Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10)

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Soal-soal AKM literasi teks informasi level 5 untuk kelas 9 SMP/ MTs dan kelas 10 SMA/ MA serta SMK

Assalamualaikum sahabat Gurnulis. Bagaimana kabarnya? Sedang mencari-cari kumpulan soal AKM literasi teks informasi kah? Kalau iya, alhamdulillah kita dipertemukan pada topik yang sama. Penulis memang sedang ingin berbagi kumpulan soal AKM literasi teks informasi, khususnya level 5 untuk kelas 9 SMP/ MTs dan kelas 10 SMA/ MA serta SMK. Sebelumnya penulis telah berbagi soal AKM literasi teks fiksi untuk level yang sama ya. Sahabat pendidik boleh meng-klik tautan berikut untuk menyimak pembahasannya. Tautan tersebut akan terbuka pada tab baru di peramban yang digunakan sahabat pendidik.

Kembali mengingatkan tentang AKM ya, sahabat pendidik. AKM merupakan kependekan dari Asesmen Kompetensi Minimum. AKM adalah penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan oleh semua murid atau peserta didik untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif pada masyarakat. AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Asesmen Nasional atan AN sendiri adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional sejatinya adalah program penilaian terhadap mutu setiap  sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah.

Teks informasi yang menjadi salah satu kompetensi yang diukur dalam AKM literasi merupakan teks yang memberikan fakta, data, dan informasi dalam rangka pengembangan wawasan serta ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah. Jenis-jenis teks informasi yang digunakan pada AKM antara lain iklan, dokumen perusahaan atau pemerintahan (nota dinas, undangan, kontrak, pemberitahuan, pengumuman, dan sebagainya), berita, artikel, laporan, pidato, buku pelajaran, pamflet, brosur, buletin, infografis, label (makanan atau obat), resep (makanan atau minuman), ulasan (resensi buku, film, atau drama), jurnal ilmiah, laporan penelitian ilmiah, buku panduan, dan editorial.

Sebelumnya, pada postingan-postingan yang telah penulis publikasikan, penulis telah berpanjang-lebar menjabarkan AKM maupun AN. Sahabat dapat mengaksesnya pada daftar tautan-tautan berikut.

Soal-soal AKM yang penulis angkat pada artikel ini bersumber dari laman Pusmenjar Balitbang dan Perbukuan Kemendikbud. Karena keterbatasan tata letak, penulis menyuntingnya menjadi dua bagian, yaitu bagian bacaan dan bagian soal. Untuk medapatkan versi yang lebih rapi, sahabat pendidik dapat mengunduh versi PDF-nya yang tautannya terdapat pada akhir tulisan ini. Jadi, mohon disimak baik-baik ya.

 

Bahan Bacaan Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan Kelas 10)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 1, 14, 15, 21, 34, dan 37.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) sangat besar bagi perekomian Indonesia. Pada saat usaha besar sedang dalam tren melambat, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) UMKM cukup stabil. Tidak memandang latar belakang dan pendidikan seseorang, setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam memulai bisnis usaha UMKM. Agar masyarakat tertarik dalam usaha UMKM, pemerintah menurunkan Pph final dari 1% menjadi 0,5% sehingga pelaku usaha UMKM tidak merasa terlalu dibebani pajak.
 
Nah, Sobat, bagi kamu yang berencana untuk memiliki UMKM sendiri, kamu bisa memulainya dengan modal kecil, lho. Terdapat banyak jenis UMKM yang bisa kamu jadikan referensi untuk merintis usaha. Bidang kuliner merupakan salah satu jenis UMKM yang menguntungkan dan selalu laris. Bisnis kuliner juga memiliki banyak kategori, seperti makanan ringan, minuman, sampai dengan makanan pokok. Semua usaha kuliner memiliki potensi yang bagus karena kuliner banyak dicari oleh masyarakat, terlebih yang tinggal di kota besar. Walaupun demikian, keberhasilan menjalankan UMKM tetap tergantung pada bagaimana kamu memasarkan produk dan berinovasi.
 
Sobat, dari infografik di atas kita tahu bahwa UMKM sangat penting untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia sehingga keberlangsungan UMKM harus terus didorong. Agar UMKM terus berkembang, sumber daya manusianya pun perlu memiliki kemampuan yang sesuai untuk menjalankan usaha. Cara yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbisnis adalah dengan mengikuti pelatihan bisnis. Pelatihan tersebut biasanya mendatangkan para pelaku bisnis yang sukses dan yang dapat membantu peserta melihat peluang mendapat keuntungan terbaik. Salah satu program pelatihan bisnis yang dapat kamu ikuti adalah Business Leadership Workshop yang diselenggarakan GELCE. Pelatihan ini selalu mendatangkan pelatih yang berkompeten di bidangnya dan memberi kesempatan pemilik bisnis untuk bekerja sama untuk meningkatkan bisnisnya.
 
(Sumber: www.indonesiabaik.id, https://ajaib.co.id)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 2, 7, dan 16.
Voluntourism dan Sektor Pariwisata yang Menyerap Banyak Tenaga Kerja
 
Kementerian Pariwisata RI menetapkan 2019 sebagai tahun sumber daya manusia (SDM). Karena itu, penguatan SDM pelaku pariwisata terus diperkuat. Langkah ini dilakukan seiring dengan makin berkembangnya sektor pariwisata di Indonesia. Pariwisata memberikan kontribusi penting bagi pendapatan negara, yaitu sebagai penyumbang devisa kedua terbesar setelah sektor minyak dan gas (migas). Dengan kata lain, pariwisata tidak sekadar membantu menciptakan peluang kerja, tetapi juga berperan dalam menekan angka pengangguran di tanah air dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Meningkatnya jumlah wisatawan asing dan lokal di Indonesia, ternyata, membawa dampak lain selain ekonomi. Selain menikmati kegiatan berwisata dan membeli oleh-oleh, wisatawan dapat memberikan manfaat bagi destinasi yang dikunjungi. Apakah kamu pernah mendengar istilah voluntourism? Voluntourism merupakan gabungan dari dua kata, yaitu volunteer dan tourism, yang mengandung makna melakukan kegiatan pariwisata sambil menjadi sukarelawan. Menurut pengamatan sebuah biro perjalanan, rata-rata turis asing membawa keluarga dan sahabatnya untuk menikmati voluntourism untuk waktu yang lama, yaitu dua minggu hingga sebulan. Pemilik biro tersebut mengatakan bahwa beberapa kliennya dari luar negeri jadi ketagihan dan selalu datang kembali hampir tiap tahun.
 
Selama berwisata, para turis dapat melakukan kegiatan sukarela yang bermacam-macam, seperti mengajar bahasa Inggris atau bahasa asing, mengajar baca-tulis-hitung, dan mengajak anak-anak penduduk lokal membuat karya seni lewat beragam cara. Para turis tersebut juga diajak menginap di rumah-rumah penduduk. Sebagian besar turis sangat senang berkegiatan layaknya penduduk lokal. Mereka belajar untuk berempati, menerima keberagaman, menghormati alam, dan menghargai budaya lokal.
 
(Sumber: https://radarjogja.jawapos.com)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 3, 8, 13, 17, 23, dan 36.
Bioplastik, Plastik Ramah Lingkungan dari Singkong

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Sampah plastik menjadi masalah besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton per tahun dan 24 persennya masih tidak terkelola. Berbagai alternatif ditawarkan, salah satunya biodegradable plastic atau bioplastik. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) menawarkan inovasi teknologi untuk mengatasi permasalahan limbah plastik tersebut.
 
Inovasi LIPI tersebut adalah bioplastik yang dikembangkan dengan menggunakan bahan dari tapioka atau singkong. Peneliti LPTB LIPI, Hanif Dawam Abdullah, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengembangkan bioplastik sebagai alternatif untuk menggantikan plastik biasa. Bioplastik tersebut berbasis pati yang mudah diurai mikroba alami dengan cepat dan berpeluang menjadi solusi limbah plastik saat ini. Material dasar yang berasal dari singkong mudah didapatkan dan relatif murah. Bioplastik ini sudah dijual bebas baik secara daring maupun luring (online dan offline) oleh berbagai produsen.
 
Sejauh ini, penggunaan plastik paling banyak adalah untuk kemasan makanan, yaitu sekitar 60 persen. Plastik sendiri tersusun dari polimer-polimer yang memiliki berat lebih ringan daripada air sehingga benda tersebut sangat mudah mengambang di air. Ketika menjadi sampah, plastik tidak mudah terurai. Dibutuhkan waktu lebih dari 3000 tahun sampai sampah plastik dapat terurai. Hal tersebut tentu saja dapat mencemari lingkungan. Bahaya lain dari sampah plastik adalah ketika terpecah menjadi butiran-butiran kecil. Pecahan plastik ini tidak dapat secara langsung terurai oleh bakteri dan dapat masuk ke dalam tubuh hewan. Oleh karena itu, dibutuhkan bahan pengganti plastik yang lebih ramah terhadap lingkungan, salah satunya bioplastik.

 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 4, 6, 24, dan 25.
Bantu Ibunya Jualan, Pemuda Ini Ciptakan Robot Unik
 
Kasih sayang seorang Ibu kepada anak tidak akan ada habisnya. Seorang anak pun dapat mengungkapkan kasih sayang kepada ibunya dengan membantunya. Kisah inspiratif kali ini datang dari seorang anak yang membantu ibunya berjualan dengan cara unik.
 
Agung Budi Wibowo adalah pemuda asal Purworejo, Jawa Tengah. Ibu dari Agung Budi Wibowo sudah cukup lama berjualan telur dadar mini. Sang ibu, Praptining Utami, memiliki gangguan penglihatan sehingga tak bisa berjualan dengan cekatan. Agung akhirnya berusaha mencari ide agar dapat membantu ibunya berjualan.
 
Karena pernah bersekolah di SMK jurusan teknik kendaraan, Agung memiliki ide untuk menciptakan robot pembuat telur dadar mini. Ia kemudian belajar dari tayangan Youtube tentang cara membuat robot. Pemuda ini mempelajarinya seorang diri dengan tekun.
 
Modal yang dikeluarkan Agung dalam membuat robot itu sebesar Rp1,5 juta. Agung membuat robot tersebut dengan bahan baku dari lingkungan sekitarnya, yaitu dari beberapa suku cadang motor, suku cadang pompa air, dan alat pengatur untuk menjalankan robot itu. Bahan baku tersebut dirangkai dan dirakit sehingga tercipta sebuah robot yang dinamai Egg Filling Robot.
 
Setelah Agung membuatkan Egg Filling Robot, ibunya mengaku sangat terbantu dalam berjualan. Pekerjaannya yang sebelumnya sulit karena terkendala masalah penglihatan, sekarang menjadi mudah. Omzet penjualannya sekarang naik menjadi dua kali lipat. Selain itu, banyak anak-anak yang membeli telur dadar mini tersebut karena sangat antusias melihat aksi robot yang mengisi adonan telur.
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 5 dan 26. 
Eva Rahmi Kasim, Penyandang Disabilitas yang Menjadi Pejabat
 
Eva Rahmi Kasim namanya. Tangannya tengah sibuk membuka tumpukan kertas di atas mejanya. Lembar demi lembar diparafnya. Lalu, bel berdering saat dia menekan tombol di mejanya. Seorang pegawai perempuan memakai baju batik masuk ke ruangan, mengambil dokumen-dokumen tersebut, dan membawanya keluar. Eva mengatakan bahwa dokumen tersebut ditunggu Pak Menteri (Menteri Sosial Republik Indonesia).
 
Eva Rahmi Kasim adalah pimpinan instansi yang terletak di Jalan Dewi Sartika, Cawang, Jakarta Timur. Jabatannya adalah kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kesejahteraan Sosial (Puslitbangkesos) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos).
 
Sepintas, tidak ada yang berbeda dari penampilan Eva. Namun, di tembok samping mejanya ada sebuah kursi roda dan dua tongkat alat bantu jalan tersandar. Sebagai tunadaksa sejak lahir, Eva bergantung pada alat tersebut untuk mobilisasi. ”Kalau keliling kantor, ya, pakai ini,” ujarnya menunjuk kursi roda dan tongkat itu.
 
Kondisi fisik tidak menjadi halangan bagi Eva Kasim untuk meraih jabatan tinggi. Dia dilantik sebagai kepala Puslitbangkesos, Kemensos pada 26 Agustus lalu oleh Menteri Sosial saat itu, Agus Gumiwang Kartasasmita. Dengan jabatan tersebut, Eva Kasim adalah satu-satunya aparatur sipil negara (ASN) penyandang disabilitas yang menjadi pejabat eselon II. ”Kita semua setara dan punya kesempatan yang sama,” tuturnya.
 
Dalam pidato pelantikan tersebut, Agus Gumiwang saat itu mengatakan bahwa Eva diangkat sebagai pejabat bukan karena dia difabel, melainkan karena memang layak menempati jabatan tersebut. Sesuai penilaian panitia seleksi (pansel) lelang jabatan, dia memiliki nilai tertinggi. Menurut Eva, kondisi fisik bukan penghalang meraih jabatan tinggi, asal kita dapat disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah. ”Apalagi, regulasi mendukung,” imbuhnya.
 
Seiring dengan terbitnya Undang-Undang (UU) Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, difabel mempunyai hak memperoleh kesempatan mengembangkan jenjang karier. Peraturan Presiden (Perpres) 75/2015 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia juga mengintegrasikan hak difabel dalam rencana pembangunan nasional. Eva menyatakan, dua regulasi tersebut memberikan payung hukum yang kuat bagi kaum difabel untuk mengeksplorasi potensi mereka.
 
Meskipun demikian, Eva tidak menampik bahwa masih ada kalangan yang meremehkan difabel, tak terkecuali di instansi yang dipimpinnya. Di Puslitbangkesos Kemensos, dia memimpin 40-an pegawai. Walaupun ada yang meremehkannya, Eva tak peduli karena ia yakin mampu bekerja dengan baik. Dalam memimpin dia menganut filosofi main layang-layang. Ada saatnya diulur dan ada waktunya pula ditarik kencang sehingga ritme kerja berjalan harmonis.
 
Dengan jabatannya sekarang, Eva Rahmi Kasim punya tugas sosial. Salah satunya ialah menghasilkan riset yang menjadi bahan kebijakan untuk mengatasi problem difabel di tanah air.  Puslitbangkesos, misalnya, membuat rekomendasi agar pemangku kepentingan menyiapkan fasilitas layanan publik yang ramah difabel, termasuk fasilitas transportasi hingga perbankan. Dia mengungkapkan bahwa Indonesia belum ramah bagi penyandang disabilitas. Hal itu tecermin dari sejumlah perlakuan diskriminatif terhadap kaum difabel.
 
Eva Rahmi memang sosok berprestasi. Setelah lulus S-1 di Universitas Indonesia (UI), dia mendapat beasiswa melanjutkan studi master di Deakin University, Melbourne, Australia. Program studinya adalah Health and Behavioral Science dengan spesialisasi ilmu disabilitas. Pada 2019 Eva mendapatkan penghargaan Lencana Karya Satya dari presiden RI atas pengabdiannya sebagai ASN. Dia juga pernah menerima Australian Alumni Awards dari pemerintah Australia untuk kategori Tokoh Inspirasional. Eva juga menginisiasi lahirnya Pusat Kajian Disabilitas (PKD) di FISIP UI. Di sela-sela kesibukannya, Eva pun aktif menulis di berbagai media nasional. Fokusnya adalah isu disabilitas. Dengan merintis karier sebagai PNS sejak 1992, Eva menapaki anak tangga mulai bawah. ”Saya berharap ini bisa menjadi motivasi bersama, khususnya bagi penyandang disabilitas, bahwa tidak ada batasan bagi mereka untuk menggapai mimpi,” tuturnya.
 
(Sumber: https://www.jawapos.com)
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 9, 10, 18, dan 28.
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital
 
Pada tahun 2016 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama dengan KIBAR, sebuah perusahaan teknologi, secara resmi meluncurkan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital di Jakarta. Program ini dibuat sebagai bentuk pergerakan baru di industri digital untuk menyiapkan sumber daya yang mumpuni dalam mengambangkan bisnis digital yang baru. Menteri Kominfo saat itu menjabarkan bahwa perkembangan industri digital akan sangat berpengaruh terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Menurutnya, jika target nilai e-commerce pada tahun 2020 tercapai hingga Rp130 Miliar, maka PDB akan menjadi 9 %.
 
Program Gerakan 1000 Startup Digital telah dilakukan di 10 kota, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Malang, Medan, Bali, Makassar, dan Pontianak. Di kota-kota tersebut didirikan pusat inovasi sebagai titik kumpul komunitas teknologi, kreatif, dan budaya. Di sana juga disediakan co-working space agar para pelaku dan kreator lokal dapat berkolaborasi dalam menciptakan solusi bagi kebutuhan masyarakat, baik dalam level lokal maupun nasional.
 
Beberapa program dari Gerakan 1000 Startup Digital adalah networking, workshop, seminar yang dihadiri oleh founder startup, mentoring, serta hasksprint, yaitu membangun sebuah produk secara cepat. Sampai bulan Februari 2020, ada lebih dari 40 ribu peserta yang telah mengikuti program ini. Beberapa startup seperti Kopitani, Lindungihutan, Bizhare, dan Gardapangan adalah alumni program Gerakan 1000 Startup Digital.
 
Semakin banyaknya perusahaan-perusahaan rintisan, selain dapat meningkatkan ekonomi, juga menjadi solusi bagi masyarakat. Startup Kopitani, contohnya, lahir untuk meningkatkan industri kopi Indonesia melalui pemberdayaan petani kopi dengan sistem pertanian modern. Startup Lindungihutan lahir untuk melindungi hutan Indonesia melalui sistem penggalangan dana. Bizhare merupakan sistem investasi daring yang menghubungkan antara investor dan UMKM. Gardapangan lahir dari komunitas gerakan food bank makanan sisa dari industri atau rumah makan yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi kerawanan pangan, sekaligus mengurangi kerusakan lingkungan.
 
Startup lahir dari masalah-masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita. Startup menjawab permasalahan tersebut dengan sebuah solusi. Oleh karena itu, inovasi dan kreativitas kaum muda melalui gerakan-gerakan sosial seperti startup ini sangat dibutuhkan masyarakat. Pada masa mendatang, diharapkan lebih banyak lagi putra-putri bangsa yang turut membangun Indonesia melalui industri digital.
 
(Sumber: https://www.kominfo.go.id)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 11, 19, 20, 29, dan 33.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id

(Sumber: https://www.cnnindonesia.com)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 12, 32, dan 35.
Perhatikan grafik berikut!
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id

 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan 27.
Perhatikan infografik berikut dengan saksama!
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id

 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 30.
Mengolah Limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun)
 
Limbah yang dihasilkan oleh pabrik-pabrik termasuk ke dalam kategori limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun). Namun, banyak limbah yang dibuang begitu saja ke sistem perairan tanpa adanya proses pengolahan. Pada dasarnya, prinsip pengolahan limbah adalah upaya untuk memisahkan zat pencemar dari cairan atau padatan. Walaupun volumenya kecil, konsentrasi zat pencemar yang telah dipisahkan itu sangat tinggi. Selama ini, zat pencemar terkonsentrat yang sudah dipisahkan tersebut belum tertangani dengan baik sehingga terjadi akumulasi bahan berbahaya yang setiap saat mengancam kesehatan manusia dan keselamatan lingkungan hidup.
 
Ternyata, limbah B3 juga terkandung pada beberapa barang sehari-hari yang sering kita gunakan. Contohnya adalah batu baterai bekas, aki kendaraan, hairspray, pestisida, pembersih lantai, detergen, dan obat nyamuk. Karena ada di mana-mana, limbah B3 perlu dikelola dengan cara yang benar.     
 
Upaya pengolahan limbah B3 dapat dilakukan melalui tahapan sebagai berikut.
  • Reduksi limbah dilakukan dengan mengoptimalkan penyimpanan bahan baku dalam proses kegiatan atau house keeping, substitusi bahan, modifikasi proses, maupun upaya reduksi lainnya.
  • Kegiatan pengemasan dilakukan dengan penyimbolan dan pelabelan yang menunjukkan karakteristik dan jenis limbah B3 berdasarkan acuan Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Nomor: Kep-05/Bapedal/09/1995.
 
Pengemasan limbah B3 dilakukan sesuai dengan karakteristik limbah yang bersangkutan. Secara umum, dapat dikatakan bahwa kemasan limbah B3 harus dalam kondisi yang baik, bebas dari karat dan kebocoran, serta dibuat dari bahan yang tidak bereaksi dengan limbah yang disimpan di dalamnya. Untuk limbah yang mudah meledak, kemasan harus dibuat rangkap, yang kemasan bagian dalamnya harus dapat menahan zat agar tidak bergerak dan mampu menahan kenaikan tekanan dari dalam atau luar kemasan. Limbah yang bersifat self-reactive dan peroksida organik juga memiliki persyaratan khusus dalam pengemasannya. Kemasan limbah jenis tersebut harus harus memiliki bantalan yang dibuat dari bahan yang tidak mudah terbakar dan tidak mengalami penguraian atau dekomposisi saat berhubungan dengan limbah. Jumlah yang dikemas pun terbatas, yaitu sebesar maksimum 50 kg per kemasan. Sementara itu, limbah yang memiliki aktivitas rendah biasanya dapat dikemas hingga 400 kg per kemasan.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 31.
Praktik STEM
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Berangkat dari keprihatinan siswa SMP Negeri 23 Bandung ketika melihat krisis air bersih di sekolah, mereka bereksperimen membuat alat penjernih air sederhana. Air di sekolah yang bersumber dari air sumur resapan tersebut berwarna kuning, keruh, serta berbau besi sehingga tidak dapat dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari, seperti wudu dan buang air.
 
Guru pembimbing kelompok siswa itu, Amalia Sholihah, menangkap keprihatinan mereka, kemudian mengajak mereka mencari solusi dengan melakukan riset mandiri. "Ketika membuat ini, anak-anak sempat stres karena tidak terbiasa. Biasanya, kan, berupa resep. Kalau ini harus menggali dan mencari tahu sendiri, tetapi begitu lihat hasilnya, mereka sangat berbahagia," tutur Amalia yang merupakan guru IPA.
 
Dari hasil penelitian tersebut, siswa menemukan bahan-bahan yang harganya terjangkau, tetapi efektif untuk menjernihkan air, yaitu ziolit yang berbentuk seperti kerikil dengan ukuran kecil dan sedang, pasir aktif, arang aktif, dan filter akuarium. Bahan-bahan ini kemudian ditakar dan disusun pada wadah yang sudah tidak terpakai, seperti botol air mineral bekas atau pipa.
 
Dari percobaan yang dilakukan, susunan paling efektif untuk menjernihkan air adalah ziolit dengan ukuran kecil pada posisi paling bawah, dilanjutkan arang aktif, pasir aktif, lalu diisi kembali dengan ziolit berukuran sedang. Terakhir, posisi teratas dipasang filter akuarium. Hasilnya, ketika air tercemar dituang, air yang semula kuning, keruh, dan berbau, menjadi bening dan tidak berbau sama sekali. Air juga dapat mengalir dengan lancar dan tidak mengalami penyumbatan.
 
Tidak hanya efektif, harga bahan-bahan tersebut pun terjangkau sehingga terbeli oleh siswa. Harga tiap bahan tersebut berkisar antara tiga ribu hingga dua belas ribu rupiah. "Kalau kita lihat di internet, harga filter itu dua juta. Tidak mungkin terbeli oleh anak-anak saya yang berasal dari keluarga menengah ke bawah," ungkap Amalia.
 
Selain dapat dirasakan langsung manfaatnya, hasil pembelajaran STEM siswa SMP Negeri 23 Bandung ini juga sering diikutkan pada ekspos karya pelajar, baik di tingkat kota, provinsi, maupun nasional. Tidak puas hanya sampai di sini, Amalia ingin para siswa dapat mengemas penjernih air dalam wadah menarik sehingga memiliki nilai ekonomis. "Lumayan untuk pemasukan sehingga bisa membantu ekonomi keluarga mereka," harap Amalia.

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 38.
Kenali Pusing yang Bisa Jadi Gejala Stroke
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Stroke adalah sindrom yang terdiri dari tanda atau gejala hilangnya fungsi sistem saraf pusat yang bisa berkembang cepat, yakni dalam hitungan detik atau menit. Gejala stroke pada seseorang bisa berbeda-beda. Gejala yang muncul tersebut sangat bergantung pada bagian otak yang terganggu. Otak manusia ini secara umum terbagi menjadi tiga bagian, yakni otak besar (cerebrum) otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brain stem). Otak besar sendiri terdiri dari atas bagian besar yang disebut hemisfer, yaitu hemisfer kanan dan kiri. Hemisfer kiri bertugas mengendalikan fungsi bagian tubuh sebelah kanan. Sementara, hemisfer kanan mengendalikan fungsi bagian tubuh sebelah kiri.
 
Pusing yang Bisa Jadi Gejala Stroke.
 
Melansir Buku Awas Stroke: Pengertian, Gejala, Tindakan, Perawatan & Pencegahan (2010) oleh dr. Rizaldy Pinzon, M.Kes., SpS dan dr. Laksmi Asanti, SpS (K), pusing berputar atau vertigo adalah pusing yag bisa jadi gejala stroke.
 
Gejala ini terjadi karena disebabkan oleh adanya gangguan sistem keseimbangan di otak kecil. Pusing berputar pada stroke dapat disertai dengan gejala mual dan muntah. Tapi, hal itu tidak mesti dialami oleh setiap penderita stroke. Artinya, pusing berputar pada penyakit ini bisa juga tanpa disertai dengan mual dan muntah. Selain itu, pusing berputar pada stroke juga bisa disertai oleh gejala lain, misalnya bicara pelo dan gangguan koordinasi.
 
Untuk memastikan pusing berputar yang dialami termasuk gejala stroke atau bukan, siapa saja memang dianjurkan berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter. Hal ini penting mengingat tidak semua pusing berputar adalah gejala stroke. Ada banyak hal lain yang bisa menyebabkan vertigo. Begitu juga dengan nyeri kepala. Keluhan ini bisa muncul sewaktu-waktu karena berbagai faktor. Namun, datangnya nyeri kepala ini patut juga diwaspadai karena bisa menjadi gejala stroke. Pada lebih dari 95 persen kasus, nyeri kepala memang bersifat primer dan dihubungkan dengan ketegangan otot atau migren. Tapi, pada 5 persen kasus, nyeri kepala disebabkan oleh sakit sekunder, termasuk di antaranya stroke.
 
Nyeri kepala pada stroke biasanya bersifat mendadak, dengan intensitas yang berat, dan disertai dengan gejala gangguan saraf yang lain. Gejala stroke sangat ditentukan oleh bagian otak yang terkena gangguan. Salah satu kata kunci yang ada pada stroke adalah sifatnya yang mendadak. Seseorang yang pada awalnya baik-baik saja dan menunjukkan gangguan sistem saraf yang bersifat mendadak, patut dicurigai sebagai stroke.
 
(Sumber:https://health.kompas.com)

Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 39.
Superfood Daun Kelor Terbukti Punya Khasiat untuk Kesehatan
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Daun kelor telah lama dipercaya sebagai tumbuhan yang bermanfaat bagi kesehatan. Tanaman ini jamak dijumpai di Indonesia, beberapa negara di Asia Tenggara, India, Afrika, sampai Amerika Latin. Kepopuleran tanaman bernama latin Moringa oleifera ini menanjak beberapa tahun terakhir. Organisasi Pangan Dunia Food and Agriculture Organization (FAO) sempat memasukkan kelor sebagai Crop of the Month, pada 2018.
 
Melansir buku Tanaman Kelor: Nilai Gizi, Manfaat, dan Potensi Usaha (2018) oleh F.G. Winarno, kelor termasuk satu di antara delapan mega superfood (pangan super). Superfood merupakan pangan fungsional yang bergizi tinggi dan kaya fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Selain tanaman kelor, terdapat juga mega superfood lainnya. Di antaranya ganggang chlorella, goji berry, spirulina, cokelat, wheat grass, camu camu, dan acai.
 
Dengan reputasinya yang sudah dipercaya sejak bertahun-tahun silam, daun kelor juga dipercaya punya segudang manfaat. Berikut enam manfaat daun kelor untuk kesehatan yang sudah terbukti secara ilmiah. Antara lain sebagai berikut.
  1. Memiliki kandungan gizi yang tinggi. Menurut F.G. Winarno, daun kelor kering sebanyak 100 gram mengandung senyawa: protein dua kali lebih tinggi dari yoghurt, Vitamin A tujuh kali lebih tinggi dari wortel, Kalium tiga kali lebih tinggi dari pisang, Kalsium empat kali lebih tinggi dari susu, dan Vitamin C tujuh kali lebih tinggi dari jeruk.
  2. Tinggi kandungan antioksidan. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Penumpukan radikal bebas di dalam tubuh dapat meningkatkan tekanan oksidatif, yang menjadi biang penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes tipe 2. Para ahli menemukan beberapa jenis antioksidan dalam daun kelor, antara lain quercetin dan asam klorogenat. Quercetin merupakan antioksidan yang dapat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Sedangkan, asam klorogenat dapat menjaga kadar gula darah setelah makan.
  3. Menurunkan kadar gula darah. Sejumlah penelitian memang menunjukkan daun kelor efektif menurunkan kadar gula darah. Para ilmuwan meyakini hal itu berasal dari senyawa isothiocyanate. Namun, sebagian penelitian baru diujikan pada hewan. Studi berbasis manusia yang ada masih dalam skala kecil. Salah satu studi melibatkan 30 wanita yang mengonsumsi 1,5 sendok teh bubuk daun kelor per hari selama tiga bulan. Hasilnya, kadar gula darah puasa mereka turun rata-rata 13,5 persen.
  4. Dapat mengurangi peradangan. Peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap infeksi atau cedera.  Pengidap penyakit kronis seperti jantung dan kanker juga mengalami masalah peradangan. Sejumlah ahli meyakini senyawa isothiocyanate pada daun juga dapat membantu mengurangi peradangan. Namun sejauh ini, penelitian baru terbatas pada uji laboratorium dan penelitian pada hewan. Masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia terkait efek antiperadangan dengan mengonsumsi daun kelor.
  5. Bisa mengurangi kolesterol jahat. Berbagai penelitian dengan melibatkan hewan dan manusia menunjukkan, mengonsumsi daun kelor dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Kandungan kolesterol tinggi dalam darah terkait dengan peningkatan risiko penyakit jantung. Selain mengonsumsi daun kelor, Anda yang ingin menurunkan kolesterol juga disarankan makan makanan yang mengandung gandum utuh dan kacang almond.
  6. Melindungi tubuh dari racun arsenik. Paparan arsenik jangka panjang, baik dari pestisida sampai pencemaran air, dapat memengaruhi kesehatan. Studi menunjukkan dampaknya bisa meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung. Kabar baiknya, beberapa penelitian pada tikus menunjukkan, mengonsumsi daun dan biji tanaman kelor dapat melindungi tubuh dari efek buruk arsenik. Riset tersebut cukup menjanjikan. Namun, agar lebih meyakinkan diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.
(Sumber: https://health.kompas.com)
 
 
Bacaan berikut untuk menjawab soal nomor 40.
Empat Bahaya Kebiasaan Bangun Tidur Langsung Main HP
Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id
Telepon pintar atau handphone ( HP) kini menjadi alat penunjang keseharian. Mulai dari membuka mata, beraktivitas, sampai sebelum tidur, banyak orang sulit melepaskan dari gawai. Beberapa orang juga punya kebiasaan berlama-lama menatap HP atau ponsel saat baru bangun tidur. Lembaga riset berbasis di Amerika Serikat, International Data Corporation (IDC) menyebut 80 persen pengguna HP mengecek polselnya selama 15 menit sesaat setelah bangun pagi. Akibatnya, waktu produktif di pagi hari tersita karena kita mager dan tak kunjung beraktivitas.  Apakah Anda juga punya kebiasaan bangun tidur langsung main HP? Jika iya, lebih baik segara tinggalkan kebiasaan tersebut. Pasalnya, sejumlah bahaya kesehatan mengintai ketika Anda langsung membuka ponsel setelah bangun tidur. Berikut bahaya kebiasaan bangun tidur lantas membuka ponsel:
 
1. Merusak mata
Melansir blog Nitribullet, layar LED di perangkat elektronik dapat mengeluarkan gelombang cahaya biru (blue light). Tak seperti namanya, cahaya biru yang dipancarkan layar elektronik justru berwarna putih terang.
 
Studi menunjukkan paparan langsung cahaya biru dapat merusak retina. American Macular Degeneration Foundation memperingatkan kerusakan retina akibat paparan cahaya biru dapat menyebabkan degenerasi makula. Penyakit ini dapat menyebabkan hilangnya penglihatan sentral. Untuk menghindari risiko tersebut, Anda disarankan untuk tidak terlalu lama menatap layar ponsel terutama dalam kondisi ruangan yang gelap.
 
2. Memeningkatkan stress
Melansir Medium, kebiasaan bangun tidur main HP membuat Anda seketika melihat notifikasi media sosial, pesan email, hingga berita negatif. Hal itu berisiko memantik stres dan kecemasan. Rangsangan eksternal ini menarik perhatian Anda. Sehingga, Anda tidak diberi waktu dan ruang untuk memulai hari dengan tenang. Psikiater di San Francisco, California, Dr Nikole Benders-Hadi, menganjurkan kita untuk segera beralih dari ponsel setelah bangun tidur untuk terhindar dari stres. “Membuka ponsel setelah bangun dapat meningkatkan risiko Anda memulai hari dengan stres dan merasa kewalahan,” kata Bender. Jadi, jika Anda ingin memulai hari tanpa perasaan terburu-buru, stres, dan cemas, berhentilah memeriksa ponsel sesaat setelah bangun tidur.
 
3. Membajak waktu dan perhatian
Dengan memeriksa segala hal pada ponsel, Anda berarti telah membiarkan pikiran Anda terbajak pendapat, pemberitahuan, permintaan, maupun ide orang lain. Alih-alih memulai hari yang berfokus pada tujuan sendiri, Anda malah dipaksa untuk memikirkan kepentingan orang lain. Hal itu bisa membuat awal hari menjadi kacau. Selain perhatian, membuka ponsel setelah bangun tidur juga akan membajak waktu Anda. Awalnya mungkin Anda hanya berniat mengecek email selama lima menit. Tapi, tanpa disadari Anda juga tergiur mengakses media sosial selama 30 menit.
 
Kondisi itu bisa merusak agenda harian Anda. Waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk mandi atau sarapan, justru terbajak oleh ponsel. Anda pun bisa terlambat beraktivitas. Belum lagi, saat Anda harus menyiapkan makanan atau perlengkapan untuk keluarga. Ketimbang memeriksa ponsel, Anda lebih baik melakukan sejumlah kegiatan lain yang dapat merangsang otak setelah bangun tidur. Antara lain:
  • membaca;
  • menulis gagasan;
  • membuat jadwal harian;
  • menyiapkan sarapan sehat;
  • jika konsisten dikerjakan, kegiatan tersebut dapat mengurangi stres hingga membuat pikiran menjadi lebih fokus dan produktif. 
 
4. Kurang produktif
Menurut Dr. Nikole Benders-Hadi, banjir informasi di pagi hari dari ponsel dapat mengganggu kemampuan seseorang dalam memprioritaskan tugas. Dengan kata lain, kebiasaan bangun tidur langsung membuka ponsel membuat hari kurang produktif. Kebiasan tersebut dapat menganggu pikiran sepanjang hari.
 
(Sumber: https://health.kompas.com)

Kompetensi Menemukan Informasi

1. Mengakses dan mencari informasi dalam teks

  • Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (11 Soal)

Soal nomor 1 (pilihan ganda kompleks)

Setelah kalian mencermati infografis 'UMKM Menopang Ekonomi Indonesia', kalian akan mendapatkan beberapa informasi.
 
Berdasarkan informasi yang terdapat pada infografis tersebut, klik pada kolom benar atau salah untuk tiap pernyataan berikut!
  • Pemerintah mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian subsidi pajak.
  • Peningkatan penerimaan Pph UMKM orang pribadi dan Pph UMKM badan selalu meningkat.
  • Pada tahun 2016, penerimaan Pph UMKM badan lebih kecil daripada penerimaan Pph UMKM orang pribadi.
  • Pemerintah menurunkan tarif pajak penghasilan (Pph) final bagi UMKM sebesar 1 %.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
  • Pemerintah mendorong pertumbuhan UMKM melalui pemberian subsidi pajak. (Benar);
  • Peningkatan penerimaan Pph UMKM orang pribadi dan Pph UMKM badan selalu meningkat. (Benar);
  • Pada tahun 2016, penerimaan Pph UMKM badan lebih kecil daripada penerimaan Pph UMKM orang pribadi. (Benar);
  • Pemerintah menurunkan tarif pajak penghasilan (Pph) final bagi UMKM sebesar 1 %. (Salah)
 

Soal nomor 2 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan wacana tersebut, apa manfaat voluntourism bagi penduduk di tempat destinasi wisata? 
Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!
A. Kemampuan penduduk untuk baca-tulis-hitung meningkat.
B. Sikap saling menghargai keberagaman menjadi lebih baik.
C. Penduduk lokal dapat belajar bahasa Inggris atau asing.
D. Turis asing bisa menikah dengan penduduk lokal.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, B, dan C
 

Soal nomor 3 (pilihan ganda)

Berdasarkan bacaan tersebut, pernyataan manakah yang menunjukkan bahwa bioplastik bersifat sangat ramah lingkungan?
A. Bahan-bahan pembuatnya dapat diperbaharui.
B. Material dasar dari singkong sangat mudah didapat.
C. Plastik dapat diurai secara alami dengan waktu yang lebih cepat.
D. Plastik berbahan dasar petroleum sangat sulit untuk diperbaharui.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 4 (pilihan ganda kompleks)

Manakah pernyataan yang sesuai dengan teks tersebut?
Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!
A. Agung berupaya keras untuk membantu ibunya berjualan.
B. Praptining mengeluarkan modal jutaan untuk membantu Agung menyelesaikan proyeknya.
C. Untuk membantu ibunya berjualan, Agung membuat robot pembuat telur dadar mini.
D. Gangguan penglihatan yang dialami oleh Praptining membuatnya tetap bisa berjualan dengan baik.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A dan C.
 

Soal nomor 5 (pilihan ganda kompleks)

Eva Rahmi sebagai penyadang disabilitas telah sukses menjadi ASN dan meraih posisi jabatan sebagai kepala Puslitbangkesos. Apa yang menjadi faktor pendukung Eva Rahmi menduduki posisi tersebut? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!
A. Eva Rahmi membuat riset tentang kebijakan untuk mengatasi masalah disabilitas di Indonesia.
B. Sebagai seorang ASN, Eva Rahmi sering berkeliling kantor memakai tongkat atau kursi roda.
C. Eva Rahmi memiliki nilai tertinggi dalam seleksi lelang jabatan.
D. Terbitnya Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 dan Peraturan Presiden 75/2015.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C dan D.
 

Soal nomor 6 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan benar atau salahnya pernyataan berikut!
A. Egg filling robot didesain atas dasar kasih sayang sesama.
B. Inovasi yang dilakukan Agung membuahkan hasil yang sangat bermanfaat.
C. Omzet penjualan industri rumahan menanjak setelah ada alat bantu robot.
D. Aplikasi Youtube memberi kemudahan bagi siapa saja yang ingin belajar.
E. Pemasukan dari penjualan telur dadar mini naik berkali lipat setelah ada robot.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A-Benar; B-Benar; C-Salah; D-Salah; E-Benar.
 

Soal nomor 7 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan benar atau salahnya pernyataan berikut!
  • Mereka menghormati alam.
  • Mereka belajar untuk berempati.
  • Mereka menghargai keberagaman.
  • Mereka mempelajari budaya lokal.
  • Mereka membuka biro perjalanan.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Mereka menghormati alam. (Benar); Mereka belajar untuk berempati. (Benar); Mereka menghargai keberagaman. (Benar); Mereka mempelajari budaya lokal. (Benar); Mereka membuka biro perjalanan. (Salah) .
 

Soal nomor 8 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan bacaan tersebut, manakah pernyataan yang menujukkan bahwa bioplastik berpotensi menjadi bahan pengganti plastik biasa? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!
A. Bahan dasar bioplastik terbuat dari singkong yang dapat diperbaharui.
B. Material dari singkong memudahkan penguraian di alam.
C. Harga bioplastik lebih mahal daripada plastik biasa.
D. Bioplastik mudah didapat karena dijual bebas secara daring dan luring.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, B, dan D.
 

Soal nomor 9 (pilihan ganda)

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital resmi diluncurkan di kota ....
A. Jakarta
B. Pontianak
C. Yogyakarta
D. Bandung
D. Surabaya
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 10 (pilihan ganda)

Jenis perusahaan startup yang berkembang pesat di Indonesia adalah ....
A. biro jodoh, contohnya bridestory.com
B. transportasi, contohnya go-jek.com  sekuritas, contohnya qlue.id
C. gim, contohnya games.com
D. media sosial, contohnya sribu.com
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 11 (pilihan ganda)

Pernyataan manakah yang sesuai dengan isi informasi dalam infografik tersebut?
A. Sumur serapan air hujan adalah salah satu solusi krisis air.
B. Saringan sampah dari air hujan diletakkan dalam sumur.
C. Jarak septictank dengan sumur serapan minimal dua meter.
D. Saluran pembuangan dari sumur serapan dapat diabaikan.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A

2. Mencari dan memilih informasi yang relevan

  • Mengidentifikasi kata kunci yang efektif untuk menemukan sumber informasi yang relevan pada teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (3 Soal)

Soal nomor 12 (pilihan ganda)

Apakah diagram besaran subsidi listrik tahun 2011--2017 sudah dapat menunjukkan keadaan konsumen subsidi listrik berdaya 900 VA?
A. Sudah, karena terdapat besaran angka pada setiap batangnya.
B. Sudah, karena terdapat dua grafik batang yang saling menjelaskan.
C. Belum, karena tidak terdapat penanda pemilah pengguna 900 VA.
D. Belum, karena grafiknya berbentuk batang, tanpa penjelasan persentase.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.

Soal nomor 13 (pilihan ganda)

Berdasarkan gambar dan wacana tersebut, kata kunci yang tepat untuk mengatasi masalah sampah kantong plastik adalah …. 
A. tapioka dan limbah plastik
B. inovasi teknologi dan bioplastik
C. teknologi terbarukan dan bahaya plastik
D. ahli lingkungan hidup dan produsen plastik
E. penjualan bioplastik dan lingkungan bebas plastik
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.
 

Soal nomor 14 (uraian)

Mengapa UMKM perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan yang sesuai? Jelaskan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban yang mungkin: karena pengusaha UMKM perlu mengembangkan kreativitas dan berinovasi sehingga bisnis dapat bertahan dan berkembang.

Kompetensi Memahami

1. Memahami teks secara literal

  • Menjelaskan ide pokok dan beberapa ide pendukung pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (4 Soal)

Soal nomor 15 (pilihan ganda kompleks)

Setelah mencermati infografik dan teks tersebut, kalian mendapatkan pemahaman bahwa UMKM perlu dilindungi dan didukung oleh pemerintah dengan alasan berikut.
Manakah alasan yang sesuai dengan pemahamanmu?
A. UMKM dapat menyerap tenaga kerja sangat banyak.
B. Untuk merintis UMKM diperlukan modal yang besar.
C. Bisnis UMKM mendominasi perekonomian di Indonesia.
D. Pelaku UMKM harus memiliki keterampilan profesional.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, C, dan D.

Soal nomor 16 (pilihan ganda kompleks)

Berdasarkan wacana tersebut, manakah pernyataan yang menunjukkan bahwa sektor pariwisata dapat berdampak positif bagi sektor ekonomi?
A. Kamu dapat memilih lebih dari satu jawaban.
B. Pariwsata menciptakan peluang kerja.
C. Pariwisata menekan angka pengangguran.
D. Pariwisata meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
E. Pariwisata memberikan kepuasan bagi penggemar media sosial.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, B, dan C.
 

Soal nomor 17 (pilihan ganda kompleks)

Manakah gagasan yang sesuai dengan teks dan gambar tersebut? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!
A. Cara mengatasi sampah plastik.
B. Sampah plastik dan penanganannya.
C. Alternatif pengolahan sampah plastik.
D. Sampah plastik yang selalu bertambah.
E. Inovasi teknologi untuk mengurangi sampah plastik.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, C, dan E.
 

Soal nomor 18 (uraian)

Mengapa peran anak muda menjadi penting dalam mengembangkan startup di Indonesia? Jelaskan secara singkat!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Karena kaum muda dianggap inovatif dan kreatif dalam mencari solusi sebuah masalah kehidupan.

2. Menyusun inferensi, membuat koneksi dan prediksi baik teks tunggal maupun teks jamak

  • Menyimpulkan perubahan kejadian, prosedur, gagasan atau konsep di dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (11 Soal)

Soal nomor 19 (pilihan ganda)

Apa yang akan terjadi jika kita tidak membuat saluran pembuangan air ketika membuat sumur resapan?
A. Air akan meresap ke tanah seluruhnya.
B. Sumur resapan akan kelebihan air dan menimbulkan banjir.
C Air tidak dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
D Air akan menjadi kotor.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
B.

Soal nomor 20 (uraian)

Pemeriksaan menjelang musim hujan setidaknya dilakukan tiga tahun sekali. Buatlah daftar bagian apa saja yang perlu diperiksa dan apa yang perlu diperhatikan dari bagian itu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Talang, saluran, bak pengendap lumpur, saringan sampah, sumur resapan, saluran limpasan, parit pembuangan air
 

Soal nomor 21 (uraian)

Berdasarkan infografik tersebut, kalian dapat melihat bahwa penerimaan pajak penghasilan (Pph) UMKM naik dalam lima tahun (2014–2017), tetapi pemerintah menurunkan Pph UMKM. Berikan dua alasan mengapa pemerintah menurunkan Pph UMKM!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Pertama, agar UMKM terus tumbuh. Kedua, agar pelaku UMKM tidak merasa terbebani pajak.
 

Soal nomor 22 (uraian)

Setujukah kamu dengan pernyataan bahwa jika destinasi pariwisata dikembangkan dengan baik, devisa atau pendapatan negara akan meningkat? Berikan alasan dalam jawabanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban yang mungkin: Setuju, karena pada 2019 terdapat peningkatan PDB dan devisa negara dibandingkan dengan tahun 2014. Dengan demikian, apabila industri pariwisata dikembangkan dengan baik, devisa akan makin meningkat di masa depan.
 

Soal nomor 23 (pilihan ganda)

Penyebab adanya inovasi teknologi untuk mengatasi limbah plastik adalah ….
A. sampah plastik belum terkelola dengan baik
B. 64 juta ton sampah plastik dihasilkan per tahun
C. bahan pembuatnya mudah didapat di sekitar kita
D. sebagian besar plastik digunakan untuk kemasan makanan
E. produsen plastik selalu memproduksi sesuai pesanan konsumen
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A.
 

Soal nomor 24 (pilihan ganda kompleks)

Tentukan pernyataan yang dapat ditiru dari kisah inspiratif tersebut! Jawab benar jika dapat ditiru dan jawab salah jika tidak dapat ditiru.
  • Agung mempelajari cara membuat robot dengan tekun sehingga ia berhasil.
  • Kondisi Praptining tidak membuatnya menyerah dalam berjualan.
  • Inspirasi untuk berinovasi bisa berasal dari mana saja, termasuk media sosial, seperti Youtube.
  • Membuat robot perlu dipelajari setiap orang.
  • Berinovasi dan berkreasi tidak selalu harus dengan modal besar.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Agung mempelajari cara membuat robot dengan tekun sehingga ia berhasil. (Benar); Kondisi Praptining tidak membuatnya menyerah dalam berjualan. (Benar); Inspirasi untuk berinovasi bisa berasal dari mana saja, termasuk media sosial, seperti Youtube. (Benar); Membuat robot perlu dipelajari setiap orang. (Salah); Berinovasi dan berkreasi tidak selalu harus dengan modal besar. (Benar)
 

Soal nomor 25 (pilihan ganda kompleks)

Faktor apa yang memotivasi Agung menciptakan egg filling robot? Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban!
A. Agung ingin meringankan beban orang tuanya.
B. Agung mempelajari dari aplikasi Youtube dengan tekun.
C. Agung ingin menaikkan omzet penjualan telur dadar mini.
D. Agung menemukan kemudahan dalam mencari bahan baku pembuat robot.
E. Praptining yang tidak bisa berjualan dengan cekatan karena gangguan penglihatan.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A, C, dan E.
 

Soal nomor 26 (pilihan ganda)

Manakah keteladanan yang patut ditiru dari Eva Rahmi Kasim?
A. Beliau memiliki strategi dalam bekerja, yaitu menyelesaikan tugasnya sampai tuntas sesuai prioritas.
B. Beliau tetap percaya diri dan mampu menjadi inspirator bagi generasi muda dan para penyandang disabilitas.
C. Beliau memiliki prinsip bahwa tidak ada penghalang untuk meraih mimpi, asalkan disiplin, kerja keras, dan pantang menyerah.
D. Beliau dengan gigih mampu menginisiasi terbentuknya Pusat Kajian Disabilitas (PKD) di FISIP UI.
E. Eva Rahmi selalu aktif menulis tentang isu disabilitas yang diterbitkan di berbagai media nasional.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
C.
 

Soal nomor 27 (uraian)

Industri pariwisata, destinasi pariwisata, kelembagaan pariwisata, dan pemasaran pariwisata nasional merupakan bagian dari Rencana Induk Pembangunan Pariwisata (RIPPARNAS). Apa tujuan pengembangan terhadap keempat hal tersebut? Berikan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Tujuan pengembangan empat hal itu adalah untuk meningkatkan jumlah wisatawan sehingga pendapatan negara dapat meningkat.
 

Soal nomor 28 (uraian)

Jelaskan maksud dari pernyataan "Startup lahir dari masalah-masalah yang sangat dekat dengan kehidupan kita!"
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Contoh masalah yang dekat dengan kehidupan manusia adalah masalah kebutuhan masyarakat, seperti pangan dan lingkungan hidup. Startup dapat berkontribusi dalam menyelesaikan masalah-masalah tersebut melalui rancangan yang inovatif dan kreatif.
 

Soal nomor 29 (uraian)

Menurutmu, apakah subsidi listrik yang diberikan kepada masyarakat sudah tepat sasaran? Jelaskan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Sudah tepat sasaran karena subsidi yang terbesar diberikan kepada rumah tangga yang menggunakan 450 VA. Hal itu berarti jumlah rumah tangga dengan tingkat ekonomi lebih rendah yang menerima subsidi lebih banyak daripada jumlah rumah tangga dengan tingkat ekonomi lebih tinggi (menengah-atas).
 
  • Membandingkan hal-hal utama (misalnya perbedaan kejadian, prosedur, ciri-ciri benda) dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 30 (pilihan ganda)

Kamu ingin membuang sampah di rumah dengan memisahkan sampah menjadi dua kelompok: kelompok sampah B3 dan kelompok sampah yang tidak mengandung B3. Kelompokkanlah sampah berikut sesuai dengan jenis limbahnya, apakah mengandung B3 ataukah tidak!
A. Daun pembungkus lontong.
B. Sabun pembersih lantai.
C. Obat nyamuk.
D. Potongan sayuran.
E. Kardus mi goreng.
F. Detergen.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
A-tidak mengandung B3; B-mengandung B3; C-mengandung B3; D-tidak mengandung B3; E-tidak mengandung B3; F-mengandung B3.

 

Kompetensi Mengevaluasi dan Merefleksi

1. Menilai kualitas dan kredibilitas konten pada teks informasi tunggal maupun jamak

  • Menilai kualitas teks informasi berdasarkan pengalaman pribadinya dalam membaca teks yang terus meningkat sesuai jenjangnya (misalnya mengidentifikasi asumsi/opini dari fakta). (2 Soal)

Soal nomor 31 (uraian)

Jika air di rumah kalian mengalami hal yang sama, apakah kalian juga akan membuat alat penjernih air sederhana? Jelaskan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Ya, karena bahan-bahan pembuat penyaring itu murah dan alat penyaring mudah dibuat.

Soal nomor 32 (uraian)

Apakah dapat dikatakan bahwa subsidi listrik dari tahun 2011 hingga 2018 mengutamakan rumah tangga yang berasal dari kelas menengah ke bawah?
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Tidak karena persentase golongan penerima subsidi yang ditampilkan pada grafik hanya menunjukkan persentase pada tahun 2018, bukan keseluruhan periode 2011-2018.
 
  • Menilai akurasi pada informasi visual atau nonvisual dalam teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Soal nomor 33 (uraian)

Setujukah kamu jika dikatakan bahwa infografik tersebut menunjukkan kerumitan dan mahalnya biaya membuat sumur resapan air hujan? Jelaskan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Ada dua kemungkinan jawaban:
(1) tidak setuju karena sumur resapan dapat dibuat sendiri dengan memperhatikan bagian-bagiannya;
(2) setuju karena biaya yang dikeluarkan dan bahan yang digunakan cukup mahal.

Soal nomor 34 (uraian)

Berdasarkan teks, terdapat pernyataan bahwa UMKM di bidang kuliner adalah salah satu jenis usaha yang menguntungkan dan selalu laris. Apakah pernyataan itu dapat dikatakan akurat? Jelaskan pendapatmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Tidak akurat karena usaha kuliner bisa saja tidak laris jika tidak dikemas dengan kreatif dan inovatif. Jika terlalu banyak orang yang berbisnis kuliner, persaingan makin ketat sehingga perlu cara lain untuk membuat makanan tersebut laris. Selain itu, terdapat bisnis lain yang juga berpotensi laris, yaitu yang berhubungan dengan kebutuhan mendasar, seperti pakaian dan peralatan rumah tangga.

2. Menilai format penyajian dalam teks

  • Menilai efektivitas format penyajian data (format visual, struktur perbandingan, contoh, dll) untuk mendukung ide pokok pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (1 Soal)

Soal nomor 35 (uraian)

Misalnya, pada tahun 2019, subsidi pengguna listrik mengalami kenaikan dan sebagian besar dialokasikan untuk pengguna 450 VA dibandingkan dengan pengguna 900 VA. Apakah hal itu menjadi indikator bahwa penduduk kelas menengah ke bawah di Indonesia mengalami kenaikan? Jelaskan alasanmu.
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Benar, karena pengguna listrik 450 VA sebagian besar adalah kelas menengah ke bawah.
 
  • Menilai dan mengidentifikasi bias pada penulisan teks informasi sesuai jenjangnya. (2 Soal)

Soal nomor 36 (uraian)

Sebuah informasi yang bias adalah informasi yang tidak didukung oleh data yang akurat atau yang bertujuan untuk menguntungkan sebuah pihak. Setelah membaca teks tentang bioplastik tersebut, apakah informasi yang di dalamnya bersifat bias? Jelaskan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban yang mungkin: teks bioplastik tidak bias karena sifatnya menjelaskan masalah sampah plastik dan didukung oleh data yang akurat dr lembaga penelitian. Teks ini bertujuan memaparkan solusi dari permasalahan plastik.
 

Soal nomor 37 (uraian)

Sebuah informasi yang bias adalah informasi yang tidak didukung oleh data yang akurat atau yang bertujuan untuk menguntungkan sebuah pihak. Setelah membaca teks tentang peran UMKM tersebut bagi perekonomian tersebut, apakah informasi yang di dalamnya bersifat bias? Jelaskan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban yang mungkin: teks UMKM bias karena tidak didukung data dari sumber yang terpercaya. Selain itu, teks memiliki tujuan untuk mempromosikan program pelatihan yang terdapat di akhir teks.
 
  • Menilai kesesuaian pemilihan warna, tata letak, dan pendukung visual lain (grafik, tabel dll) dalam menyampaikan pesan/topik tertentu dalam teks sastra atau teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya. (tidak diukur)

 

3. Merefleksi isi wacana untuk pengambilan keputusan, menetapkan pilihan, dan mengaitkan isi teks terhadap pengalaman pribadi

  • Menjustifikasi pendapat orang lain berdasarkan isi teks sastra atau teks informasi sesuai jen jangnya. (3 Soal)

Soal nomor 38 (uraian)

Pulang sekolah adik kehujanan di jalan. Sesampainya di rumah, adik mandi tapi tidak keramas. Malam harinya kepala adik pusing dan badannya demam. Menurut pendapatmu, apakah pusing yang diderita adik berpotensi penyebab stroke? Sertakan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Tidak berpotensi penyebab stroke karena penyebab adik pusing itu kehujanan.

Soal nomor 39 (uraian)

Judul teks tersebut “Superfood Daun Kelor Terbukti Punya Segudang Khasiat untuk Kesehatan.” Bagaimana menurut pendapatmu dengan pemilihan kata-kata untuk judul tersebut? Sertakan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Jawaban siswa mengarah kepada: Judul terlalu berlebihan karena yang dibahas hanya enam manfaat. Judul sudah bagus karena untuk meyakinkan pembaca tentang manfaat daun kelor.
 

Soal nomor 40 (pilihan ganda)

Setiap bangun tidur Andi tidak langsung beranjak turun dari tempat tidur. Ia akan bermalas-malasan sambil bermain HP. Tak jarang setiap pagi ditegur oleh ibu. Jika kamu adalah kakaknya Andi, apa yang seharusnya kamu lakukan terhadap Andi? Sertakan alasanmu!
 
Kunci Jawaban/ Pembahasan
Menasehatinya bahwa kebiasaan bangun tidur langsung main HP itu tidak baik karena akibatnya itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Demikianlah ulasan tentang soal-soal AKM literasi teks informasi level 5 untuk kelas 9 SMP/ MTs dan kelas 10 SMA/ MA serta SMK. Semoga dapat membantu mempersiapkan para murid untuk mengahadapi AKM.

Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10) - www.gurnulis.id

UNDUH KUMPULAN SOAL AKM LITERASI TEKS INFORMASI LEVEL 5

Semoga bermanfaat. Salam literasi guru ndeso.

Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal AKM Literasi Teks Informasi Level 5 (Kelas 9 dan 10)"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel