicari
B. bahan lumayan murah
C. mudah dibuat
D. efektif hasilnya
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 21 (pilihan ganda)

Apa yang mendorong siswa SMPN 23 melakukan percobaan praktik STEM?
A. Air sekolah yang kotor.
B. Keprihatinan krisis air bersih.
C. Air sekolah berbau besi sehingga tidak bisa dipakai.
D. Sumur resapan warnanya kuning dan keruh.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 22 (pilihan ganda)

Apa dampak bagi siswa SMPN 23 setelah berhasil melakukan penelitian praktik STEM?
A. Mereka menjadi dikenal oleh banyak orang hingga tingkat nasional.
B. Membantu meningkatkan ekonomi keluarga karena memiliki nilai ekonomis tinggi.
C. Dapat dirasakan langsung manfaatnya dengan bahan-bahan yang murah dan efektif.
D. Sering diikutkan dalam ekspos karya pelajar baik tingat kota hingga nasional.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.
 

Soal nomor 23 (pilihan ganda)

Untuk membuat informasi tersebut akurat, informasi apa yang perlu ditambahkan oleh penulis?
A. Komentar siswa yang ikut penelitian.
B. Komentar guru dan kepala sekolah.
C. Kesan pengunjung ekspos karya pelajar
D. Kesan orang tua peserta penelitian
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.

2. Menilai format penyajian dalam teks

  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

Soal nomor 24 (pilihan ganda kompleks)

Bisa pilih jawaban lebih dari satu!
Pendapat yang tepat mengenai kualitas data informasi yang tersaji di dalam infografis tersebut adalah ...
A. Informasi sahih dari sumber yang mampu dipertanggungjawabkan.
B. Relevansi informasi dipertanyakan sebagai sumber di tahun 2020.
C. Penjelasan dari BKKBN tentang stunting bermanfaat bagi masyarakat.
D. Cara mencegah stunting sangat lengkap dalam infografi tersebut.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan B.
 

Soal nomor 25 (uraian)

Berilah penilaian kalian dengan menjelaskan terhadap infografi tentang pemilihan warna penjelasan pengelolaan sampah!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan 
Kode 1 Jika memberikan penilaian dengan memberi penjelasan kata kunci warna menarik/ tidak menarik, warna tidak mengganggu pembaca, warna cerah, warna monoton, dll (tentang penilaian warna).
 
Kode 0 Jika siswa memberikan penilaian dengan memberi penjelasan kata kunci yang kurang tepat atau tidak sesuai konteks (tidak menilai tentang warna dari infografik).
 

Soal nomor 26 (uraian)

Apakah ada kesesuaian antara ilustrasi gambar dengan teks? Mengapa?
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Ada. Latar belakang seorang anak yang sedang memainkan wayang sesuai dengan tema teks.
 

3. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

  • Merefleksi pengetahuan baru yang diperoleh dari teks sastra atau teks informasi terhadap pengetahuan yang dimiliknya yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

Soal nomor 27 (pilihan ganda kompleks)

Perhatikan pernyataan berikut!  Pada masa pandemi Covid 19 ini banyak karyawan yang mengalami pemotongan gaji tiap bulan bahkan dikeluarkan dari tempat kerja (kantor). Andai salah satu dari saudara kalian mengalami kejadian di PHK dari kantor dan memilih untuk membuat makanan ringan untuk dipasarkan. Pendapatan hasil pemasaran tidak sebaik saat saudara kalian bekerja di kantor.  
 
Tentukan benar atau salahnya penilaian informasi yang tepat untuk pembaca yang akan membantu orang lain dari rumah berikut!
  • Pembaca mendapatkan memilih cara menyalurkan bantuan sesuai kebutuhan sehingga informasi tersebut bermanfaat.
  • Pembaca kurang mendapatkan informasi tentang bagaimana cara menyalurkan bantuan lewat applikasi.
  • Informasi tersebut bermanfaat bagi yang belum pernah membantu dan dapat menggugah hati pembaca untuk mau membantu sesama.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar - benar - salah.
 

Soal nomor 28 (pilihan ganda kompleks)

Melihat kenyataan bahwa kemampuan literasi di Indonesia masih jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan negara lain di dunia, apa yang dapat kamu lakukan untuk kegiatan literasi?
A. Mengingatkan saja kepada para pelajar untuk membudayakan literasi sekolah agar sekolah tidak ketinggalan dalam lomba kebahasaan.
B. Literasi harus digalakkan dengan serius /kuat agar membentuk suatu kemampuan dan keterampilan dalam jiwa manusia.
C. Mendatangkan penulis buku-buku bacaan umum agar siswa /masyarakat  membeli buku yang diperlukan.
D. Membudayakan literasi baca tulis tidak harus di bangku sekolah tetapi dilakukan oleh siapa saja, di mana saja dan kapan saja untuk menciptakan manusia pandai dan cerdas.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B dan D.

Soal nomor 29 (uraian)

Refleksikan berdasarkan teks, apa yang menyebabkan fenomena gerhana matahari dapat terus diprediksikan dan fenomena yang terjadi di kawasan Pasifik dan Amerika, tetapi di sebagian Indonesia bisa menikmati!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
  • Kode 1 , Jawaban peserta didik dengan kata kunci: perkembangan zaman, berkat NASA, modernitas, dll (mengacu kepada perkembangan teknologi).
  • Kode 0 , Tidak sesuai kata kunci kode 1.
 

Demikianlah ulasan tentang soal-soal AKM literasi teks informasi level 4 untuk kelas 7 dan kelas 8 SMP/ MTs. Semoga dapat membantu mempersiapkan para murid untuk mengahadapi AKM.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 3 (Kelas 5 dan 6)

UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS INFORMASI LEVEL 3

Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.

Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

2 Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 4 (Kelas 7 dan 8)"

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel