Iklan Header

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 5 (Kelas 9 dan 10)

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Soal-soal AKM literasi teks fiksi level 5 untuk kelas 9 SMP/ MTs dan kelas 10 SMA/ MA serta SMK

Assalamualaikum, halo sahabat Gurnulis. AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum kini telah merambah semua satuan pendidikan, mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan menengah. Apakah sahabat pendidik sedang mencari-cari kumpulan soal untuk AKM ini? Kalau iya, artinya sahabat menemukan blog yang tepat. Kali ini penulis hendak berbagi kumpulan soal AKM literasi teks fiksi level 5. Level ini diperuntukkan bagi kelas 9 SMP/ MTs dan kelas 10 SMA/ MA serta SMK. Pada postingan sebelumnya penulis juga telah berbagi kumpulan soal AKM level 9 ya. Kalau sahabat pendidik hendak mengaksesnya, sahabat dapat meng-klik tautan kumpulan soal AKM numerasi level 4. Tautan tersebut akan terbuka pada tab baru di peramban yang digunakan sahabat.

Berbicara mengenai AKM tentu sahabat pendidik sudah paham bukan apa pengertiannya? Penulis ingin mengingatkan bahwa AKM adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional atau AN. Asesmen Nasional atau AN sendiri merupakan sebuah rogram evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap  sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Teks fiksi sendiri adalah teks-teks yang ditujukan untuk memberikan pengalaman mendapatkan hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan kepada pembaca. Literasi teks fiksi adalah bagian dari kompetensi dasar literasi membaca pada AKM. Literasi membaca merupakan kompetensi peserta didik atau murid dalam memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks tertulis untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif di masyarakat.

Sebenarnya sebelumnya penulis telah menyajikan beberapa artikel terkait Asesmen Nasional dan Asesmen Kompetensi Minimum inii. Berikut adalah daftar tautannya. Sahabat boleh membukanya satu persatu.

  1. Bahasan Asesmen Nasional (AN)
  2. Bahasan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM)
  3. Komponen AKM
  4. Bentuk Soal AKM Literasi Membaca

Soal AKM literasi teks fiksi level 5 untuk kelas 9 SMP/ MTs dan kelas 10 untuk kelas SMA/ MA serta SMK pada blog ini bersumber dari laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyusunnya sebagaimana susunan di bawah. Untuk versi yang lebih teratur, sahabat pendidik dapat mengunduh file PDF-nya di akhir tulisan. Sahabat pendidik temukan tautannya di akhir artikel ini ya.

 

Bahan Bacaan Literasi Teks Fiksi Level 5 (Kelas 9 dan Kelas 10)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1, 4, 9, 14, 16, 18, dan 23! 
WEKWEK
karya Iwan Simatupang
 
ADEGAN I
SEKELOMPOK BEBEK MEMASUKI PANGGUNG
Petruk: Sejauh mata memandang, sawah luas terbentang, tapi tidak sebidang tanah pun milikku. Padi aku yang tanam, juga aku yang ketam. Tapi tidak segenggam milikku. Bebek tiga puluh ekor, semuanya tukang bertelor. Tapi tidak juga sebutir adalah milikku. Badan hanya sebatang, hampir-hampir telanjang. Hanya itu saja milikku.
 
ADEGAN II
BAGONG DAN PENGAWALNYA MEMASUKI PANGGUNG
Bagong: Aku orang berada, apa-apa ada. Sawah berhektar-hektar, pohon berakar-akar, rumah berkamar-kamar, itulah nyatanya. Kambing berekor-ekor, bebek bertelor-telor, perut buncit ada, mata melotot ada, pelayan ada, pokoknya serba ada.
 
ADEGAN III
GARENG DAN EMPAT KAWANNYA MEMASUKI PANGGUNG
Gareng: Badannya langsing, matanya juling, otaknya bening. Itu saya! Tipu menipu, adu mengadu, ijazah palsu, itu saya! Gugat menggugat, sikat menyikat, lidah bersilat, itu saya! Profesiku pokrol bambu, siapa yang tidak tahu, itu saya!
 
ADEGAN IV
Semar: Saya jadi lurah sejak awal sejarah, sudah lama kepingin berhenti tapi tak ada yang mau mengganti. Sudah bosan, jemu, capek, lelah. Otot kendor, mata kabur, mau mundur dengan teratur, mau ngaso di atas kasur. Saya kembung bukan karena busung, mata berair bukan karena banjir, tapi karena menjadi tong sampah. Serobotan tanah, pak lurah. Curi air sawah, pak lurah. Beras susah, pak lurah. Semua masalah, pak lurah, tapi kalau rejeki melimpah, pak lurah…tak usah…payah.
 
ADEGAN V
BAGONG DAN PENGAWALNYA MEMASUKI PANGGUNG
Bagong: Zaman ini zaman edan, tidak ikut edan tidak kebagian. Di terminal calo berkuasa, dia tentukan penumpang naik apa. Di dunia film broker merajalela, dia tentukan sutradara bikin apa. Di sini, itu si Petruk sialan, datang merangkak meminta pekerjaan. Aku suruh menggembala bebek tiga puluh ekor, tiap minggu harus antar lima puluh ekor. Malah dia tentukan berapa harus setor. Sungguh-sungguh kurang telor. Sekali aku datang mengontrol, bebeknya hilang dua ekor. Waktu ditanya, dia menjawab “dimakan burung kondor”. Di sini tak ada burung kondor. Dia datang melolong minta tolong, sudah ditolong, ee … dia mencuri. Orang seperti ini harus dipukuli, sayangnya aku tak berani. Lagipula aku tidak mau mengotori tanganku dengan menyentuh tubuhnya yang kotor dan bau.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id


Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 2, 11, 15, 24, dan 27!
Legenda Danau Lipan
 
Negeri Muara Kaman diperintah oleh seorang ratu yang bernama Ratu Aji Bidara Putih. Sudah banyak raja, pangeran, dan bangsawan yang ingin mempersuntingnya, namun selalu ditolak.
 
Suatu hari, sebuah kapal besar dari negeri Tiongkok berlabuh di Muara Kaman. Kapal itu milik seorang pangeran kaya di Tiongkok. Tujuan kedatangannya adalah meminang Ratu Aji Bidara Putih.
 
Sang Pangeran membawa banyak cendera mata mewah dari emas. Semua itu untuk Ratu Aji Bidara Putih. Sambil memberikan cendera mata, mereka menyampaikan pinangan kepada Ratu Aji Bidara Putih.
 
Kali ini, sang Ratu tidak langsung menolak. Namun, ia meminta waktu untuk berpikir. Kemudian, para utusan kembali ke kapal. Setelah para utusan pergi, ia memanggil punggawa kepercayaannya.
 
"Paman, nanti malam selidikilah pangeran itu," perintah sang Ratu.
 
Malamnya, Si Punggawa melaksanakan perintah Sang Ratu. Ia menaiki kapal. Dengan waspada, ia menghindari para penjaga. Sampai akhirnya, ia berhasil menemukan bilik Sang Pangeran.
 
Bilik itu masih terang, tanda Sang Pangeran belum tidur. Si Punggawa mengintip ke dalam. Saat itu, Sang Pangeran sedang berbincang dengan salah seorang prajuritnya. Rupanya, Sang Pangeran hendak menaklukkan Muara Kaman dengan pura-pura menikahi Sang Ratu. Mendengar berita mengejutkan itu, Si Punggawa bergegas pergi untuk secepatnya memberi tahu junjungannya.
 
"Kau jangan mengada-ada, Paman," tegur Ratu setelah mendengar laporan Si Punggawa.
 
"Saya tidak mengada-ada! Pembicaraan mereka sangat jelas," jawab si Punggawa. "Pangeran itu berniat buruk."
 
Paginya, utusan Sang Pangeran kembali datang untuk meminta jawaban. Sang Ratu segera menolak mentah-mentah lamaran tersebut. Sang Pangeran amat murka, ia segera memerintahkan prajuritnya untuk menyerang Muara Kaman.
 
Para prajurit Muara Kaman terdesak. Para prajurit sang Pangeran pun makin dekat dengan istana. Sang Ratu mencoba untuk tetap tenang. Setelahnya, ia mengucapkan doa sambil mengunyah sirih. Kemudian, kunyahan itu dilemparkan ke arena pertempuran.
 
Tiba-tiba, sirih itu berubah menjadi lipan-lipan raksasa yang amat banyak. Lipan-lipan itu menyerang para prajurit Sang Pangeran. Para prajurit itu menjadi ketakutan dan berlarian ke kapal. Tetapi lipan-lipan itu tidak berhenti menyerbu. Lipan-lipan itu membalikkan kapal hingga tenggelam. Kini, tempat bekas tenggelamnya kapal itu oleh penduduk Muara Kaman disebut Danau Lipan.
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id


Puisi berikut untuk menjawab soal nomor 3, 7, 17, 21, dan 26!
Lilin Kecil dalam Sinar Kegelapan
 
Seperti lilin kecil ini, kau mampu terangi gelapku
 
Sinarmu memang tak banyak, tapi itu sangat berarti
 
Tatkala malam datang membawa kegelapan,
 
Hadirmu bagai sang malaikat dengan cahaya-cahaya penuh kasih
 
Menepis lara, mendamaikan hati, dan menyejukkan cinta
 
Nalarku membahana lagi setiap kali mengartikanmu
 
Langkahmu laksana embusan angin datang dan pergi
 
Meruntuhkan daun cemara yang hidup damai di tangkainya
 
Perlahan sinarmu redup
 
Dan pergi meninggalkanku dalam gelap
 
Dengan mata, tapi tak kuasa melihatmu
 
Sepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu
 
Kini rinduku berujung pada bias-bias bayangmu
 
Dengan senyuman dan sedikit tawa menambah luka
 
Seribu sinar pun takkan mampu menggantikanmu
 
Sejuta kenanganmu kini menyiksa kesendirianku
 
Dalam gelap, kucoba melangkah sendiri
 
Lilin kecilku,
 
Kurindu akan sinar kedamaianmu
 
Yayan Hidayat, Banjarmasin, 03 02 2011
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 5, 10, 13, dan 28!
Hujan Beras
 
Subuh-subuh, Mak Onah sudah mempersiapkan perbekalan. Ia membawa nasi bungkus daun jati, berlauk kering tempe, sambal, dan lalap daun singkong. Sebotol plastik air putih matang. Kata Yu Jiah, kecamatan puluhan kilo dari dusun mereka. Pulang pergi naik truk membutuhkan waktu sekitar lima jam. Belum lagi antre di kantor pos. Jadi mereka harus membawa bekal, daripada jajan yang akan mengeluarkan uang tambahan.
 
“Mak, apa tidak lebih baik kalau Neneng yang berangkat?” Neneng  memberi usul. Selain kasihan pada Mak, ia juga sebenarnya ingin pergi ke kecamatan. Terakhir ke kecamatan saat kelas empat SD, lima tahun silam. Kala itu diajak guru melihat karnaval Agustusan. Pasti kecamatan sekarang lebih ramai. Banyak bangunan megah. Jalanan bagus. Punya alun-alun luas yang menggelar tontonan, ombak banyu atau komidi putar.
 
“Tak perlu. Hari ini Juragan Madun panen singkong. Kamu bisa ikutan buruh.” Mak Onah memutuskan.
 
“Tapi, Mak ….” Neneng masih berkeras. Siapa tahu Mak Onah berubah pikiran.
 
“Kalau tak harus pergi ke kecamatan, Mak juga bisa ikutan buruh panen singkong. Kita dapat dua bagian, lumayan. Singkong bisa kita simpan, kita makan kalau tak punya beras.”
 
“Iya, Mak.” Neneng menurut, tak ingin membantah nenek, yang sudah dianggapnya ibu. Bahkan ia memanggilnya dengan Mak.
 
“Sudah, Mak sebentar lagi pergi. Ingat-ingat pesan Mak. Kau urus adik-adikmu. Kau siapkan buku-buku dan bantu pe-ernya. Adik-adikmu pintar, semoga bisa terus sekolah. Semoga hidupnya lebih baik daripada Mak.”
 
“Iya, Mak, Neneng ngerti.”
 
Pada cermin tua di kamar reotnya, Mak Onah dandan, mengenakan jarit dan kebayanya yang paling bagus. Mak Onah tampak semringah. Kemarin ia sudah mengambil jatah beras raskin sepuluh kilo yang bisa untuk jatah makan selama sebulan. Kali ini ia akan mendapat sejumlah uang lumayan banyak. Rencana sebagian untuk membayar utang, sisanya disimpan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Untuk beli buku cucu. Untuk jajan sangu cucu.
 
Selama naik mobil bak terbuka, Mak Onah tersenyum bungah seraya melantunkan doa.
 
***  Pada sebuah berita televisi lokal tertayang berita tentang kecelakaan kendaraan yang membawa penduduk miskin hendak mengambil uang di kantor pos kecamatan. Colt ditabrak truk fuso pembawa beras. Semua penumpang, termasuk beberapa jompo yang terjepit di antara puluhan orang, tewas tertimbun hujan beras! ***
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 6, 8, 12, 19, 20, 22, dan 25!
Ramin Tak Kunjung Pulang
 
Ramin nyaris menjerit, tangannya tertumbuk dahan hanyut saat buru-buru sembunyi di dalam pelukan akar, untung ia segera melihat dahan itu. Hampir ia mengira dahan itu adalah mulut buaya yang siap menelan lengannya.
 
Teringat lagi ia pada Aco, sejak semusim lalu ia ikut Dadan karena hasil cengkehnya tak bagus, sementara tengkulaknya minta selalu dibayar. Aco tertangkap petugas saat adu mulut di warung nasi lemak lantaran ia mengumpat pada preman yang menutupi jalan.
 
Hari itu memang perpaduan nasib sial jatuh di hadapan Aco. Umpatannya didengar preman, adu mulut terjadi, dan petugas sedang lewat. Apes. Aco lalu dibawa petugas, digiring bagai ternak ke tengah lapangan, dipukuli dengan bengis saat mencoba kabur, ditanyai macam-macam, didenda hingga ia tak sanggup bayar, diambil hasil kerjanya satu musim, dideportasi, pulang ke rumah dengan tangan hampa, ditunggu tengkulak pula. Bah! Hilang sudah satu kebun cengkeh dirundung sial.
 
Gara-gara Aco juga, petugas kini memburu Ramin dan Dadan. Ternyata Dadan memang sudah dicari-cari petugas karena beberapa kali memasukkan tenaga kerja tanpa izin. Ramin memang tak berpikir panjang saat berangkat kerja dengan Dadan, yang penting ia bisa membawa pulang uang untuk menikahkan anaknya, buat pengobatan sakit gula ayahnya, dan sisanya bisa ia belikan mesin cuci yang saban hari diminta istrinya.
 
Ramin tak mau nasib nahas Aco terjadi pada dirinya. Wajah semringah anak gadisnya sudah terbayang girang menyambutnya dengan ransel penuh uang.
 
Bunyi langkah mendekat, pelan, Ramin membeku, sekuat-kuatnya menahan napas. Baginya lebih baik tak bernapas daripada tertangkap petugas-petugas berwajah garang itu. Bisik-bisik makin kencang. Ramin memutar otak. Kalau mereka melihat rumput-rumput rebah itu, atau kalau ada satu dua orang cukup jitu tebakannya, mungkin mereka bisa yakin kalau pelarian yang mereka kejar bersembunyi di antara akar pohon.
 
(Karya: Lina PW, Kompas, 8 Desember 2019)

Kompetensi Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (6 Soal)

Soal nomor 1 (pilihan ganda kompleks)

Apa yang dituduhkan Bagong kepada Petruk hingga Bagong akan melaporkannya ke Semar? Kamu dapat memilih jawaban lebih dari satu!
  1. Petruk telah mencuri hasil panen padi Bagong.
  2. Petruk menghilangkan dua ekor bebek Bagong.
  3. Bagong menuduh Petruk mencuri dan tak tahu diri.
  4. Petruk tidak terampil dalam mengolah tanah Bagong.
  5. Petruk menyia-nyiakan pekerjaan yang telah ia dapatkan

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pilihan 2 dan 3.

Soal nomor 2 (pilihan ganda)

Mengapa Ratu mengutus punggawanya untuk menyelidiki Sang Pangeran?
A. Ratu ingin tahu seberapa kaya Sang Pangeran
B. Ratu ingin mengirim pesan kepada Sang Pangeran.
C. Ratu ingin mengetahui kebiasaan Sang Pengeran.
D. Ratu ingin tahu niat Pangeran meminangnya.
E. Ratu ingin tahu jumlah pasukan Pangeran.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
D.

Soal nomor 3 (pilihan ganda)

Mengapa penulis menganggap bahwa lilin kecil itu sangat berarti?
A. Sinar lilin itu tidak banyak.
B. Lilin itu membawa harapan.
C. Kehadiran lilin itu dapat meruntuhkan cemara.
D. Langkah lilin itu laksana embusan angin.
E. Lilin itu dapat menerangi dalam kegelapan.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
E.

Soal nomor 4 (pilihan ganda)

Mengapa Semar ingin berhenti dari pekerjaannya?
A. Matanya sudah mulai kabur.
B. Ia sudah menemukan pekerjaan pengganti
C. Ia merasa lelah dengan pekerjaannya.
D. Ia tidak mendapatkan rezeki yang melimpah.
E. Terlalu banyak permasalahan yang harus dihadapi.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 5 (pilihan ganda)

Mengapa mereka harus membawa bekal?
A. Kantor kecamatan jauh dari rumah mereka.
B. Mereka tidak perlu keluar uang untuk jajan.
C. Mereka akan pergi menggunakan truk.
D. Mereka harus antre lama di kantor pos.
E. Mereka akan pergi selama lima jam.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

Soal nomor 6 (pilihan ganda)

Mengapa Ramin dikejar-kejar oleh petugas?
A. Ramin adalah teman Aco.
B. Ramin tak membayar denda.
C. Ramin menjadi tenaga kerja ilegal.
D. Ramin mencuri di perkebunan cengkeh.
E. Teman-teman Ramin membuat kesalahan besar.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

Soal nomor 7 (pilihan ganda kompleks)

Kalimat atau baris-baris di dalam puisi dapat meninggalkan pengalaman indrawi bagi pembacanya. Pengalaman indrawi ini disebut dengan imaji. Tentukan imaji yang ditimbulkan melalui baris-baris puisi berikut ini, apakah termasuk penglihatan, perasaan, ataukan pendengaran!
  1. Menepis lara, mendamaikan hati dan menyejukkan cinta.
  2. Sepasang telingaku pun tak mampu mendengar bisikmu.
  3. Dengan mata, tapi tak kuasa melihatmu.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pilihan 1: perasaan; pilihan 2: pendengaran; pilihan 3: penglihatan.

Soal nomor 8 (uraian)

Tuliskan satu bukti dari cerita yang menunjukkan bahwa latar cerita ini terjadi di luar negeri!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Ada kata dideportasi, kata ini bermakna pengusiran orang ke luar negeri atau identik dengan pemulangan paksa orang yang tinggal di luar negeri ke negaranya.

Soal nomor 9 (uraian)

Bagaimana karakter Bagong digambarkan dalam drama ini? Tunjukkan bagian dari teks yang menunjukkan karakter tersebut!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Bagong adalah orang yang kaya, terbukti dari kalimat "Aku orang berada, apa-apa ada. Sawah berhektar-hektar, pohon berakar-akar, rumah berkamar-kamar, itulah nyatanya. Kambing berekor-ekor, bebek bertelor-telor, perut buncit ada, mata melotot ada, pelayan ada, pokoknya serba ada."

Soal nomor 10 (uraian)

Kalimat manakah yang menunjukkan bahwa Neneng sedikit memaksa untuk menggantikan Mak Onah pergi ke kecamatan?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
"Tapi, Mak ….” Neneng masih berkeras. Siapa tahu Mak Onah berubah pikiran.

Kompetensi Memahami

1. Memahami teks secara literal

  • Menganalisis perubahan pada elemen intrinsik (kejadian/karakter/setting/konflik/alur cerita) pada teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Soal nomor 11 (uraian)

Mengapa Ratu Aji Bidara Putih menolak pinangan sang Pangeran?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Karena Sang Pangeran hendak menaklukkan Muara Kaman dengan pura-pura menikahi Sang Ratu.

Soal nomor 12 (pilihan ganda)

Apa yang menyebabkan Ramin dan Dadan juga diburu petugas?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Karena Aco tertangkap petugas

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menyimpulkan perasaan dan sifat tokoh serta elemen intrinsik lain seperti latar cerita, kejadian-kejadian dalam cerita berdasarkan informasi rinci di dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (8 Soal)

Soal nomor 13 (pilihan ganda kompleks)

Mengapa Mak Onah sangat antusias untuk pergi ke kantor pos kecamatan?  Kamu dapat memilih lebih dari satu pilihan jawaban!
  1. Onah sudah lama tidak keluar rumah sehingga ia kangen melihat keramaian.
  2. Ia akan menerima bantuan yang dapat digunakan untuk membayar utang.
  3. Onah dan yang lainnya akan mengambil bantuan beras raskin.
  4. Ia menganggap bahwa pergi ke kecamatan adalah jalan-jalan.
  5. Ia berharap bantuan itu dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan Onah.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pilihan 2 dan 5.

Soal nomor 14 (pilihan ganda kompleks)

Manakah karakter tokoh yang paling sesuai berdasarkan teks tersebut? Tentukan, apakah sesuai atau tidak sesuai!
A. Bagong seorang yang penakut.
B. Gareng adalah orang yang sombong dan cerdik.
C. Semar menggambarkan seorang yang serakah.
D. Petruk adalah seseorang pekerja keras dan rajin.
E. Bagong adalah gambaran orang yang baik hati

Kunci Jawaban/ Pembahasan
A: tidak sesuai; B: sesuai; C, D, E: tidak sesuai.

Soal nomor 15 (pilihan ganda kompleks)

Menurut kalian setelah membaca cerita tersebut manakah karakter Ratu Aji Bidara Putih yang sesuai dengan teks?
  1. Sombong.
  2. Penuh perhitungan.
  3. Tidak mudah percaya.
  4. Selalu ingin menang sendiri.
  5. Semena-mena terhadap bawahan

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pilihan 1: tidak sesuai; pilihan 2 dan 3: sesuai; pilihan 4 dan 5: tidak sesuai.

Soal nomor 16 (pilihan ganda)

Dari kelima tokoh drama tersebut siapakah tokoh yang menjadi tokoh penengah dalam cerita?     
A. Petruk.
B. Bagong
C. Semar.
D. Gareng.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 17 (uraian)

Menurutmu, suasana apa yang ingin diciptakan oleh Penyair? Berikan satu contoh kata yang digunakan Penyair untuk menekankan suasana tersebut!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Suasana sedih dan kehilangan. Hal ini dapat dilihat dari baris 9 s.d. 17.

Soal nomor 18 (uraian)

Berdasarkan isi penggalan drama, manakah yang paling tepat menggambarkan sikap Bagong terhadap Petruk? Jelaskan jawabanmu dengan menuliskan kalimat yang membuktikan sikap tersebut!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Bagong kesal dengan Petruk. Dapat dilihat dari kalimat " Di sini, itu si Petruk sialan, datang merangkak meminta pekerjaan."

Soal nomor 19 (uraian)

Berdasarkan teks tersebut, bagaimana karakter Ramin? Tuliskan satu bukti dari wacana untuk mendukung jawabanmu!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Ramin adalah orang yang bertanggung jawab terhadap keluarga, tetapi cara yang ia lakukan salah.

Soal nomor 20 (pilihan ganda kompleks)

Pada paragraf terakhir, apa perasaan yang digambarkan oleh penulis tentang tokoh Ramin?  Jawaban bisa lebih dari satu!
  1. Ketakutan.
  2. Ragu-ragu.
  3. Khawatir.
  4. Marah.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pilihan 1 dan 3.
 
  • Menyusun inferensi (kesimpulan) dan prediksi berdasarkan unsur-unsur pendukung (grafik, gambar, tabel, dll) disertai bukti-bukti yang mendukung di dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 21 (uraian)

Kesimpulan apakah yang dapat kalian ambil dari puisi tersebut?
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Tokoh aku dalam puisi tersebut merindukan kehadiran seseorang.

  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya karakter tokoh atau elemen intrinsik lain) dalam teks sastra yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (tidak diukur)
 

Mengevaluasi dan merefleksi

1. Menilai format penyajian dalam teks

  • Menilai tujuan penulis dalam menggunakan diksi dan kosa kata pada teks sastra sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 22 (uraian)

Dalam konteks cerita tersebut, apa yang dimaksud dengan kalimat Ramin membeku?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Ramin tidak bergerak sama sekali.

  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Soal nomor 23 (uraian)

Pada teks drama Wekwek tersebut, bagaimana para pemain dapat membedakan antara bagian perintah-perintah dengan bagian dialog?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Bagian perintah ditulis dengan huruf kapital semua, sedangkan bagian dialog dimulai setelah tanda titik dua dan tidak semua ditulis dengan huruf kapital.

Soal nomor 24 (uraian)

Menurut pendapatmu, apakah ilustrasi cerita ini sesuai dengan isi ceritanya? Jelaskan alasanmu!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Sesuai, karena di dalam cerita disebutkan ada lipan yang menyerang rombongan, lalu rombongan naik ke atas perahu. Hal itu tergambar di dalam ilustrasi.
 
  • Menilai elemen intrinsik (karakterisasi, alur cerita, latar) serta autentisitas penggambaran masyarakat pada teks sastra sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 25 (pilihan ganda)

Dari konteks cerita tersebut, kejadian apa yang paling minimal harus ditambahkan penulis untuk melengkapi cerita tersebut?
A. Pengenalan situasi cerita.
B. Penyelesaian konflik.
C. Peningkatan masalah.
D. Munculnya konflik.
E. Puncak konflik.

Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

2. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

  • Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jenjangnya. (3 Soal)

Soal nomor 26 (uraian)

Setelah membaca puisi ini, Emir merasa bahwa puisi ini cocok dengan suasana hatinya karena baru saja ia kehilangan kucing kesayangannya.
 
Setujukah kamu dengan pendapat Emir tersebut? Jelaskan jawabanmu!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Setuju. Karena puisi tersebut bercerita tentang kehilangan. Situasi tersebut sesuai dengan kondisi Emir.

Soal nomor 27 (uraian)

Bagaimana pendapatmu tentang Ratu Aji Bidara Putri yang menyuruh punggawanya mengintip pangeran yang berada di kapalnya?

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban ada dua variasi:
  • Perintah sang ratu tidaklah sopan karena memasuki tempat orang lain tanpa izin.
  • Perintah sang ratu sangat tepat karena itu bentuk kehati-hatian untuk menyelamatkan kerajaan

Soal nomor 28 (pilihan ganda)

Setelah membaca cerita tersebut, seorang pembaca berkomentar bahwa Mak Onah juga pasti tewas tertimbun beras.
 
Menurutmu, apakah pernyataan pembaca tersebut dapat dipercaya? Jelaskan jawabanmu!

Kunci Jawaban/ Pembahasan
Iya. Karena di dalam cerita disebutkan bahwa semua penumpang tewas. Kalimat itu menunjukkan bahwa tidak ada penumpang yang selamat, termasuk Mak Onah.

Demikianlah bahasan soal-soal AKM literasi teks fiksi level 5 untuk kelas 9 SMP/ MTs dan kelas 10 SMA/ MA serta SMK.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Untuk mengunduh versi PDF dari soal-soal ini, sahabat pendidik dapat mengakses pada tautan berikut.

UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS FIKSI LEVEL 5

Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

1 Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Fiksi Level 5 (Kelas 9 dan 10)"

Anonim mengatakan...

terima kasih atas contoh soal AKM Literasi teks fiksi level 5 nya.. sangat bermanfaat

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel