Iklan Header

Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 6

Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 6 - www.gurnulis.id
Bank soal dan materi PPPK Guru tes manajerial paket 6
Halo, sahabat pendidik yang selalu setia dengan blog Gurnulis! Sudahkah sahabat membaca artikel penulis dengan judul "Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 5"? Kalau belum sahabat boleh membacanya terlebih dahulu karena kali ini penulis masih hendak membahas topik yang sama, yaitu materi dan soal tes seleksi PPPK guru. Penulis masih hendak memperdalam pemahaman kita bersama tentang tes kompetensi manajerial. Yuk, kita sama-sama belajar.
 
Sebenarnya apa sih, PPPK itu? Penulis sedikit definisikan ya. PPPK adalah singkatan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja. PPPK merupakan warga negara Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintahan. Kini Aparatur Sipil Negara terdiri dari dua macam, yaitu Pegawai Negeri Sipil atau PNS dan PPPK.

Kelebihan PPPK guru pada tahun ini adalah menempati porsi terbesar dalam formasi perekrutan PPPK. Apakah sahabat pendidik berminat untuk mengikuti tes seleksinya? Kalau iya, berikut adalah syarat-syaratnya.
  • Berstatus sebagai guru honorer di sekolah negeri maupun swasta, termasuk hononer yang berasal dari kategori dua yang belum pernah lulus tes PNS maupun PPPK.
  • Terdata dalam Data Pokok Pendidikan atau Dapodik sekolah masing-masing.
  • Bagi calon guru, diharuskan telah lulus program Pendidikan Profesi Guru (PPG).
Apa saja sih mateteri tes seleksi PPPK guru itu? Berikut rincian materinya.
  • Tes integritas dan sosiokultural.
  • Tes manajerial.
  • Tes kompetensi teknis.
  • Tes bakat skolastik atau TBS.
  • Tes pedagogik umum.
  • Tes wawancara.
Bagaimana sahabat pendidik, sudah siap untuk belajar. Yuk kita belajar materi dan soal tes seleksi PPPK guru pada kompetensi manajerial.
 

Bahasan tes PPPK Guru pada Materi Manajerial

Dalam seleksi PPPK guru, kompetensi manajerial digunakan untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap ataupun perilaku yang dapat diamati, diukur dan dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. Materi manajerial pada tes seleksi PPPK guru ini terdiri dari:
  • pertanyaan tentang fungsi tujuan manajemen;
  • kemampuan memanajemen waktu;
  • kepemimpinan;
  • target pemasaran produk;
  • psikologi keorganisasian.
Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 6 - www.gurnulis.id

Kumpulan Soal PPPK Materi Manajerial (Paket 6)

Berikut adalah kumpulan soal tes seleksi PPPK guru kemampuan manajerial paket 6.

Soal nomor 1:

Jika anda adalah seorang dosen pembimbing. Salah seorang anak bimbingan anda tidak pemah hadir bimbingan untuk konsultasi skripsi karena memiliki permasalahan tertentu. Yang harus anda lakukan adalah ....
A. menguhubunginya lewat surat elektronik/telpon untuk menyuruhnya datang bimbingan
B. menghubunginya lewat temannya untuk menyuuruh datang bimbingan
C. menghubunginya lewat telepon untuk menyuruhnya datang bimbingan
D. mengabaikannya karena itu bukan tanggung jawab anda
E. menghubunginya lewat surat elektronik untuk segera menyelesaikan skripsinya

Kunci jawaban:
A

Soal nomor 2:

Dalam suatu kelompok, apa yang selalu Anda tampilkan tentang diri anda?
A. percaya diri yang tinggi dan ramah
B. menjadi pusat perhatian dan tampil menonjol
C. pihak yang selalu netral jika terjadi perdebatan
D. pengamat dan pendengar yang baik
E. mengikuti alur yang telah ada

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 3:

Wak Geng bekerja pada posisi sebagai penjaga yang mengatur antrian boarding pass di bandara. Bandara baru saja mengaplikasikan teknologi boarding pass yang baru dengan menggunakan komputer. Saat ini kondisi penumpang sedang penuh sesak mengantri. Lalu, ada ibu-ibu membawa anak 5 tahun ikut antrian dan terlihat kebingungan membawa boarding pass. Tindakan Wak Geng yang tepat adalah ....
A. Menyuruhnya ke bagian informasi agar dapat diajarkan cara menggunakan boarding pass terbaru tersebut
B. Mengeluarkan ibu itu dr antran dan mengajarkan cara menggukan boarding pass terbaru tersebut
C. menujukan meja bagian informasi jika kesulitan menggukan boarding pass terbaru tersebut
D. membantunya dan mengajarkan menggukan boarding pas terbaru tersebut dan memanggil teman lain menggunakan alat telekomunikasi  untk menggantikan tugas menjaga antrian
E. memanggil teman anda menggunkan alat komunikasi untuk mengganti mengatur antrian sementara anda mengajarkan ke ibu tentang boarding pas tersebut 

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 4:

Guna menghalau efek negatif dari media sosial yg akan berpengaruh ke pekerjaan, sebagai serang karyawan terbaik apa yg anda lakukan?
A. tidak menggubris apabila yang ada berkata kasar di media sosial
B. mempunyai dua akun media sosial
C. membuat media sosial dengan nama samaran
D. menggunakan media sosial untuk melihat pekerjaan dan silaturahmi, tapi tidak di-setting publik
E. menghapus semua media sosial

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 5:

Bang Mamed beserta keluarga baru pulang liburan tadi malam sehingga merasa sangat lelah. Pak Lurah mengajak Bang Mamed untuk ikut kerja bakti memperbaiki jembatan yang rusak. Istrinya melarang Bang Mamed mengikuti kerja bakti. Bang Mamed diminta beristirahat karena besok harus masuk kerja. Jika Anda sebagai Bang Mamed, maka Anda akan...
A. Mematuhi penintah istri
B. Mengikut kegiatan kerja bakti bersama warga
C. Mencari alasan untuk tidak mengikuti kerja bakti 
D. Menyampaikan permohonan maaf karena tidak bisa membantu
E. Memberi makanan sebagai ucapan permohonan maaf pada warga 

Kunci jawaban:
B

Soal nomor 6:

Atasan anda hendak memindahkan anda ke cabang yang sama sekali tidak pernah Anda kunjungi dan berada di daerah pedalaman, padahal anda adalah karyawan yang sudah lama mengabdi dan berprestasi dan anda cukup dekat dengan atasan ....
A. menolak dengan halus dan mengusulkan yang lain saja
B. mencari alasan karena dekat dengan atasan jadi bisa dinegosiasi
C. bersedia di pindah tanpa membantah
D. mengusulkan karyawan yang lain saja karena Anda merasa senior dan disegani di kantor
E. berangkat dengan sangat terpaksa

Kunci jawaban:
C
 

Soal nomor 7:

Ruang tunggu di rumah sakit tempat anda bekerja sudah tidka mampu lagi menampung pasien. Sebagai kepala bidang pelayanan, yang Anda upayakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah ....
A. memecah beberapa tempat tunggu pasien
B. mencari tempat yang lebih luas untuk menampung pasien lebih banyak lagi
C. mengatur jam buka masing-masing poli agar tidak ada penumpukan pasien
D. mendorong tenaga medis agar bekerja lebin cepat
E. menata ulang bangku tempat tunggu pasien dengan mengedepankan kenyamanan dan daya tampung lebih banyak.


Kunci jawaban:
E

Soal nomor 8:

Pada ujian kenaikan tingkat yang lalu, saya tidak Iolos dan hasilnya tidak memuaskan. Agar kali ini hasilnya baik, saya akan ....
A. berlatih mengerjakan banyak soal agar terbiasa
B. rajin berdoa mengharapkan mendapat nilai yang baik
C. mengubah cara kerja agar mendapatkan hasil yang maksimal
D. menggunakan cara kerja yang sama dengan sebelumnya
E. rajin berlatin dan berdoa untuk mencapai nilai yang terbaik

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 9:

Roni adalah seorang karyawan yang memiliki dedikasi yang tinggi terhadap pekerjaan. Suatu hari Roni dihadapkan dengan pekerjaan yang sangat banyak dan semuanya memiliki deadline yang sama. Sebagai karyawan yang profesional, apa yang akan Anda lakukan jika di posisi Roni?
A. menyelesaikan pekerjaan sesuai deadline dengan hasil asal-asalan
B. memilih lembur dengan harapan mendapat tambahan gaji berupa uang lembur
C. pulang sesuai jadwal dengan meninggalkan setumpuk pekerjaan di meja
D. melapor pada atasan bahwa anda butuh bantuan karyawan lain dalam menyelesaikan tugas yang banyak tersebut
E. membawa tugas tersebut ke rumah dengan harapan di bantu istri

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 10:

Di balik kemajuan teknologi, ternyata memiliki dampak buruk, bagaimana sikap Anda sebagai bawahan?
A. wajar teknologi memiliki dampak buruk
B. perlu memperketat peraturan
C. oerlu membatasi teknologi
D. tidak mengikuti perkembangan teknologi
E. mengikuti perkembangan dan tetap berhati-hati dalam penggunaannya

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 11:

Anda diutus oleh pimpinan kantor di tempat anda bertugas ke sebuah daerah yang tidak terdapat fasilitas teknologi informasi yang memadai. Masyarakat di daerah tersebut pun tidak memahami teknologi informasi. Sebagian masyarakatnya meyakini bahwa pembangunan teknologi informasi itu belumlah begitu penting. Langkah Anda adalah ....
A. mengedukasi masyarakat tersebut tentang perkembangan ICT saat ini penting bagi masyarakat indonesia
B. berkordinasi dengan kepala desa dan masyarakat setempat untuk membangun infrastruktur meskipun masyarakar masih bingung
C. membangun infrastruktur IT yang memadai untuk di gunakan masyarakat desa lalu kemudian mengadakan pelatihan pelatihan khusus
D. menghormati kebudayaan daerah di desa tersebut bahwa bhineka tunggal ika penting, IT di desa tersebut belum terlalu bermanfaat bagi masyarakat sekitar
E. melaporkan kepada atasan kantor anda yang sebenamya bahwa kondisi desa tersebut belum siap untuk dibangun infrastruktur teknologi informasi

Kunci jawaban:
A

Soal nomor 12:

Anda ditugaskan di daeran yang punya kebudayaan berbeda dengan anda, teman satu tim  juga punya latar belakang yang berbeda dengan anda. Lalu sikap Anda?
A. menganggap perbedaan bukan masalah
B. berusaha memahami perbedaan tersebut
C. memandang perbedaan dalam mengerjakan tugas
D. biasa saja karena perbedaan itu pasti ada di setiap kelompok
E. mencoba berbaur agar perbedaan tidak menjadi masalah di dalam kelompok

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 13:

Anda ditugaskan dalam suatu jasa layanan di suatu daerah. Anda belum terbiasa dengan bahasa daerah tersebut. Suatu ketika, ada seseorang yang meminta informasi kepada Anda dan orang  tersebut menggunakan bahasa yang tercampur-campur dengan  bahasa daerahnya. Apa yang akan Anda lakukan?
A. melayani orang tersebut menggunakan bahasa daerah tersebut dengan terbata-bata
B. melayani orang tersebut dengan  berusaha menggunakan bahasa daerahnya
C. dengan melayaninya menggunakan bahasa resmi negara
D. meminta bantuan staf lain untuk menemuinya
E. melayaninya dengan menggunakan bahasa tubuh atau isyarat

Kunci jawaban:
B

Soal nomor 14:

Anda ditugaskan atasan untuk menghadiri rapat yang di dalamnya ada banyak konsultan besar. Anda duduk satu meja bersama mereka apa yang akan Anda lakukan ....
A. duduk sambil berbincang mengenai bisnis yang sedang dilaksanakan dan menukar pengalamannya
B. duduk dan mencoba memahami pembicaraan mereka supaya tau apakan ada celah untuk bekerja sama
C. menunggu sebentar supaya mereka menyapa saya terlebih dahulu agar mereka mempunyai inisiatif untuk bekerjasama dengan saya
D. mengajak bicara kepada mereka dan langsung mengajaknya untuk bekerja sama
E. mencatat hal hal yang penting supaya pengalaman mereka bisa diterapkan untuk mengembangkan perusahaan saya
 

Kunci jawaban:
A

Soal nomor 15:

Bekerja keras dan cermat merupakan upaya untuk menjadikan pribadi yang bermanfaat bagi organisasi. Terkait hal tersebut tersebut, saya tidak suka ....
A. bekerja dengan standar hasil yang tinggi
B. pekerjaan yang menumbuhkan kreatifitas baru
C. pekerjaan yang memecah belah kekompakan
D. pekerjaan yang menantang
E. bekerja tanpa mengenal lelah dan pamrih

Kunci jawaban:
C

Soal nomor 16:

Saya diperintahkan oleh pimpinan untuk melanjutkan studi di provinsi lain dengan biaya kantor. Saat ini saya baru dikaruniai seorang bayi yang masih membutuhkan perhatian saya. Keputusan saya adalah ....
A. menolak perintah tersebut
B. menerima perintah dengan  konsekuensi mengikutkan keluarga merupakan tanggung jawab saya
C. menerima perintah tersebut dengan permohonan agar keluarga dapat ikut saya dengan tambahan biaya hidup
D. menolak perintan tersebut, tetapi mohon kebijakan pimpinan jika ada kesempatan lagi saya dapat diikutkan
E. menerima tawaran tersebut dengan berat hati meninggalkan keluarga

Kunci jawaban:
B

Soal nomor 17:

Saya harus menyelesaikan tugas dengan cepat karena tugas tersebut telah dibatasi waktu pengerjaannya oleh atasan di kantor. Beliau memberikan batasan waktu, yaitu hari Jumat pada minggu ini. Saya akan ....
A. meminta perpanjangan waktu sekitar satu atau dua hari apabila ada tugas lain dan kantor yang menumpuk yang dikerjakan dalam  waktu bersamaan
B. menyelesaikan tepat waktu pada han Jumat, maksimal di akhir jam kerja kantor
C. mencoba menyelesaikannya di hari Kamis jika memungkinkan
D. menegosiasikan batas waktu yang ditetapkan oleh atasan dengan baik-baik agar tidak
terlalu memberatkan dan buru-buru
E. meminta tolong rekan lain agar tidak terlambat mengumpulkan tugasnya

Kunci jawaban:
C

Soal nomor 18:

Situasi berikut yang menggambarkan diri saya adalah ....
A. saya orang dibalik layar
B. saya tidak suka memulai konflik dengan orang lain
C. saya merasa tidak enak jika harus memotivasi orang lain
D. saya selalu bisa menjadi pemimpin bahkan dalam situasi yang baru sekalipun
E. saya merasa nyaman jika dapat bekerja tanpa menonjolkan din sebagai pemimpin

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 19:

Atasan yang saya sukai adalah orang yang ....
A. sangat disiplin dan selalu meminta saya menunggu keputusan yang diambilnya sebelum  suatu pekerjaan dilaksanakan
B. suka menanyakan pendapat dan ide dari bawahan sebagai bahan masukan untuk suatu pekerjaan yang dilakukannya
C. senantiasa mendelegasikan wewenangnya pada bawahan
D. tidak terlalu membantu bawahan menyelesaikan tugas, namun sebaliknya berharap saya mampu menyelesaikan pekerjaan tanpa sering berkonsultasi kepadanya
E. selalu memberi petunjuk yang jelas atas pekerjaan yang akan bawahan kerjakan

Kunci jawaban:
B

Soal nomor 20:

Menjelang Hari Raya Idul Fitri supermarket dipenuhi oleh pembeli, sehingga suasana kasir sangat penuh sesak antrian. Kebetulan pada saat itu Anda buru-buru dan mendapat urutan antrian keempat. Pada saat akan tiba giliran Anda ada seorang kakek-kakek yang hanya membeli air mineral dan meminta didahulukan ke kasir karena sedang ditunggu cucunya di luar. Apa yang akan Anda lakukan terhadap kakek tersebut sementara dibelakang Anda masih ada enam orang lagi yang juga mengantri dan si kasir terlihat bingung mau berbuat apa?
A. membiarkan kakek tersebut dilayani dengan rasa jengkel karena ketidakdisiplinanya
B. menegur kakek tersebut untuk ikut mengantri di belakang
C. mempersilahkan kakek tersebut dan memohon pengertian antrian dibelakang Anda
D. meminta kasir untuk melayani kakek setelah Anda dengan alasan Anda juga buru-buru
E. meminta kasir untuk melayani sesuai dengan antrian

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 21:

Anda sedang bertugas di luar kota. Ketika Anda sedang menelepon istri anda, tiba-tiba ada orang menanyakan arah jalan kepada Anda. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Jika sedang berbicara dengan istri, Anda tidak menghiraukan orang lain.
B. Menjawab pertanyaan orang tersebut sambil telepon dengan istri anda.
C. Mengecikan volume telepon dan menyimak pertanyaan orang tersebut.
D. Membiarkan orang tersebut bertanya kepada orang lain.
E. Segera menutup telepon dan menjawab pertanyaan orang tersebut.

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 22:

Keluarga anda menyarankan pada anda untuk pindah kerja ke perusahaan lain yg
memiliki gaji dan fasilitas lebih banyak dibanding dengan perusahaan tempat anda
bekerja sekarang. Bagaimana sikap anda jika menghadapi hal tersebut?
A. menuruti saran keluarga
B. menolak dan tetap bekerja disana, karena loyalitas bagi saya adalah hal yg penting
C. menerangkan pada keluarga bahwa saya sudah merasa nyaman dan senang dengan
tempat kerja saya sekarang
D. mempertimbangkan terlebih dahulu saran tersebut
E. langsung pindah, karena secara finansial sangat menguntungkan

Kunci jawaban:
C

Soal nomor 23:

Anak anda sedang sakit dan harus dirawat di rumah sakit padahal atasan anda sudah sering menagih pekerjaan yang sudah lewat deadline. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Meminta pengertian kepada atasan anda untuk bisa memahami keadaan anda.
B. Meminta pengertian kepada keluarga anda untuk bisa memahami keadaan anda.
C. Tetap membawa anak anda ke rumah sakit untuk dirawat sembari menyelesaikan pekerjaan anda di sana
D. Lembur di kantor dan meminta keluarga anda yang lain untuk merawat anak anda yang sedang sakit
E. Meminta rekan kerja Anda yang lain untuk menyelesaikan pekerjaan anda

Kunci jawaban:
C

Soal nomor 24:

Hampir setiap minggu Anda selalu diminta menjalankan dinas ke luar kota. Pekerjaan anda menuntut Anda untuk selalu mempersiapkan segala kebutuhan yang diperlukan ketika bertugas, mulai dari barang-barang pribadi hingga dokumen penting. Masalahnya adalah Anda agak sedikit pelupa, terkadang barang bawaan anda bisa tertinggal, belum lagi resiko kerusakan selama perjalanan atau hilang. Bagaimana sikap anda?
A. Menyiapkannya jauh-jauh hari agar tidak lupa.
B. Selalu membawa dokumen cadangan di tempat berbeda.
C. Menyimpan dengan sistem online agar bisa diakses dimana saja
D. Menyimpan dokumen di dalam hard disk.
E. Tetap mempersiapkan seperti biasa yang anda lakukan.

Kunci jawaban:
C

Soal nomor 25:

Dosen anda meminta Anda untuk ikut dalam sebuah perlombaan yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan oleh universitas tempat anda berkuliah. Dosen anda melihat bahwa Anda memiliki talenta sesuai dengan diskripsi dari perlombaan, akan tetapi anda tidak menyadarinya. Bagaimana sikap Anda?
A. Berterimakasih kepada dosen tersebut karena telah memuji anda sebagai seseorang yang bertalenta.
B. Menerima dan mengembangkan lebih dalam talenta yang anda miliki.
C. Bersedia mengikuti perlombaan tersebut dan meminta bantuan dosen untuk membantu  dan membimbing anda.
D. Bersedia asalkan dosen anda selalu mau memberikan bimbingan jika nanti menemui permasalahan.
E. Menerima dan mengikuti perlombaan tersebut sebisanya.

Kunci jawaban:
B

Soal nomor 26:

Dari sekian pegawai di kantor, saya merasa beban tugas terberat ada pada saya dan saya  merasa stres karena di kejar-kejar dengan deadline. Respons saya terhadap situasi tersebut .…
A. mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk menambah kinerja saya mengerjakan tugas  
B. mengerjakan semua tugas setengah-setengah saja, yang penting sudah dianggap bertanggung jawab
C. hanya mengerjakan tugas yang saya sukai saja
D. mengerjakan semua tugas dengan setengah hati dan tidak bersemangat
E. mengerjakan semua tugas dengan sepenuh hati dan berusaha memenuhi deadline

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 27:

Anda seorang resepsionis di suatu kantor yang bergerak dalam bidang pelayanan. Banyak keluhan yang ditujukan kepada instansi anda, padahal instansi anda terdapat fasilitas kebutuhan online. Maka sikap Anda ....
A. menerima keluhan konsumen sembari mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online
B. menerima dan menanggapi keluhan sembari mengajarkan cara menampaikan keluhan secara online  
C. Menerima dan menyelesaikan keluhan konsumen sambil bertanya apakah ada kesulitan dalam menyampaikan keluhan secara online
D. Menyelesaikan keluhan konsumen sambil menanyakan apakah ada kesulitan saat menampaikan keluhan secara online
E. Mendengarkan keluh kesah konsumen tentang masalahnya dan mengajarkan cara menyampaikan keluhan secara online

Kunci jawaban:
B

Soal nomor 28:

Saya ditugaskan untuk memimpin tim kerja dengan batas waktu yang sangat ketat. Salah satu anggota tim kerja saya ada yang bersikap tidak peduli dan meremehkan tugas yang dibebankan padanya, maka sikap saya adalah …  
A. Bekerja sendiri yang penting tugas dapat terselesaikan tepat waktu
B. Mengancam mengeluarkan anggota yang tidak serius mengerjakan tugasnya
C. Melaporkan pada pimpinan agar diberikan sanksi yang tegas
D. Menasehati mereka agar sadar dengan tugas yang dibebankan
E. Membagi tugas secara adil, memotivasi, dan menegur anggota yang lalai agar segera
menyelesaikan tugasnya

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 29:

Saya menjadi salah satu anggota tim yang baru dibentuk oleh pimpinan rencana kerja. Instruksinya sudah dibuat oleh pimpinan. Saat menjalankan tugas tersebut sikap saya adalah .…
A. berusaha mengerjakannya sesuai rencana dan instruksi yang ada
B. berpegang teguh dengan rencana dan instruksi yang dibuat dalam keadaan apapun
C. aering melakukan perubahan sesuai dengan situasi kondisi yang terjadi di sekitar
D. beberapa kali melakukan perubahan rencana dan instruksi dengan catatan hasil sesuai dengan yang ditetapkan
E. tidak mengubah rencana dan instruksi tersebut karena bisa mengacaukan rencana awal

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 30:

Tanpa penjelasan dari atasan, salah seorang rekan kerja saya dipromosikan untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi dari saya padahal kemampuannya masih jauh di bawah saya. Sikap saya terhadap hal tersebut ….
A. menurunkan semangat kerja
B. memprotes keputusan tersebut pada atasan
C. mendiskusikannya dengan teman lainnya dan menyampaikan bahwa cara atasan  tersebut tidak baik
D. berusaha untuk tidak mengambil pusing dengan hal tersebut
E. berusaha untuk memahami keputusan tersebut dan memperbaiki kinerja

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 31:

Suatu hari, Anda sekeluarga bepergian dengan kendaraan dinas tanpa sepengetahuan Kepala Dinas. Secara tidak sengaja Anda menabrakkan kendaraan tersebut hingga rusak. Tindakan Anda kemudian adalah …
A. diam-diam menyimpan kendaraan tersebut agar tidak ketahuan
B. membawa kendaraan tersebut ke bengkel diam-diam dan memperbaiknya dengan biaya pribadi
C. melaporkan kejadian tersebut kepada pimpinan dan siap menerima hukuman atau petunjuk  dari pimpinan
D. membawa kendaraan tersebut ke bengkel, melaporkan kejadian tersebut pada  pimpinan dan menyerahkan segala keputusan pada pimpinan
E. mencari kambing hitam agar tidak disalahkan
 
Kunci jawaban:
D

Soal nomor 32:

Anda adalah seorang karyawan dari sebuah perusahaan ritel. Anda memahami bahwa perusahaan Anda memiliki potensi untuk ikut serta dalam perdagangan Internasional. Apa sikap Anda terhadap kondisi tersebut?
A. Mengusulkan pada pimpinan mengenai potensi tersebut agar dapat mengoptimalkan perdagangan.
B. Tidak memberikan usulan pada atasan karena bukan wewenang saya.
C. Saya tanyakan terlebih dahulu kepada rekan-rekan mengenai hal tersebut.
D. Saya masih merasa kurang yakin terhadap potensi perusahaan.
E. Membiarkan saja, sampai ada rekan lain yang mengusulkan.

Kunci jawaban:
A

Soal nomor 33:

Anda ditugaskan di loket pengaduan konsumen yang terletak di lantai satu. Pada suatu hari ada seorang difabel menghampiri dan meminta bantuan Anda untuk membantu dalam proses pengurusan administrasi. Loket pengurusan administrasi pengurusan tersebut terletak di lantai dua. Pada saat itu di loket Anda sedang ada antrian panjang sehingga Anda tentu sangat sibuk. Sikap Anda adalah ….
A. Menyarankan kepada orang tersebut untuk meminta bantuan kepada satpam karena satpam lebih mudah untuk dimintai bantuan. Jelaskan juga bahwa saya tidak bisa membantunya ke lantai kedua = karena banyak antrian yang akan mengajukan pengaduan.
B. Memberi tahu orang tersebut untuk menuju ke loket bagian pengurusan administrasi karena semuanya harus sesuai dengan aturan dan prosedur yang telah ditetapkan. Semua pegawai punya pekerjaan masing-masing sehingga tidak bisa melakukan pekerjaan di luar tanggung jawab dan kewajiban masing-masing
C. Memberi tahu orang tersebut untuk menuju ke loket lainnya di lantai satu yang sedang tidak sibuk melayani pengaduan sehingga bisa membantu dan mengarahkan ke loket bagian pengaduan. Memintanya untuk memahami bahwa saya sedang ada antrian panjang di loket pengaduan
D. Menyarankan kepada orang tersebut untuk mengajak sanak keluarga atau saudaranya yang bisa membantu dalam proses pengurusan administrasi tersebut. Menginformasikan kepadanya bawah pegawai semuanya sibuk dengan pekerjaannya masing-masing.
E. Meminta rekan kerja yang lain untuk menjaga loket saya sementara waktu, kemudian saya membantu orang tersebut menuju lantai dua untuk mengurus administrasi di lantai dua. Saya menitip pesan rekan kerja di loket tersebut untuk membantu orang tersebut turun kembali ke lantai satu setelah urusannya selesai

Kunci jawaban:
E

Soal nomor 34:

Menjelang akhir jam istrahat kantor, di beberapa stasiun televisi menayangkan acara live pembacaan keputusan sidang sengketa Pemilihan Presiden 2019 di Mahkamah Konstitusi. Beberapa kerja masih di ruang istrahat untuk menonton acara telivisi tersebut. Padahal pekerjaan kantor masih banyak belum diselesaikan. Sikap Anda seharusnya dalam menghadapi kondisi tersebut adalah ….
A. Saya segera kembali ke ruang kerja saya karena harus menyelesaikan pekerjaan yang belum di selesaikan. Bagi saya pekerjaan lebih penting dari menonton acara siaran televisi. Saya tidak terpengaruh oleh rekan kerja lain, mungkin mereka sudah menuntaskan semua pekerjaan mereka sehingga santai.
B. Saya segera ke ruang kerja untuk melanjutkan pekerjaan. Saya tidak akan terpengaruh oleh rekan kerja lain yang menonton acara live sidang keputusan sengketa pemilihan presiden karena kurang tertarik dengan isu politik yang sedang berkembang.
C. Menasehati rekan kerja bahwa isu politik sekarang tidak begitu penting dan mengajaknya segera ke ruang kerja untuk bekerja seperti biasa. Meyakinkan rekan kerja bahwa tetap harus mengutamakan pekerjaan di saat jam kerja kantor.
D. Mengajak rekan kerja kembali ke ruang kerja karena sudah masuk jam kerja. Mengingatkan bahwa selama jam kerja tidak boleh melakukan aktivitas di luar urusan pekerjaan. Hal tersebut sesuai dengan komitmen awal saat pertama kali diterima kerja.
E. Saya kurang tertarik dengan isu politik yang sedang berkembang. Namun untuk menjaga solidaritas dan kekompakan dengan rekan kerja, saya ikut menononton sebentar dan beberapa saat ke ruang kerja untuk melanjutkan pekerjaan saya.

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 35:

Anda ditugaskan melakukan kunjungan dinas bersama rekan kerja Anda selama seminggu. Pada perjalanan dinas tersebut terdapat banyak agenda kunjungan pada beberapa kantor perwakilan di beberapa daerah. Menjelang dua hari akhir, rekan kerja saya baru mengingat bahwa dia memiliki pekerjaan penting di kantor yang harus diselesaikan dan akan diserahkan pada atasan awal pekan depan. Bagaimana respon Anda terhadap kondisi rekan kerja anda?
A. Menanyakan rekan kerja saya pekerjaan apa yang belum diselesaikan untuk mengetahui tingkat urgensinya, bila sangat penting bisa menyarankan kepadanya untuk meminta rekan kantor lain untuk membantu menyelesaikan. Namun bila harus  dia sendiri mengerjakannya, menyarankan dia segera kembali dan saya siap untuk menyelesaikan kunjungan kantor sendirian.
B. Memintanya untuk fokus dengan kunjungan kerja ke beberapa kantor perwakilan di daerah. Untuk pekerjaan yang harus dia selesaikan dapat dikerjakan libur akhir pekan sepulang dari perjalanan dinas.
C. Menyarankan kepadanya untuk tetap fokus pada perjalanan dinas karena perjalanan dinas juga merupakan tanggung jawabnya seperti pekerjaan yang belum terselesaikan. Selain itu kunjungan dinas ada laporan atas kegiatan kunjungan serta hasil pengawasan di kantor perwakilan.
D. Sampaikan padanya untuk memilih antara melanjutkan perjalanan dinas sampai selesai atau segera kembali ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaan tertinggal. Meminta kepadanya untuk mengambil keputusan tegas untuk masalahnya sehingga saya bisa mengetahui apakah dia masih bersama saya dalam melanjutkan kunjungan dinas.
E. Menyampaikan kepadanya untuk menghubungi atasan untuk memberi kelonggaran atas penyelesaikan pekerjaan yang harus dikumpulkan awal pekan depan. Sampaikan kepadanya bahwa atasan pasti akan bisa memahaminya karena kami sedang dalam perjalanan dinas.

Kunci jawaban:
B

Soal nomor 36:

Pada suatu hari kantor Anda mengadakan lembur kerja sampai malam dikarenakan ada deadline pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu juga. Hal tersebut dikarenakan pimpinan unit Anda ada rapat para pimpinan unit di instansi tempat Anda bekerja sehingga perlu ada laporan yang harus disampaikan oleh atasan pada rapat tersebut. Namun Anda ada pekerjaan sampingan rutin yang sudah terjadwal secara teratur Anda lakukan. Bagaiamana sikap Anda dalam menghadapi kondisi tersebut?
A. Meminta ijin kepada atasan agar saya tidak lembur karena sudah banyak rekan kerja lain yang bersedia lembur dan menjelaskan bahwa saya ada pekerjaan rutin yang telah terjadwal.
B. Menolak untuk kerja lembur dikarena saya ada pekerjaan sampingan rutin yang sudah terjadwal sebelumnya. Saya akan menjelaskan bahwa penolakan tersebut karena permintaan kerja lembur terlalu mendadak. Bila diinformasikan jauh hari sebelumnya, saya bisa mengatur jadwalnya.
C. Ikut lembur dan meninggalkan pekerjaan sampingan rutin yang telah dijadwalkan karena perintah atasan dan demi kinerja unit tempat saya bekerja.
D. Terima permintaan lembur karena merupakan tanggung jawab sebagai karyawan dan hasil kerja tim merupakan kinerja unit kerja saya.
E. Terima lembur sambil melakukan pekerjaan sampingan agar dapat diselesaikan semuanya, namun pekerjaan kantor lebih diprioritaskan.

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 37:

Saat Anda melakukan verifikasi dokumen administrasi pendaftaran PPPK, ada seorang  oknum yang mengaku staf panitia seleksi PPPK menawarkan bantuan kepada Anda untuk lolos ujian seleksi PPPK dengan memberikan sejumlah dana tertentu. Di satu sisi Anda belum memiliki pekerjaan tetap namun memiliki tabungan yang cukup untuk imbalan jasa bagi orang tersebut. Status Anda sudah menikah dan memiliki dua anak sehingga tuntutan kebutuhan hidup cukup besar. Bagaimana sikap Anda?
A. Menerima tawaran tersebut karena Anda harus segera mendapatkan pekerjaan dan penghasilan tetap untuk menafkahi keluarga. Selain itu persaingan dalam seleksi PPPK cukup ketat dan kesempatan lolos sangat kecil.
B. Mempertimbangkan tawaran tersebut karena hal tersebut cukup membahayakan bagi saya karena dapat ditindak secara hukum biaa terbongkar dan kelulusan dapat dibatalkan.
C. Melihat dan melihat potensi diri terlebih dahulu sebelum menerimanya, bila masih mampu menjalani semua rangkaian prosesnya tidak perlu lagi berbuat curang seperti itu.
D. Menolaknya secara tegas dan menyampaikan kepadanya bahwa hal tersebut melanggar hukum dan ketentuan dalam proses seleksi ASN dan saya ingin menjadi ASN dengan cara yang bersih.
E. Menolaknya secara tegas dan menginformasikan kepada panitia seleksi instansi bahwa ada seorang oknum yang menawarkan cara curang dalam proses seleksi PPPK.

Kunci jawaban:
D

Soal nomor 38:

Andi adalah seorang Kabag di suatu Dinas di Kabupaten Akur, Andi dikenal orang cukup patuh kepada atasan. Suatu hari atasannya yang bernama Yanto pergi keluar kota untuk urusan dinas yang cukup rahasia. Andi diminta mengawasi pegawai secara ketat, hal ini ditekankan oleh Yanto karena ia mendapat laporan bahwa banyak karyawan yang sering terlambat datang dan pulang sebelum waktunya. Yanto juga berpesan agar Andi tidak memberitahukan kepada siapapun kemana ia pergi karena tugas yang diembannya sangat rahasia. Andi menyatakan kesanggupannya untukmengawasi karyawan dan memegang rahasia tersebut. Pada hari pertama Yanto pergi, Andi menemukan 5 karyawan yang datang terlambat dan 7 orang pulang sebelum waktunya. Pada hari kedua datang tamu dari provinsi yang mempunyai urusan penting berkaitan dengan tugas, dan harus diselesaikan hari itu juga. Ia memaksa Andi untuk membeitahukan kemana Yanto karena sejak dua hari Yanto tidak dapat dihubungi. Jika anda Andi, tindakan apa yang akan anda lakukan dalam menghadapi tamu dari Provinsi?
A. Tetap tidak mengatakan kemana Yanto pergi karena sudah berjanji (dapat dipercaya).
B. Memberitahu kemana atasannya pergi mengingat kondisi genting yang terjadi .
C. Berjanji akan segera menghubungi Yanto tetapi tetap memberitahukan kemana Yanto pergi.
D. Mengatakan tidak tahu kemana Yanto pergi.
E. Mengatakan kepada tamu dari Provinsi diri anda tidak memiliki kewenangan untuk  informasi.

Kunci jawaban:
A

Soal nomor 39:

Anda adalah seorang pimpinan cabang, suatu ketika ada rapat yang sangat penting tentang  permasalahan yang ada di cabang anda. Permasalahan tersebut tentang semakin menurunnya pelanggan dan sedikit nya pemasukan kas cabang. Pimpinan pusat mengharuskan segera dibahas, jika tidak segera dibahas akan berdampak buruk kedepannya untuk cabang anda. Secara bersamaan di hari dimana Anda harus rapat, Anda juga ada jadwal test PPPK. Apa yang akan Anda lakukan?
A. Meminta salah satu anggota memimpin rapat dan diam-diam ikut tes PPPK.
B. Mengabaikan tes PPPK dan fokus terhadap rapat cabang.
C. Rapat cabang sebentar dan meminta anggota untuk melanjutkan lalu ikut tes PPPK.
D. Ijin kepada pimpinan pusat untuk tes PPPK.
E. Menunda rapat dan mengadakan rapat esok hari nya saja dan tetap ikut tes PPPK. dengan konsekuensi kena marah pimpinan pusat.

Kunci jawaban:
C

Soal nomor 40:

Anda adalah bagian dari anggota tim ahli gizi. Anda ditugaskan bersama tim anda untuk memberikan sosialisasi program makanan bergizi didaerah yang sangat terpencil. Tetapi tanpa diduga, ketika H-1 ada berita bahwa terjadi wabah menular di desa tersebut. Sikap Anda?
A. Tetap bejalan sesuai rencana yaitu mensosialisasikan perogram makanan bergizi karena kepentingan umum lebih penting.
B. Menunda keberangkatan hingga wabah berhenti.
C. Membatalkan rencana karena pertimbangan rekan-rekan tim akan terkena penyakit  menular.
D. Merevisi jadwal keberangkatan disesuaikan dengan kabar dilapangan mengenai wabah  penyakit menular tersebut.
E. Mengubah program dengan menambah program sosialisasi bagaimana mencegah wabah menular
 
Kunci jawaban:
E

Materinya tidak menyulitkan bukan, sahabat pendidik? Oh ya, kalau sahabat ingin mendapatkan file PDF-nya, sahabat dapat mengaksesnya pada tautan di bawah ini.
Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 6 - www.gurnulis.id


Bahasan mengenai soal-soal tes seleksi PPPK guru kompetensi manajerial ini bersumber dari saluran YouTube Daringmat Chanel. Karenanya, penulis sangat rekomendasikan sahabat untuk mengunjungi saluran YouTube tersebut.
 
Semoga terbantu, salam litersi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kumpulan Soal PPPK Guru - Tes Manajerial Paket 6"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel