Iklan Header

Unduh Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka

Unduh Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka - www.gurnulis.id
Unduhan lengkap Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD/ MI Kurikulum Merdeka. Modul ajar adalah RPP.

Ulasan Modul Ajar

Halo Sahabat Gurnulis. Pada kesempatan sebelumnya, penulis telah mengulas "Penyusunan Modul Ajar Kurikulum Merdeka" yang memuat tentang tata cara penyusunan modul ajar. Modul ajar ini berfungsi sama seperti RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Pada Kurikulum Merdeka, modul ajar bisa dimanfaatkan untuk memastikan pendidik melaksanakan pembelajaran secara lebih fleksibel dan kontekstual dengan tidak selalu menggunakan buku teks pelajaran. Modul ajar sendiri dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran para guru. 
 
Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan kepada para guru untuk memilih ataupun melakukan modifikasi terhadap contoh-contoh modul ajar yang tersedia. Para guru pun bebas untuk mengembangkan modul ajar sendiri sesuai dengan konteks, kebutuhan, dan karakteristik peserta didik yang diampunya. 

Pada kesempatan yang baik ini, penulis berbagi sarana download Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka. Jangan lupa ya, tautan download-nya terdapat di bawah deskripsi.

Deskripsi Kumpulan Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka

Format
 : Modul Ajar Kurikulum Merdeka
Jenjang  : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran  : Seni Rupa
Fase  : Fase B
Kelas  : Kelas 4
Unit  : Unit 1 sampai dengan Unit 6
 
 

Bentuk Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka

Salah satu Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 (empat) SD/ MI Fase B Kurikulum Merdeka adalah sebagai berikut.

MODUL AJAR SENI RUPA

INFORMASI UMUM
A.  Identitas Modul
Penyusun
 : Nama Guru
Instansi
 : SD Negeri Gurnulis
Tahun Penyusunan
 : Tahun 2022
Jenjang Sekolah
 : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran
 : Seni Rupa
Fase/ Kelas
 : Fase B/ Kelas 4
Unit
 : Unit 1- Menggambar Rumah Tetangga
Alokasi Waktu
 : 2 JP
 
B. Kompetensi Awal
  • Siswa mengenal lingkungan sosial dan fisik.
  • Siswa memahami kehidupan dan rumah para tetangga.

C. Profil Pelajar Pancasila
  • Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia.
  • Berkebinenkaan global, komunikasi dan interaksi antarbudaya.
  • Bergotong-royong kolaborasi: bekerja sama dan berkomunikasi untuk mencapai tujuan bersama, membantu teman sekelas.
  • Bernalar kritis memperoleh dan memproses informasi dan gagasan: menunjukkan rasa ingin tahu dan dapat bertanya untuk membantu pemahaman dalam seni.

D. Sarana dan Prasarana
  • Komputer/ laptop, proyektor, jaringan internet.
  • Buku siswa, sumber belajar lain.
  • Pensil atau pena, kertas, pewarna (spidol, krayon atau cat air).

E. Target Peserta Didik
  • Peserta didik reguler/ Tipikal

F. Jumlah Peserta Didik
Jumlah yang disarankan adalah 22 – 30 peserta didik.

G. Model Pembelajaran

Model pembelajaran tatap muka.

KOMPONEN INTI
A. Tujuan Kegiatan Pembelajaran
  • Siswa dapat mengenal lingkungan sosial dan fisik (arsitektur rumah) sekitar (tetangga).
  • Siswa dapat memahami kehidupan dan rumah para tetangga.
  • Siswa dapat memilih salah satu rumah yang paling dikenali dan dianggap paling menarik sebagai objek gambar/ lukis.
  • Siswa dapat membuat gambar rumah tetangga yang telah dipilih berdasarkan prinsip seni rupa (sketsa, warna dan perspektif).

B. Pemahaman Bermakna
Dengan mengenal kehidupan dan rumah para tetangganya, siswa membuat gambar rumah tetangga yang telah dipilih berdasarkan prinsip seni rupa (sketsa, warna dan perspektif).

C. Pertanyaan Pemantik
  • Siapa nama-nama tetanggamu?
  • Bagaimana bentuk rumah tetanggamu?
  • Samakah bentuk rumah dari para tetanggamu?

D. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal (10 menit)

  • Guru mengkondisikan kelas dan melakukan absensi.
  • Peserta didik berdoa bersama sebelum memulai pelajaran.
  • Peserta didik melakukan kegiatan literasi materi non pelajaran seperti tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/ minuman sehat, cerita inspirasi dan motivasi.
  • Guru melakukan apersepsi.
  • Guru memberikan pertanyaan pemantik terkait materi pelajaran.
    • Bagaimana kehidupan para tetanggamu? Apa saja pekerjaan, etnis dan agama mereka?
    • Apa saja bentuk rumah-rumah mereka?
    • Rumah siapa yang kalian sukai dan mengapa?
    • Sudahkan kalian memilih salah satu rumah untuk digambar/ dilukis?
  • Guru menyampaikan tujuan pembelajaran, langkah pembelajaran, dan jenis penilaian.

Kegiatan Inti (50 menit)
  • Guru menyampaikan secara naratif (bercerita) tetang kehidupan para tetangga serta rumah-rumah mereka. Cerita dari lisan ke lisan dapat menjadi bahan yang menggugah pikiran dan imajinasi siswa sekaligus mengenal sejarah lingkungan sosial mereka. Siswa juga diberi kesempatan untuk menceritakan tetangga yang mereka kenal dan rumahnya.
  • Siswa dapat diajak ke lapangan, mengenal tetangga dan menggambar rumah mereka. Praktik ini akan menjadi pengalaman yang berharga karena siswa belajar pengamatan secara langsung yang diharapkan membuka ide dan wawasan baru.
  • Siswa diarahkan memilih berdasarkan tetangga yang paling dikenal dan rumah yang disukai.
  • Siswa menggambar Rumah Tetangga dilakukan secara bertahap yaitu
    • (1) pengenalan dan pemahaman objek rumah tetangga;
    • (2) menentukan perspektif (sudut dan jarak pandang);
    • (3) mewarnai.
  • Guru memberikan penghargaan dan motivasi pada semua peserta didik Kegiatan Pembelajaran Alternatif.
    • Untuk kegiatan pembelajaran alternatif guru dapat menggunakan model/ metode pembelajaran yang relevan sesuai keadaan sekolah dan karakteristik siswa pada sekolah setempat.
    • Untuk media/alat/bahan pembelajaran alternatif, guru dapat menyesuaikan sumber daya yang tersedia di daerah setempat, agar pembelajaran dapat terlaksana dengan baik.

Penutup (10 menit)
  • Peserta didik bersama guru melakukan refleksi atas pembelajaran yang telah berlangsung.
  • Guru memandu peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran.
  • Guru memberikan penguatan terhadap materi yang telah dipelajari.
  • Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang aktivitas pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.
  • Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan doa bersama dipimpin oleh seorang peserta didik.
  • Guru merencanakan tindak lanjut.

F. Asesmen/ Penilaian
  • Asesmen diagnostik menggunakan pertanyaan pemantik dan tanya jawab tindak lanjut.
  • Asesmen formatif menggunakan observasi, performa, dan latihan soal.
  • Asesmen sumatif menggunakan ulangan harian.

G. Refleksi Guru
Untuk mengetahui keberhasilan proses pembelajaran, guru diharapkan melaksanakan refleksi kegiatan pembelajaran di kelas.
  • Apakah siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik?
  • Apa saja kesulitan yang dialami selama proses pembelajaran?
  • Apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses pembelajaran?
  • Apakah ada siswa yang perlu mendapat perhatian khusus?

H. Kegiatan Pengayaan dan Remedial
  • Peserta didik yang daya tangkap dan daya kerjanya lebih dari peserta didik lain, guru memberikan kegiatan pengayaan yang lebih menantang dan memperkuat daya serapnya terhadap materi yang telah dipelajari.
  • Agar peserta didik mampu memahami tujuan dan maksud pembelajaran, guru dapat meminta peserta didik untuk berlatih menggambar bentuk rumah bersama keluarga di rumah.
  • Peserta didik yang hasil belajarnya belum mencapai target guru melakukan pengulangan materi dengan pendekatan yang lebih individual dan memberikan tugas individual tambahan untuk memperbaiki hasil belajar peserta didik yang bersangkutan.
 
Nama Tempat,  Tanggal
Guru Kelas 4

Nama Guru Gurnulis
 
LAMPIRAN
A. Lampiran Lembar Kerja Peserta Didik
Berisikan lembar kerja peserta didik.
 
B. Bahan Bacaan 
Bahan bacaan mengacu kepada materi yang terdapat di dalam buku siswa.

C. Glosarium
Tidak ada glosarium.

D. Daftar Pustaka
  • Muhamad Faisol, Mufid Sam Indratma (2021). Buku Panduan Guru Seni Rupa untuk SD Kelas IV Kelas 4. Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
 

Penutup

Demikianlah unduhan Kumpulan Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka ya, sahabat Gurnulis. Salam merdeka untuk merdeka belajar. Salam literasi guru ndeso.
Munasifatut Thoifah Guru yang selalu ingin berbagi inspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Unduh Modul Ajar Seni Rupa Kelas 4 SD MI Fase B Kurikulum Merdeka"

Posting Komentar

Iklan atas artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah artikel