Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 2

Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 2 - www.gurnulis.id
Bank soal dan materi PPPK Guru tes manajerial paket 2
Halo para sahabat pendidik. Kita berjumpa kembali dalam artikel blog penginspirasi para pendidik ya, blog Gurnulis. Penulis masih tidak bosan-bosannya membahas materi dan soal tes seleksi PPPK guru. Pada tahun ini sahabat tentunya sedang dihadapkan pada persiapan menghadapi tes PPPK. Karenanya, penulis sedapat mungkin membantu sahabat pendidik utuk memfasilitasi belajar para sahabat. Pada artikel ini penulis hendak berbagi ulasan materi dan kumpulan soal PPPK guru kompetensi tes manajerial. Sebelumnya penulis pun telah bebagi, lho. Penulis telah berbagi materi dan soal tes PPPK guru kompetensi manajerial paket 1. Nah, kali ini penulis hendak membahas paket duanya.
 
Sekedar mengingatkan, kalau sahabat pendidik memerlukan soal-soal kompetensi bakat skolastik, sahabat dapat mengakses tautan-tautan berikut ya.
Penulis yakin kalau sahabat pendidik adalah seorang guru atau pun calon guru. Kalau sahabat pendidik ingin mengikuti tes seleksi PPPK, sahabat harus memenuhi syarat-syarat berikut.
  • Termasuk guru honorer di sekolah negeri maupun swasta, termasuk hononer yang berasal dari kategori 2 yang sebelumnya belum lulus tes PNS maupun PPPK.
  • Terdaftar dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sekolah masing-masing.
  • Untuk calon guru, harus merupakan lulusan Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Tes apa saja yang bakal dihadapi oleh peserta tes seleksi PPPK? Berikut rinciannya.
  • Tes integritas dan sosiokultural.
  • Tes manajerial.
  • Tes kompetensi teknis.
  • Tes bakat skolastik atau TBS.
  • Tes pedagogik umum.
  • Tes wawancara.
Nah, kita fokuskan diri pada tes seleksi PPPK kompetensi manajerial ya. Yuk, sama-sama kita pelajari.
 

Bahasan tes PPPK Guru pada Materi Manajerial

Pada tes seleksi PPPK, kompetensi manajerial berkaitan dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap ataupun perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Tes materi manajerial ini terdiri dari:
  • pertanyaan tentang fungsi tujuan manajemen;
  • kemampuan memanajemen waktu;
  • kepemimpinan;
  • target pemasaran produk;
  • psikologi keorganisasian.
Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 2 - www.gurnulis.id
 

Kumpulan Soal PPPK Materi Manajerial (Paket 2)

Berikut adalah kumpulan soal tes seleksi PPPK guru kemampuan manajerial paket 2.

Soal nomor 1:

Anda bekerja di bagian perusahaan pelayanan publik dan perusahaan anda  menerapkan sistem excelent service terhadap konsumen. Sistem excelent service begitu penting bagi perusahaan. Apa yang harus dilakukan oleh Anda?
A. Mempelajari lagi bagai mana penerapan excelent service.
B. Melakukan training terjadwal untuk semua karyawan.
C. Mempelajari dan memperdalam pengetahuan tentang excelent service.
D. Mencari informasi dan mempelajari lagi excelent service.
E. Mendatangkan mentor untuk mengajari kernbali excelent service.
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 2:

Anda memimpin sebuah tim dari berbagai lulusan universitas terkemuka. Kinerja tim anda sangat bagus. Menurut anda apa penyebabnya?
A. Seluruh anggota tim bekerja dengan profesional dalam menyelesaikan tugas.
B. Semua anggota tim menjiwai tujuan tim.
C. Anggota tim masing masing mempunyai potensi yang bagus di setiap bidangnya
D. Akibat pentingnya menjaga kekompakan, bermusyawarah mufakat, bekerja  dengan disiplin.
E. Motivasi yang mengena kepada seluruh anggota tim.
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 3:

Anda di utus oleh pimpinan kantor anda bertugas ke sebuah daerah yang tidak punya fasilitas teknologi informasi yang memadai. Daerah tersebut memiliki masyarakat yang tidak paham teknologi informasi dan sebagian masyarakat meyakini bahwa pembangunan teknologi informasi belum begitu penting. Atasan anda memberikan tugas tersebut kepada anda sebagai tuntutan program nawacita yang mesti dilaksanakan. Langkah Anda adalah....
A. mengedukasi masyarakat  tersebut tentang  perkembangan ICT saat ini penting  bagi masyarakai Indonesia.
B. berkoordinasi dengan kepala desa dan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur meskipun masyarakat masih bingung.
C. Membangun infrastruktur  IT yang memadai untuk di gunakan masyarakat desa kemudian mengadakan pelatihan pelatihan khusus.
D. menghormati kebudayaan daerah di desa tersebut bahwa bhineka tunggal ika  penting, IT di desa tersebut belum terlalu berrnanfaat bagi masyarakat sekitar.
E. melaporkan kepada atasan kantor anda yang sebenamya bahwa kondisi desa  tersebut belum siap untuk dibangun infrastruktur teknologi informasi.
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 4:

Anda sedang mengerjakan tugas di perpustakaan dan 1 jam lagi harus selesai. Tiba- tiba ada teman anda yang menanyakan letak suatu buku. Apa yang anda lakukan?
A. Menyuruhnya untuk bertanya ke petugas perpustakaan.
B. Menyampaikan kalau anda sedang sibuk.
C. Memberitahukan hanya letak rak dan posisi bukunya saja.
D. Meninggalkan pekerjaan anda sebentar untuk mengantarnya menunjukan buku yang dimaksud, dan kembali melanjutkan pekerjaan anda.
E. Pura-pura tidak rnendengarkannya.
 
Kunci jawaban
D

Soal nomor 5:

Menurut Anda jika rekan kerja anda memasang wajah kusam, sikap Anda adalah ....
A. menengurnya agar perbuat dia berubah
B. membiarkan saja selama tidak mengganggu
C. resign dari perusahaan
D. mengadu ke atasan anda
E. memarahi dan memakinya 
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 6:

Teman Anda memiliki istri yang akan melahirkan dan karena tidak memiliki biaya rumah sakit ia berniat meminjam uang kepada Anda. Sebenarnya uang anda hanya cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Bagaimana sikap Anda?
A. Meminta maaf dan mengatakan yang sebenarnya bahwa saya lidak punya uang  untuk dipinjamkan.
B. Meminjamkan sisa uang saya yang sedikit tersebut.
C. Menolak meminjamkan uang saya karena itu hanya cukup untuk kebutuhan  sehari-hari.
D. Memberikan solusi dg membantunya meminjam uang dari kawan lain.
E. Menyarankan agar dia meminjam dari orang lain. 
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 7:

Ketika sedang berjalan-jalan di sebuah mall, Anda mendapati dua rekan kerja Anda  sedang bermesraan, padahal tempat Anda bekerja memiliki peraturan yang melarang rekan sekantor untuk berhubungan asmara. Jika mereka tidak menyadari keberadaan Anda, apa yang akan Anda lakukan?
A. Mendokumentasikan kemesraan mereka dan mengirimkannya ke bagian  kepegawaian.
B. Mendokumentasikan dan menyebarkannya di grup Whatsapp kantor.
C. Menghampiri dan menegur mereka.
D. Biarkan saja. Itu bukan urusan saya.
E. Mempertimbangkan untuk berhenti dari perusahaan Anda yang semua  karyawannya laki-laki karena takut tertular kebiasaan yang sama.
 
Kunci jawaban
C

Soal nomor 8:

Anda baru saja mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan di mana mayoritas karyawannya berlawanan jenis kelamin dengan Anda. Suatu hari atasan Anda menemui Anda dan mengatakan bahwa kehadiran Anda membuat banyak karyawan susah fokus dalarn bekerja karena mereka lebih banyak memperhatikan diri Anda dibanding pekerjaan mereka sendiri. Atasan Anda kemudian mengisyaratkan agar Anda melakukan sesuatu untuk mengatasi permasalahan tesebut. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Tetap bekerja seperti biasa. Toh, kesalahan bukan berada di pihak saya.
B. Menyarankan kepada atasan agar mendisiplinkan para karyawan tersebut.
C. Meminta kepada baglan kepegawaian untuk dipindahkan ke divisi lain.
D. Mengubah tampilan dan perilaku Anda agar tidak menarik perhatian lawan jenis.
E. Sedapat mungkin menyarankan kepada rekan-rekan yang lain agar lebih fokus  dalam bekerja.
 
Kunci jawaban
D

Soal nomor 9:

Berpindah-pindah kerja adalah hal yang wajar. Bagi saya ...
A. Saya tidak berpendapat bahwa karyawan harus setia terhadap perusahaannya.
B. Saya menyakini nilai-nilai yang mengatakan bahwa loyalitas terhadap pekerjaan adalah sikap yang terpuji.
C. Pekerjaan saya saat ini tidak dapat menjamin masa depan saya.
D. Saya meyakini loyalitas itu penting.
E. Saya suka dengan pekerjaan saya tapi jika ada pekerjaan yang lebih baik saya tidak ragu untuk pindah.
 
Kunci jawaban
D

Soal nomor 10:

Anda adalah ketua RT  di lingkungan perumahan. Salah satu tetangga Anda belum lama menikah dan istrinya WNA. Istri tetangga Anda suka berjernur di depan rurnah. Para warga Anda merasa terganggu. Sebagai ketua RT apa yang akan Anda lakukan?
A. Menjelaskan kepada warga bahwa ada perbedaan budaya di negeri ini, tidak semuanya  harus mengikuti adat istiadat di lingkungan warga.
B. Menjelaskan kepada warga melalui pengajian maupun arisan (kegiatan masyarakat) bahwa ada perbedaan antara WNA tersebut dengan para warga.
C. Bersikap proporsional dan netral, namun tetap menjelaskan kepada warga mengenai perbedaan adat.
D. Menyampaikan kepada suami WNA kalau warga merasa tidak nyaman dengan keadaan istrinya.
E. Membiarkannya saja
 
Kunci jawaban
C

Soal nomor 11:

Ketika Anda makan di sebelah orang yang berbau badan, bagaimana sikap Anda?
A. Cepat-cepat menyelesaikan makan, lalu pergi.
B. Cuek saja dan pura pura tidak terjadi apa apa.
C. Biasa saja selama orang tersebut tidak menganggu anda.
D. Menyuruhnya pindah tempat duduk dengan dalih akan ada saudara anda yang akan duduk.
E. Mencari posisi yang enak dan nyaman agar anda tidak terganggu.
 
Kunci jawaban
E

Soal nomor 12:

Dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi yang pesat, bagaimana Anda menanggapinya untuk pekerjaan Anda?
A. Belajar Teknologi Informasi dengan semangat untuk memperbaiki kinerja.
B. Belajar Teknologi Informasi dengan penuh suka cita karena menyukai bidang tersebut.
C. Belajar Teknologi Informasi agar pekerjaan cepat selesai.
D. Belajar Teknologi Informasi agar dapat mengerjakan tugas dengan baik.
E. Tidak belajar Teknologi Informasi karena tidak menyukainya.
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 13:

Anda adalah seorang dokter umum di Rumah Sakit milik pemerintah. Ada ibu-ibu yang membawa anaknya yang sedang sekarat. Apa tindakan Anda?
A. Memberikan nomor antrian seperti pasien lain.
B. Menolongnya terlebih dahulu dengan dasar dasar kemanusiaan.
C. Menyuruh ibu tersebut mengantri.
D. Memprioritaskan anak tersebut.
E. Membiarkannya saja.
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 14:

Ketika sedang berkerja, teman anda dengan wajah cemberut mengatkan kalau ia ingin curhat. Apa tindakan Anda?
A. Mendengarkan curhatnya sambil kerja.
B. Mengatakan kepadanya kalau Anda harus menyelesaikan pekerjaan terlebih dahulu.
C. Menghentikan pekerjaan untuk mendengarkan curhatnya.
D. Mengatakan kalau Anda sedang bekerja dan tidak dapat diganggu.
E. Tidak menghiraukanya.
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 15:

Anda menemukan artikel di internet yang dapat membantu pekerjaan anda. Apa tindakan Anda?
A. Menerapkan dalam pekerjaan.
B. Memberi tahu rekan kerja yang dekat saja.
C. Memberi tahu saat rapat.
D. Memberi tahu ke rekan yang mau tahu saja.
E. Memberitahukan kepada rekan-rekan sekantor.

 
Kunci jawaban
E

Soal nomor 16:

Ketika melakuka presentasi kelompok, anggota yang harusnya jadi pembicara tidak dapat datang. Apa tindakan Anda sebagai ketua tim?
A. Menelepon orang tersebut sambil memikirkan alternatif presentasi.
B. Menyemangati anggota tim yang lain,
C. Kesal kepadanya.
D. Melaporkan kepada dosen dan meminta arahan.
E. Dirapatkan bersama anggota kelompok
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 17:

Sebagai pemimpin, pertimbangan Anda dalam memilih anggota tim adalah ....
A. yang satu visi dengan saya saja
B. yang memiliki latar belakang berbeda
C. tergantung kepada pendapat atasan
D. yang mau bergabung saja
E. yang dekat dengan saya saja
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 18:

Anda ditugaskan di daerah yang memiliki kebudayaan berbeda dengan Anda. Teman yang satu tim dengan Anda pun memiliki latar belakang yang berbeda dengan anda. Bagaimana sikap anda?
A. Menganggap perbedaan bukan masalah.
B. Berusaha memahami perbedaan tersebut.
C. Tidak memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas.
D. Biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelompok.
E. Mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok.
 
Kunci jawaban
C

Soal nomor 19:

Anda ditugaskan di daerah yang kebudayaannya berbeda dengan anda. Daerah tersebut memiliki kebudayaan makan bersama di lapangan. Anda diajak untuk mengikutinya, sementara anda adalah orang yang sangat memperhatikan higienitas. Sikap anda?
A. Ikut bergabung ke acara makan tersebut.
B. Hanya menonton dari kejauhan.
C. Ikut bergabung tapi tidak ikut makan karena belum terbiasa.
D. Ikut bersenang senang.
E. Ikut makan sebentar kemudian pulang untuk bersih-bersih.
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 20:

Pada perusahaan tempat Andaa bekerja diadakan pelatihan teknologi yang baru rilis. Anda mengetahui kalau teknologi tersebut tidak ada hubungannya dengan pekerjaan yang Anda emban. Meski demikian, atasan anda memerintahkan Anda untuk ikut. Apa tindakan Anda?
A. Menolak karena bertolak belakang dengan pekerjaan yang saya emban.
B. Menerimanya dengan senang hati dan ambisius mengikutinya karena atasan akan  memuji.
C. Menerima dan mengikuti pelatihan namun tidak mendengarkan apa materi  pelatihan.
D. Menerima dan menunjukkan kepada atasan bahwa diri anda patuh dan taat kepada  atasan.
E. Menerima dan mengikuti pelatihan karena sadar akan pentingnya pelatihan  tersebut.
 
Kunci jawaban
E

Soal nomor 21:

Suatu hari Anda sedang makan diluar bersama rekan kerja. Beberapa saat kemudian datang seorang anak gelandangan yang mengatakan kalau ia lapar. Ia meminta uang atau pun sisa makanan. Bagaimana sikap Anda?
A. Memberinya uang kemudian menyuruhnya pergi.
B. Mernberikan ia sisa makanan dan uang.
C. Mernbelikannya makanan.
D. Menanyakan dimana orang tuanya lalu mengantarkan anak itu ke orang tuanya.
E. Membiarkannya saja.
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 22:

Ada selembar uang yang jatuh di jalan tanpa diketahui siapa pemiliknya. Yang akan anda lakukan adalah ....
A. mengambilnya dan memberikan kepada orang yang membutuhkan
B. mengambilnya dan memasukkannya ke kotak amal
C. mengambil dan membawanya pulang
D. melewatinya begitu saja
E. mengambilnya dan kalau menemukan pemiliknya segera mengembalikannya
 
Kunci jawaban
E

Soal nomor 23:

Ada tamu mencari atasan anda. Kantor tempat Anda bekerja merupakan kawasan bebas asap rokok. Di ruang tunggu, sang tamu merokok dengan asyiknya. Saat satpam menegurnya, tamu tersebut marah. Bagaimana sikap Anda?
A. Diam saja, bukan urusan saya.
B. Ikut mengingatkan bahwa dilarang rnerokok.
C. Memberikan permen.
D. Mengajak ngobrol dan menemani tamu merokok.
E. Minta maaf bila satpam terkesan kurang sopan kemudian menawarkan minum.
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 24:

Iqbal adalah seorang pelayan publik. Suatu hari, secara tiba-tiba datang seorang ibu yang marah-marah karena tidak mendapatkan pelayanan yang sesuai. Apa tindakan Anda?
A. Diam saja karena tidak urusan Anda.
B. Menenangkan ibu itu lalu mengarahkannya ke bagian pelayanan.
C. Menenangkan ibu itu.
D. Balik memarahi ibu itu.
E. Menenangkan ibu itu kemudian mengatakan kalau ucapannya menyatiti teman Anda.

Kunci jawaban
C

Soal nomor 25:

Karena Anda lulus ujian tahun ini, Anda mengadakan syukuran. Acara syukuran menyisakan nasi dalam jumlah yang banyak. Apa tindakan Anda?
A. Mernberikan kepada tetangga.
B. Memberikan kepada masyarakat tak mampu.
C. Membawanya ke tempat sampah.
D. Membuat nasi goreng.
E. Kecewa dan berharap kedepannya tidak masak terlalu banyak.
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 26:

Anda sedang berkunjung ke rumah paman anda. Anda melihat aktivitas kepemudaan di sana tidak berkembang. Padahal, ada potensi untuk mengembangkannya. Bagaimana sikap anda terhadap masalah tersebut?
A. Diam saja karena anda bukan warga setempat.
B. Menyampaikan hal tersebut kepada pejabat desa setempat.
C. Hanya menyampaikan gagasan anda tersebut kepada paman anda.
D. Langsung menyampaikan gagasan anda kepada pemuda-pemuda seternpat.
E. Menyampaikan gagasan anda kepada tokoh masyarakat setempat
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 27:

Dalam kerja tim, Andi ditunjuk sebagai Koordinator tim anda. Setelah sekian lama, Anda dan teman-teman tim merasa Andi tidak mampu mengatur kinerja tim sesuai jadwal pengerjaan. Apa yang akan anda lakukan?
A. Mengadakan rapat untuk menyelesaikan pekerjaan tim tanpa Andi.
B. Mengajukan diri sebagai koordinator tim menggantikan Andi.
C. Bersama-sama dengan teman tim menemui pembirnbing untuk meminta  Koordinator diganti saja.
D. Menyemangati dan membantu Andi agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu.
E. Bekerja dalam tim sesuai dengan keputusan Andi 
 
Kunci jawaban
D

Soal nomor 28:

Perusahaan di tempat Anda bekerja baru saja memperbarui salah satu perangkat IT untuk  mempermudah para karyawan menyelesaikan tugasnya. Sikap anda adalah ....
A. mengajak rekan-rekan anda untuk mencari informasi bagaimana mengoperasikan  perangkat tersebut di waktu kosong
B. mencari informasi mengenai pengoperasian perangkat tersebut  bersama rekan-rekan anda
C. meminta orang lain untuk mengajar anda dan rekanrekan anda cara  mengoperasikan perangkat tersebut
D. mencari informasi di internet dan mempelajarinya bersama rekan-rekan anda
E. mengajak rekan-rekan anda mencari informasi terkait pengoperasian  perangkat tersebut sepulang kantor
 
Kunci jawaban
D
 

Soal nomor 29:

Anda seorang karyawan BPJS. Ada ibu-ibu yang anaknya sakit keras dan meminta didahulukan pengurusan BPJS-nya. Padahal, banyak orang antre di situ. Bagaimana sikap Anda?
A. Mendahulukan ibu-ibu tersebut.
B. Meminta maaf kepada ibu-ibu tersebut dan dipersilakan untuk mengantri seperti yang lain.
C. Bertindak adil sesuai antrean dan prosedur.
D. Menyuruh ibu-ibu tersebut untuk mengantre seperti yang lain.
E. Menasihati ibu-ibu tersebut untuk mengetahui prosedur antrean.
 
Kunci jawaban
B

Soal nomor 30:

Salah satu anggota tim anda melakukan kesalahan fatal dalam tugasnya karena kurangnya pemahaman tentang teknologi informasi. Sebagai ketua tim apa yang anda lakukan?
A. Mengumpulkan semua anggola tim dan membahas serta mencari jalan keluar dari  permasalahan tim.
B. Mengundang ahli IT untuk memberikan  pengetahuan kepada tim tentang cara  penggunaan teknologi informasi.
C. Mengundang ahli IT untuk memberikan  informasi kepada tim tentang pentingnya teknologi informasi.
D. Mengumpulkan anggota tim dan membahas permasalahan anggota tim yang bermasalah tersebut.  E. Mengeluarkannya dari tim
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 31:

Jika tetangga anda meminta selembar daun pisang dan dibelakang rumah anda ada berbagai jenis pisang, apa yang akan anda lakukan?
A. Menyuruhnya untuk mengambil sendiri.
B. Memberinya pisau dan menyuruhnya mengambil sendiri.
C. Menanyakan dengan sopan jenis daun pisang apa yang akan di minta lalu mengarnbilkanya.
D. Segera mengambilkan daun pisang sesuai kebutuhanya.
E. Mengajaknya bersama-sama mencari daun pisang yang sesuai dengan keinginannya
 
Kunci jawaban
D

Soal nomor 32:

Anda adalah seorang karyawan yang bekerja pada perusahaan yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat dan Anda sadar bahwa setiap individu memiliki kemampuan yang berbeda dalam memahami regulasi dan kebijakan pelayanan yang perusahaan anda tetapkan, sehingga seringkali terjadi miskomunikasi. Ditambah lagi permasalahan teknis yang seringkali dikeluhkan masyarakat. Untuk lebih meningkatkan pelayanan maka ....
A. perlu dibuatkan sebuah call center yang siap 24 jam untuk menerima sernua  pengaduan masyarakat
B. email koresponden dibutuhkan agar operator bisa melayani seluruh email  pertanyaan yang masuk dari masyarakat seputar pelayanan
C. menempatkan kotak saran di loket pelayanan untuk mengakomodir semua  keluhan masyarakat secara tertulis
D. mendirikan loket costurner service sebagai lempat masyarakat memperoleh  informasi secara langsung
E. membangun sistem FAQ di web perusahaan untuk menjawab pertanyaan- pertanyaan yang sering ditanyakan terkait regulasi dan kebijakan pelayanan
 
Kunci jawaban
E

Soal nomor 33:

Ketika Anda sampai di kantor, atasan Anda tengah memarahi staff anda. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Menanyakan permasalahan kepada bawahan.
B. Menemui atasan anda untuk mengetahui permasalahan.
C. Mempertemukan atasan dan staff anda dalam sebuah pertemuan.
D. Mencari tahu permasalahan dan menentukan siapa yang salah dan benar di antara  kedua pihak.
E. Pura-pura tidak tahu-menahu.
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 34:

Pada saat Anda sedang mengerjakan sebuah pekerjaan penting, tiba-tiba Anda  menemukan sebuah kejanggalan pada sistem informasi yang Anda gunakan dan bisa berakibat bocornya data perusahaan ke publik. Bagaimana sikap anda?
A. Menyuruh semua rekan kerja untuk menghentikan penggunaan sistem itu.
B. Saat itu juga anda menghentikan penggunaan sistem itu.
C. Melaporkan kepada atasan apakah harus berhenti menggunakan sistem itu.
D. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian menghentikan  penggunaan sistem itu.
E. Menyelesaikan pekerjaan penting tersebut lebih dulu kemudian rnelaporkan ke  atasan tentang masalah pada sistem itu.
 
Kunci jawaban
D

Soal nomor 35:

Anda mendapat promosi jabatan yang Anda idam-idamkan. Bagaimana sikap Anda?
A. Berusaha mengendalikan kebanggaan dan  kebahagiaan diri dan keluarga.
B. Mengadakan syukuran kecil-kecilan.
C. Bangga dan bahagia atas hasilnya.
D. Menginformasikannya kepada teman dan keluarga.
E. Membuat acara dengan rekan kantor.
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 36:

Bekerja bagi saya adalah ...
A. tantangan
B. menafkahi keluarga
C. ibadah
D. kewajiban individu
E. ibadah dan kewajiban
 
Kunci jawaban
E

Soal nomor 37:

Manusia tidak luput dari kesalahan. Suatu ketika, di dalam tim, Anda terlibat kasus penyalahgunaan anggaran yang sebenamya tidak diketahui oleh siapa pun, termasuk pimpinan tim. Apa yang harus tim anda lakukan?
A. Menjaga kerahasiaan antaranggota tim karena tidak ada yang tahu.
B. Berpura-pura tidak tahu.
C. Mengakui kesalahan kepada pimpinan dan berjanji tidak melakukannya lagi.
D. Melenyapkan bukti dan bekerja seperti biasa.
E. Meminta pimpinan untuk mengevaluasi anggaran menyeluruh.
 
Kunci jawaban
C

Soal nomor 38:

Apakah anda menunjukkan inisiatif dan berusaha untuk mengejar prestasi kinerja?
A. Saya selalu menunjukkan inisiatif dalam bekerja.
B. Terkadang jika saya terpikirkan ide
C. Tergantung mood.
D. Saya jarang menunjukkan inisiatif.
E. Saya selalu berargumen dan memberikan tanggapan sebaik mungkin
 
Kunci jawaban
A

Soal nomor 39:

Anda ditunjuk sebagai memimpin sebuah rapat. Ada anggota rapat yang selalu  menyela anda ketika presentasi berjalan. Sikap anda ....
A. biasa saja 
B. mendengarkan argumentasinya dengan penuh rasa penasaran
C. menganggap dia orang yang aktif 
D. tidak peduli
E. meminta dia uniuk mendengar presentasi saya terlebih dahulu lalu memberikan  argumentasi
 
Kunci jawaban
E

Soal nomor 40:

Bunyi_soal
 
Kunci jawaban
Kunci

Soal nomor 40:

Saya sudah berjanji untuk menemani anak belajar karena besok ia menghadapi Ujian Nasional. Tiba-tiba saya mendapat panggilan dinas ke luar kota. Saya akan ....
A. meninggalkan anak karena kewajiban negara
B. meminta pengganti rekan kerja lain
C. berangkat dengan meminta izin kepada anak
D. minta maaf dan memberi pengertian kepada anak
E. anak saya pasti mengerti dengan kondisi ini
 
Kunci jawaban
D

Setelah penulis ulas, ternyata cukup mudah bukan penyelesaian soal PPPK guru kompetensi manajerial ini, sahabat pendidik? Kalau sahabat pendidik ingin mendapatkan file-nya, sahabat dapat mengeklik tautan berikut.
Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 2 - www.gurnulis.id

 
Tautan tersebut setelah diklik secara otomatis akan memunculkan dialog permintaan penyimpanan pada peramban yang sahabat Gurnulis gunakan. Soal-soal yang penulis ulas ini merupakan soal-soal dari saluran YouTube Daringmat Chanel. Sahabat boleh mengunjungi salurannya.
 
Semoga bermanfaat ya, sahabat pedidik. Salam litersi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 2"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel